Bill Gates Prediksi Akhir Pandemi COVID-19 Bill Gates juga perhatian pada dunia kesehatan. (Foto: CNBC)

DI tengah pandemi Corona (COVID-19), masyarakat sangat berharap adanya vaksin yang ditemukan dan berhasil mengobati penyakit ini. Namun tidak perlu cemas karena upaya tersebut sedang dilakukan oleh para tenaga kerja medis di seluruh dunia. Selain tenaga medis, virus Corona turut menjadi perhatian pendiri Microsoft, Bill Gates yang juga aktif berkecimpung di bidang filantropi, termasuk kesehatan.

Baca juga:

Biar Tidak Bingung, Pahami Istilah Seputar Virus Corona

Melansir dari laman CNBC, dalam sebuah sesi Ask Me Everything di forum diskusi situs Reddit, Bill Gates memberikan sejumlah pernyataan kapan pandemi ini akan berakhir. Salah satu orang terkaya di dunia tersebut juga membocorkan bahwa saat ini berbagai organisasi sedang bekerja untuk membuat vaksin virus pertama virus Corona.

Jika berhasil, vaksin tersebut nantinya akan segera diperuntukkan untuk tenaga medis terlebih dahulu baru masyarakat umum. “Jika negara melakukan pekerjaan dengan baik dengan hal pengujian dan shut down, maka dalam enam sampai 10 minggu mereka akan melihat sangat sedikit kasus dan dapat membuka kembali (isolasi),” jawab Gates.

Bill Gates Prediksi Akhir dari Pandemi COVID-19
Gates mengajak masyarakat untuk memiliki kemampuan di bidang kesehatan. (Foto: Twitter/@BillGates)

Kepada Reddit, Gates juga menjelaskan apa maksud dari shut down itu sendiri. “Fase saat ini memasuki banyaknya kasus di negara-negara kaya. Dengan tindakan yang tepat termasuk pengujian dan penjagaan sosial (yang saya sebut shut down) dalam dua sampai tiga bulan, negara-negara kaya seharusnya menghindari infeksi tingkat lebih tinggi,” kata Gates.

Baca juga:

Persembahan Spesial Bono U2 untuk Italia

Gates telah berfokus pada kesehatan selama bertahun-tahun dan sudah menjadi bagian dari pekerjaannya di Yayasan Nirlaba Bill dan Melinda Gates. Ini menjadi salah satu alasan Gates meninggalkan direksi Microsoft karena ingin lebih fokus pada filantropi. Saat ini, yayasannya tersebut menjadi salah satu lembaga yang mendanai ilmuwan untuk menemukan vaksin virus Corona.

“Saya khawatir tentang semua pengaruh corona pada ekonomi, tetapi yang lebih buruk adalah bagaimana ini akan memengaruhi negara-negara berkembang, yang tidak dapat melakukan penjagaan jarak sosial (social distancing) dengan cara yang sama seperti negara-negara kaya dan yang kapasitas rumah sakitnya jauh lebih rendah,” tambahnya.

Bill Gates Prediksi Akhir Pandemi COVID-19
Yayasan Bill dan Melinda Gates berkontribusi wabah virus Corona. (Foto: Business Insider)

Sebelumnya, seseorang pernah bertanya kepada Gates terkait ancaman utama kemanusiaan yang akan datang. Ia mengatakan bahwa pandemi menjadi musuh berbahaya saat ini. “Ini adalah peringatan 100 tahun flu Spanyol dan jika kembali, jumlah perjalanan akan membuatnya menyebar lebih cepat daripada yang terjadi terakhir kali,” jawab Gates.

Dalam program TED Talk, Gates mengajak masyarakat untuk memiliki 'kemampuan' untuk meningkatkan diagnosis, obat-obatan, dan vaksin untuk virus Corona secepatnya. (And)

Baca juga:

Gal Gadot dan Belasan Selebritas Hollywood ‘Cover’ Lagu 'Imagine' dari John Lennon


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH