Otomotif

Honda Siap Rilis 10 Sepeda Motor Listrik pada 2025

Andrew FrancoisAndrew Francois - Rabu, 28 September 2022
Honda Siap Rilis 10 Sepeda Motor Listrik pada 2025
Honda antusias gebrak pasar sepeda motor listrik. (Foto: Honda)

HONDA rupanya tidak bisa berdiam diri menyikapi kecenderungan elektrifikasi kendaraan bermotor, baik pada roda empat maupun roda dua. Pabrikan ini terlihat begitu bergairah. Salah satu buktinya, berada di garis depan konsorsium baterai swappable Eropa dan Jepang.

Honda memang terlihat paling agresif di antara semua produsen sepeda motor dalam menghadapi elektrifikasi. Sekarang, Honda berupaya mencapai tujuan ambisius tersebut dengan peluncuran sepeda motor listrik dan skuter yang akan membantu perusahaan mencapai netralitas karbon pada 2040-an.

Untuk mencapai target yang tinggi itu, perusahaan Jepang itu akan merilis 10 model listrik baru pada 2025. Honda mengkategorikan model-model prospektif tersebut ke dalam tiga kategori besar: Commuter EVs, Commuter EM (electric mopeds)/EB (electric bicycles), dan Fun EVs.

Baca juga:

Sambut Masa Depan, Triumph Rilis Sepeda Motor Listrik Pertamanya

Sepuluh motor listrik baru akan dirilis Honda pada 2025. (Foto: Honda)

Commuter EVs diproyeksikan untuk melayani kebutuhan komersial. Japan Post dan Vietnam Post Corporation telah menggunakan seri Honda e: Business Bike. Selanjutnya, Honda berencana memperluas pasar sepeda motor tersebut ke Thailand Post Company Limited pada akhir tahun.

Model berikutnya akan memperjuangkan baterai yang dapat ditukar melalui Honda Mobile Power Pack (MPP). Konsep itu akan membantu menjaga unit-unit berbasis bisnis ini di jalan sambil juga memperluas infrastruktur dan penggunaan teknologi baterai yang dapat ditukar.

Rangkaian EV Commuter juga akan melayani konsumen di Asia, Eropa, dan Jepang. Dua model baru diharapkan tiba pada 2024 dan 2025. Honda berharap untuk meraup keuntungan terbesarnya di pasar EM/EB Commuter. Kategori ini mengklaim 90 persen dari penjualan sepeda motor listrik global (50 juta unit).

Baca juga:

Voxan Wattman Sepeda Motor Listrik Tercepat di Dunia

Honda targetkan satu juta penjualan motor listrik global pada 2026. (Foto: Honda)

Segmen EM/EB telah menjadi sangat populer di Tiongkok. Honda berharap dapat memanfaatkan momentum tersebut dengan merilis lima model kompak dan ramah dompet di Asia, Eropa, dan Jepang pada 2024.

Honda juga akan mengungkap empat Fun EVs yang bisa melesat melebihi 50 km/jam. Tiga model berukuran besar akan membidik pengendara dewasa, sedangkan model Kids Fun EV mengincar anak-anak muda.

Berdasarkan teaser yang beredar, sepertinya Honda akan menghadirkan sepeda motor cruiser, naked bike, dan skuter. Mereka yang berada di AS, Eropa, dan Jepang harus menunggu hingga 2024-2025 untuk melihat debutnya.

Honda juga terus mempersiapkan dan mengembangkan standar baterai dan infrastruktur baterai yang dapat ditukar dengan anak perusahaan perangkat lunak Drivemode. Pada akhirnya, Honda berharap bahwa upaya ini akan mendorong penjualan sepeda motor listriknya menjadi satu juta unit pada tahun 2026, dan menjadi 3,5 juta unit pada tahun 2030. (waf)

Baca juga:

Motor Listrik Suzuki Siap Gebrak Pasar Otomotif

#Kendaraan Listrik #Honda
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan