Film

Docuseries ‘The 1619 Project’ Rilis Video Baru

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 16 Desember 2022
Docuseries ‘The 1619 Project’ Rilis Video Baru
'The 1619 Project' adalah serial dokumenter yang berkisah tentang dampak diskriminasi di Amerika. (Foto: YouTube/Hulu)

SALAH satu bagian dari Brooklyn Bridge nampak berdiri dengan kokoh. Meski kala itu, pembangunan jembatan belum sepenuhnya selesai dan masih ditopang oleh tiang-tiang besi. Di puncak tengahnya, berkibar bendera Amerika Serikat.

Bendera dengan pola bintang dan warna merah-putih-biru yang sama juga menyelimuti beberapa orang di cuplikan video berikutnya. Bukan orang berkulit putih, tetapi mereka yang berkulit hitam. Mereka memandang ke arah kamera dengan tatapan sulit diartikan.

Baca Juga:

'ALL IN', Film Dokumenter tentang Perjuangan Marc Marquez Lepas dari Cedera

Video singkat itu merupakan teaser terbaru sekaligus pengumuman tanggal rilis dari dokumenter bertajuk The 1619 Project. Melalui video berdurasi 32 detik yang diunggah oleh kanal YouTube Hulu pada Kamis (15/12), tertulis bahwa The 1619 Project akan mulai mengudara pada 26 Januari 2023.



Diberitakan Variety, The 1619 Project adalah tayangan dokumenter yang bersifat serial dengan total enam tema utama episode di dalamnya. Ada Democracy, Race, Music, Capitalism, Fear, dan Justice. Serial dokumenter ini berusaha membingkai sejarah dan konsekuensi yang dijalani oleh bangsa Amerika selama beberapa saat. Hal ini sebagai akibat dari perbudakan yang mereka lakukan terhadap kelompok kulit hitam Afrika-Amerika di masa lalu.

Baca Juga:

Dokumenter Formula 1 'Drive to Survive' Season 4 Telah Rilis di Netflix

The 1619 Project merupakan karya kolaborasi dari jurnalis bernama Nikole Hannah-Jones dan Majalah The New York Times. Awalnya, karya ini berbentuk proyek esai bertajuk The 1619 Project: A New Origin Story. Esai tersebut berusaha menunjukkan akibat dari perbudakan yang akhirnya berdampak terhadap kehidupan orang-orang Amerika pada masa kontemporer.

Serial dokumenter ini akan hadir di tiga platform yang berbeda tergantung teritorial. (Foto: YouTube/Hulu)


The 1619 Project merupakan garapan dari Lions Production yang nantinya akan mengudara di tiga platform streaming berbeda. Untuk membuat tayangan dokumenter yang lebih akurat, tim produksi juga bekerja sama dengan One Story Up Productions, Harpo Films, dan The New York Times. Serial ini juga diproduksi oleh Hannah-Jones dan disutradarai oleh Roger Ross Williams. Pihak The New York Times bekerja sebagai editorial director untuk tayangan ini.

Sebulan lagi, penonton bisa menyaksikan The 1619 Project di platform yang sesuai area kediaman masing-masing. Untuk penonton di Amerika Serikat, docuseries ini akan hadir melalui Hulu. Untuk penonton di Amerika Latin, mereka bisa menontonnya di Star+. Lalu, khusus penonton Indonesia dan negara lainnya, The 1619 Project akan tayang di Disney Plus. (mcl)

Baca Juga:

'Tinder Swindler', Dokumenter Netflix yang Mengungkap Sisi Gelap dari Aplikasi Kencan Online

#Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan