Biarpun Dibuat dari Bahan yang Kotor, 4 Makanan dan Minuman ini Enak Luwak penghasil kopi luwak. (Foto: hatacafe.com)

KALAU sudah disajikan di resto mahal, sudah tak terbayang lagi dari mana asal bahan pembuat makanan dan minuman enak ini. Padahal, bahan-bahannya ada yang dibuat dari kotoran, air liur, hingga belatung.

Apa saja makanan dan minuman tersebut? Nih jawabannya, dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Casu marzu

Casu marzu. (Foto: Wikipedia)

Di Indonesia, gak banyak orang yang tahu casu marzu. Ini adalah keju "busuk" yang berasal dari Italia. Disajikan dalam kondisi "bulukan" dan sudah berbelatung. Cara makannya, Anda mesti menyantap keju bersama belatung hidup yang ada di dalamnya. Di Uni Eropa, keju casu marzu gak boleh dijual, karena khawatir orang yang memakannya terganggu kesehatannya.

Tapi faktanya, banyak pedagang yang menjualnya di pasar gelap. Berani coba keju ilegal ini? Harganya sekitar Rp1,5 juta per pound.

2. Un Kono Kuro

Un Kono Kuro. (Foto: http://cdn.isciencetimes.com)

Ngerti bahasa slank Jepang, gak? Kalau ngerti, Anda pasti bisa langsung menebak Un Kono Kuro terbuat dari apa. Diplesetkan dari kata 'unko', Un Kono Kuro berarti kotoran. Yup, bir ini dibuat dari kotoran gajah Thailand. Proses pembuatannya cukup panjang. Gajah diberi makan kopi. Setelah itu, kotorannya diolah menjadi kopi, lalu diproses lagi jadi bir. Harga 35 gram bir ini hampir Rp1,5 juta.

3. Chicha

Chicha. (Foto: Wikipedia)

Meski terdengar menjijikan, air liur mengandung enzim yang berguna pada proses fermentasi chicha. Zaman dulu, proses fermentasi chicha alias bir jagung dilakukan oleh pembuatnya dengan cara mengulum tepung jagung hingga lembap oleh air liur. Enzim di dalam air liur itu lah yang mengubah kanji jagung jadi gula yang dapat berfermentasi.

Di Amazon.com, bir Chicha buatan Peru dijual dengan harga sekitar Rp350 ribu per 32 ons.

4. Kopi luwak

Kopi luwak. (Foto: DocumentaryTube)

Gak usah ngaku orang Indonesia deh kalau Anda gak tahu kopi luwak. Anda pun pasti pernah menyeruputnya. Gimana, enak, kan? Walaupun dibuat dari kotoran luwak, Anda pasti tetap mengakui kalau kopi luwak enak. Dan yang lebih penting, tidak merasa jijik waktu terbayang proses pembuatannya.

Satu cangkir kopi luwak, harganya biasanya dibanderol mulai dari Rp 100 ribu. Kalau kopi luwak bubuk, harganya mulai dari Rp 1 juta.

Kalau kopi luwak tidak berhasil membuat Anda mual, coba naikkan level nekad Anda dengan mencicipi casu marzu. Berani coba? (*)

Baca juga artikel Inilah Mengapa Kopi Geisha Jadi Unggulan.



Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH