Bingung Cari Tempat Tinggal Sementara di Korea? Ini Nih Rekomendasinya Sesuai Kebutuhanmu Urutan tempat penyewaan di Korea Selatan sesuai kelas dan harga sewa. (Foto: Pixabay/marioschmidtphoto)

BUAT kamu yang akan tinggal di Korea, mencari tempati tinggal merupakan prioritas utama dibanding hal lain. Tempat tinggal bakal berpengaruh apakah kamu betah atau tidak ketika berada di negeri orang.

Di Korea tempat tinggal terdiri dari losmen, indekost atau kost, officetel , dan apartmen. Urutannya sesuai kelas dan harga sewa.

Dikutip iStyle, penyewaan tempat tinggal di Korea mempunyai minimal masa penyewaan dan membutuhkan deposito dalam masa tinggal. Perbedaan antara di Indonesia maupun di Korea adalah dari cara penyewaan, fasilitas, dan memiliki kebijakan masing-maisng.

1. Losmen disiapkan hanya untuk transit

Losmen biasanya dipilih para pelajar untuk mempersiapkan ujian. (Foto: istyle.id)
Losmen biasanya dipilih para pelajar untuk mempersiapkan ujian. (Foto: istyle.id)

Losmen biasanya disebut dengan gosiwon yang mempunyai ukuran kamar cukup kecil dan biasanya dihuni oleh para perantau yang memilih tinggal dengan pengeluaran rendah atau orang-orang yang sedang mempersiapkan ujian.

Alasan orang-orang memilih losmen untuk persiapan ujian sebab tempatnya lebih hening dan sunyi. Aturannya dilarang membawa tamu ke dalam gedung gosiwon apalagi ke dalam kamar.

Harga sewa Gosiwon berkisar antara 150,000-250,000 Won/bulan (Rp 1,9 juta - Rp 3 juta). Deposito yang harus dipegang pihak pemilik berkisar 0 sampai sekali harga sewa. Biasanya harga listrik dan air sudah termasuk di dalam harga sewa. Terkadang Gosiwon tidak termasuk biaya wifi. Kamar mandi dan dapur semuanya digunakan secara umum.

2. Indekost atau kost relatif lebih murah

Fasilitas one room/ two room di antaranya tempat memasak. (Foto: istyle.id)
Fasilitas one room/ two room di antaranya tempat memasak. (Foto: istyle.id)

Di Korea Selatan, indekost memiliki harga sewa yang ekonomi dan tanpa deposit. Tempat tinggal jenis ini juga merupakan cara mudah bagi pendatang untuk bisa tinggal.

Kelebihan indekost adalah biasanya pemilik rumah menyediakan sarapan pagi untuk para penyewa. Kekurangan menyewa indekost yaitu selain harga sewa, kita juga diharuskan untuk membayar uang management, air, beserta listrik.

Ada juga kost-kostan yang disebut dalam bahasa modern one room/two room. Ini juga merupakan pilihan yang paling banyak dipilih oleh para pihak pendatang maupun perantau.

Seperti istilahnya, one room adalah kost yang hanya mempunyai satu ruangan yang biasanya hanya dihuni oleh satu penghuni. Two room adalah kost yang mempunyai 2 kamar dan 1 dining room yang biasanya dihuni oleh 2-3 orang. Harga sewa one room/two room tentu berbeda. Begitu juga dengan depositnya.

Anggap saja mengambil one room sebagai contoh, yaitu harga sewa biasanya berkisar 200,000-450,000 Won/bulan (Rp 2,5 juta - Rp 5,6 juta) dengan deposito 1 juta – 5 juta Won.

Harga deposit semakin tinggi maka harga sewa bulanannya makin rendah. Selain itu, biaya management (kurang lebih 80,000-120,000/bulan) dan air berserta listrik (tergantung pemakaian) tidak termasuk dalam harga sewa.

Maka total di luar biaya sewa kita juga harus membebani biaya lain 100,000-180,000 Won/bulan. Fasilitas one room/ two room biasanya lebih lengkap dibandingkan Gosiwon dan indekost. Di dalamnya juga ada dapur kecil sehingga bagi yang senang memasak bisa menyiapkan makanannya sendiri.


3. Officetel keamanan lebih terkontrol

Pendatang wanita disarankan mencari officetel karena banyak terdapat di Seoul. (Foto: istyle.id)
Pendatang wanita disarankan mencari officetel karena banyak terdapat di Seoul. (Foto: istyle.id)

Standard officetel dan one room/two room tidaklah jauh berbeda. Kelebihan officetel adalah keamanannya. Keamanaannya jauh terkontrol dibandingkan di one room/ two room. Bagi para pendatang atau perantau wanita, sangat disarankan untuk memilih officetel karena banyak di daerah Seoul dan sekitarnya.

Di Officetel juga kamu bisa menghemat anggaran makan karena di sini tersedia dapur. Walau lebih seperti dapur bersih, kamu bisa memasaka makanan yang praktis. Ruangannya pun cukup luas dan bisa kamu tata sedekimian rupa agar tetap rapi dan minimalis.

Beberapa furniture pun sudah disediakan di officetel. Jadi kamu tinggal bawa barang-barang pindahan kamu saja deh tanpa harus ribet membeli banyak perabotan. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Diselimuti Masa Lalu Kelam, Lima Pulau Hantu Ini Favorit Turis Berbagai Dunia

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH