Biaya Hidup Meningkat Drastis, Eropa Ingin Tingkatkan Penggunaan Sepeda Motor

Andrew FrancoisAndrew Francois - Sabtu, 26 November 2022
Biaya Hidup Meningkat Drastis, Eropa Ingin Tingkatkan Penggunaan Sepeda Motor
Sepeda motor akan menjadi solusi kenaikan harga transportasi di Eropa. (Foto: Unsplash/Alexey Malakhov)

SEPEDA motor akan menjadi primadona di Eropa. Dengan kekhawatiran inflasi dan meningkatnya biaya hampir pada semua hal, Federasi Asosiasi Pengendara Sepeda Motor Eropa (FEMA) mengeluarkan permohonan untuk keterjangkauan sepeda motor pada November 2022.

Secara khusus, sekretaris jenderal FEMA Dolf Willigers menjelaskan posisi FEMA ialah menjaga pajak sepeda motor tetap masuk akal. FEMA juga terus mengambil langkah-langkah lain untuk mendorong penggunaan sepeda motor sebagai transportasi sehari-hari yang layak.

Menurunkan emisi karbon kolektif adalah tujuan yang sangat penting dan vital, dan harus menjadi bagian dari sepeda motor. Sementara sepeda motor bensin menghasilkan beberapa tingkat emisi, mayoritas menghasilkan lebih sedikit emisi daripada mobil dan truk bermesin pembakaran internal.

Baca juga:

Kenali Istilah Rantai dan Gir pada Sepeda Motor

Sepeda motor dianggap lebih efisien. (Foto: Unsplash/Portuguese Gravity)

Kendaraan listrik baterai memang bagian dari solusi, tetapi harganya juga relatif mahal pada tahun 2022. Belum lagi biaya komoditas maupun manusia dari elemen integral seperti litium tidak dapat diabaikan.

Di pusat perkotaan dengan infrastruktur transportasi umum, itu juga bisa menjadi bagian dari solusi. Namun, sama seperti pandemi COVID-19 di seluruh dunia yang melanda sebagian besar industri, hal itu juga berdampak negatif pada transportasi umum.

Karena jumlah penumpang menurun, sistem transportasi tidak menjadwalkan banyak rute dengan jumlah penumpang yang sedikit. Dalam banyak kasus, mereka juga menaikkan tarif untuk beberapa trayek. Faktor-faktor itu berarti bahwa pengendara dengan akses ke opsi transportasi lain lebih cenderung memilih sepeda motor.

Menurut FEMA, di situlah transportasi roda dua bisa masuk sebagai solusi. Di pasar Eropa, berbagai macam kendaraan roda dua listrik komuter tersedia. Harganya juga terjangkau untuk sepeda motor komuter pembakaran. Intinya adalah pengendara memiliki berbagai pilihan yang dapat membantu mereka mencapai tujuan dengan cara yang terjangkau dan mengurangi karbon.

Baca juga:

Honda Siap Rilis 10 Sepeda Motor Listrik pada 2025

FEMA minta pajak sepeda motor lebih kecil. (Foto: Unsplash/Maria Teneva)

FEMA percaya bahwa sepeda motor dapat menjadi alat yang kuat dalam memerangi kemiskinan transportasi. Maka dari itu, asosiasi tersebut ingin mendorong pemerintah untuk dapat mendorong masyarakat menggunakan sepeda motor sebagai moda transportasi sehari-hari.

Namun, FEMA ingin pajak untuk sepeda motor harus lebih rendah daripada pajak untuk mobil. Sebab sepeda motor ukurannya lebih kecil dan bobotnya lebih ringan.

FEMA juga melarang pembatasan sepeda motor di pusat kota karena sepeda motor merupakan kendaraan yang ideal untuk melewati jalan-jalan kota yang padat. Sepeda motor juga dapat membantu mengurangi lalu lintas jika lebih banyak orang memilihnya dibandingkan mobil. (waf)

Baca juga:

Yamaha akan Kembangkan Airbag untuk Sepeda Motor

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan