Bintang Film Contagion Bagikan Fakta dan Tips Cegah COVID-19 Beberapa bintang film Contagion menekankan bahanya virus Corona saat ini. (Foto: Youtube Columbia Public Heatlh)

BELAKANGAN ini, film Contagion (2011) ramai dibicarakan di tengah pandemi virus corona baru atau COVID-19. Film garapan sutradara Steven Soderbergh ini disebut-sebut sebagai film yang menggambarkann situasi sekarang.

Singkatnya, film ini menceritakan sebuah penemuan virus yang mematikan. Centers for Disease Control (CDC) berjuang untuk mengekang penyebarannya yang menyebabkan kepanikan di seluruh dunia. Meskipun Contagion hampir satu dekade berlalu.

Baca juga:

Tips Atur Keuangan di Tengah Pandemi COVID-19

Melihat angka kasus di Amerika Serikat semakin tinggi, Sekolah Kesehatan Masyarakat Universitas Columbia berkolaborasi dengan beberapa bintang Contagion lewat serangkaian video.

Di antaranya Matt Damon, Kate Winslet, Laurence Fishburne, dan Jennifer Egle yang masing-masing memiliki segmen video sendiri. Melansir dari laman Screenrant, video tersebut diunggah melalui akun Youtube-nya, Columbia Public Health pada Jumat (27/3).


Di video pertama, Matt Damon mengatakan bahwa saran yang akan diberikan berasal dari para ahli dan ilmuwan. Ia menekankan pentingnya social distancing dengan cara menjaga jarak enam kaki dari orang lain, tidak berkumpul, dan tetap berada di rumah.

“Jika kamu terkena virus, maka kamu akan menularkannya ke tiga atau empat dan bahkan lebih orang di luar sana. Dan mereka akan melakukan hal yang sama,” ucap Damon dalam video.

“Jika kamu muda dan sehat, kamu pasti berpikir ini bukan apa-apa. Karena kamu mendengar bahwa virus ini tidak lebih dari pilek. Itu salah,” lanjutnya.

Baca juga:

Tips Atur Keuangan di Tengah Pandemi COVID-19

Damon juga menjelaskan 40 persen yang terkena pandemi ini adalah di bawah usia 55 tahun. Ini akan menjadi serius juga bagi mereka yang sudah berusia lebih dari 55 tahun.


Di video kedua, Kate Winslet menekankan pentingnya untuk mencuci tangan. Gunakan sabun lalu gosok selama 20 detik di seluruh pergelangan tangan. Meja tempat mencuci tangan pun bisa membawa virus kepada kita.

“Dibandingkan dengan jaga jarak, mencuci tangan adalah praktik penting lainnya untuk menghambat penyebaran COVID-19,” ucapnya.

Laurence Fishburne juga menambahkan informasi terkait mencuci tangan dan social distancing. Sang aktor di film Matrix ini menegaskan untuk berpikir seolah-olah diri kita sudah terkena COVID-19.

“Salah satu cara untuk mencegah dari COVID-19 adalah berperilaku seolah-olah kamu sudah terkena,” tegasnya.

Terakhir, Jennifer Ehle berfokus pada usia atau etnis apapun bisa berisiko tertulat COVID-19. Ia menekankan bahwa sangat penting untuk tidak menyebarkan berita bohong dan mencari fakta yang sebenarnya agar menghindari kepanikan. (And)

Baca juga:

4 Brand Terkenal Ini Membuat Logo Versi 'Social Distancing'


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH