Ini Penjelasan Gear 1, 2, 3 dan 6 di Sepeda Brompton

annehsannehs - Kamis, 02 Juli 2020
Ini Penjelasan Gear 1, 2, 3 dan 6 di Sepeda Brompton
Brompton X CHPT3. (Foto: Cycling Weekly)

MESKI ada beberapa tipe setang untuk sepeda lipat Brompton, hal tersebut bukan menjadi faktor yang mempengaruhi harganya. Dilansir dari Cosmic Bikes, harga sepeda Brompton bergantung pada pilihan gear-nya.

Sepeda Brompton sendiri menawarkan 1, 2, 3, dan 6 kecepatan yang memiliki keunggulan masing-masing. Berikut merupakan kegunaan dari tiap gear sepeda Brompton.

Baca juga:

Nih Bedanya Brompton Tipe S, M, P, dan H

1. 1-speed

Single speed adalah pilihan sepeda Brompton yang paling murah, ringan, dan membutuhkan pemeliharaan intensif yang minim. Tingkat percepatan yang paling standar ini serupa dengan sepeda biasa dengan satu kecepatan.

Kecepatan tunggal ini sangat cocok digunakan untuk perjalanan singkat di daerah yang datar. Karena bobotnya yang ringan, 1-speed ini bisa menjadi pendamping yang ideal untuk berpergian ke luar negeri, menyelamatkanmu ketika terdampar di negeri orang tanpa ada transportasi umum. Brompton kecepatan tunggal ini juga dapat dilipat menjadi sangat kecil dan praktis untuk dibawa kemana-mana.

2. 2-speed

Gear ini menggunakan sistem derailleur unik khas Brompton yang mengubah rantai antara dua roda yang ditempelkan ke hub belakang dan diaktifkan menggunakan shifter kecil.

Dilansir dari Cosmic Bikes, 2-speed mampu memberikan kenyamanan ketika menerjang medan yang lebih menantang seperti jembatan dan jalan layang.

Konfigurasi 2-speed ini menjadi opsi paling tepat untuk perjalanan di perkotaan dengan bobot yang cukup ringan.

Baca juga:

iPhone 12 Tak Ada Adaptornya?

3. 3-speed

3-speed cocok untuk perjalanan jarak menengah di jalanan yang agak berbukit. Gear 3-speed Sturmey Archer anti peluru ini akan menambah berat sepeda sebesar 0,6 kg dari gear 1-speed.

Brompton Standard Gear Range (SGR) ini menyediakan tiga roda gigi yang memungkinkan pengendara untuk mendaki bukit, berkendara di lalu lintas normal, dan sedikit mengebut jika terburu-buru pergi ke kantor.

4. 6-speed

Brompton 6-speed menawarkan roda gigi serbaguna dengan teknologi paling mutakhir. Sepeda 6-speed yang cukup berat ini sangat tepat jika kamu berniat untuk mengayuh sepeda dalam waktu yang lama.

Pada awalnya, penggunaan roda gigi 6-speed cukup membingungkan karena roda giginya tidak tersusun secara linear dari satu sampai enam.

Sebaliknya, sistem 6-speed adalah kombinasi dari 2-speed dan 3-speed. Tangan kanan mengoperasikan 3-speed internal hub, tangan kiri mengoperasikan 2-speed derailleur.

6-speed ini sangat pas untuk digunakan di mana saja, mulai dari menikmati olahraga sore sampai menerjang daerah yang curam. (shn)

Baca juga:

Film 'Respect' Ceritakan Perjalanan Aretha Franklin Jadi 'Queen of Soul'

#Sepeda Brompton #Hobi #Juli MP X
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan