Berkat Film Fast & Furious, Mobil-Mobil ini Berstatus Ikonik Film franchise Fast and Furious yang mempertontonkan banyak mobil. (Foto: looper)

FILM franchise Fast & Furious menyajikan banyak model dan merk mobil yang sangat nikmat dipandang mata. Performa yang digarap oleh sang sutradara menjadikan mobil-mobil itu terlihat memiliki performa yang luar biasa.

Dari beberapa mobil yang dipakai dalam film itu, ada yang kemudian mendapatkan status ikonik. Harga tentunya berpengaruh dari berbagai faktor seperti mobilnya yang ikut dalam frame filmnya. Bahkan karena dilarang mengaspal di jalanan seperti di Amerika.

Baca Juga:

Toyota Supra Hadir dengan Versi 4 Silinder

R34 Nissan Skyline GT-R

mobil R34 Nissan Skyline GT-R
R34 Nissan Skyline GT-R. (Foto: motoringhistory)

Mobil yang dipakai oleh Paul Walker ini hanya dijual di Jepang, Australia dan New Zealand. Di Amerika mobil ini dilarang keras mengaspal karena kemudahannya untuk dituning. Meskipun begitu mobil ini kerap terlihat pada balapan liar. Kekuatan mobil ini berasal dari mesin turbocharged 2.6L Inline-6RB26DETT yang menyeburkan power 280 dk.

Namun dalam film ini mobil yang digunakan memiliki power sampai 500 dk dengan body kit C-West termasuk rim HRE six-spoke three-piece dan C-West spoiler wing. Di tahun 2013 mobil yang keluar dalam F&F 2009 itu dijual di Jerman dengan harga USD1,3 juta atau sekitar Rp18 miliar. Mobil itu sudah dimodifikasi pada roda 19″ Volk Racing RE30, rem, kursi belakang yang dihilangkan, HUD kastem, sistem audio Sony dan body kit Nismo.

Toyota Supra

mobil toyota supra a80
Toyota Supra A80. (Foto: japanesenostalgiccar)


Mobil ini termasuk mobil yang keluar pada Fast & Furious pertama. Warna oranye dengan decal hijau sangat menyita perhatian penonton. Yang dipakai adalah Toyota Supra A80 dengan mesin inline six 3.0L 2JZ-GE. Dengan twin-turbo mendorong tenaga 220 dk menjadi 320 dk. Waktu yang diperlukan dari 0-100 kpj hanya sekitar 4 detik. Mobil ini termasuk kencang pada bukan hanya pada zamannya tapi juga zaman sekarang. Kecepatan maksimal mobil bisa digeber sampai 285 kpj. Sempat mejeng di balai lelang Mecum dengan nilai tebus USD185 ribu atau sekitar Rp2,5 miliar.

Baca Juga:

AMG Tak Hanya Tuning Mercedes-Benz


Mitsubishi Lancer EVO VII

mobil mitsubishi lancer evo vii
Mitsubishi EVO VII. (Foto: Evo)


Salah satu mobil ikonik yang dikendarai oleh Brian O’Conner adalah Mitsubishi Lancer Evolution VII. Dalam dunia nyata mobil ini memiliki kredibilitas yang baik dalam berbagai event reli dunia dan populer di arena balapan liar. Mesinnya inline four 2L DOHC 16V 4G63 dengan tambahan nitro. Mobil stok EVO VII hanya menghasilkan tenaga 280 dk namun mobil yang dipakai dalam film ini memiliki tenaga yang lebih besar lagi.

Untuk pembuatan film F&F hanyalah satu yang didatangkan dari Eropa. Sementara beberapa dibuat dari Lancer lainnya agar terlihat seperti EVO VII. Mobil-mobil itu dimodifikasi dengan body kit DAMD, wing belakang ARC, rim Motegi Racing FF5 dan ban Toyo.

EVO VII yang jadi ‘bintang’ dalam film ini di tahun 2013 sempat dilabeli dijual dengan harga USD 39.995, sekitar Rp555 juta.

Honda Civic EJ1

mobil honda civic ej1
Honda Civic EJ1. (Foto: gta5-mods)


Mungkin dari ketiga mobil di atas, Honda Civic EJ1 memang tidak sepadan. Namun kehadirannya di film ini sangat memukau. Tampilan klasiknya justru membuat orang terpikat. Warna hitam dengan tampilan umumnya Civic malah menjadikan mobil ini mobil ikonik. Scene membajak muatan truk menjadi scene yang tak terlupakan pada mobil ini. Mesin yang digunakan 1.8VTEC dengan tambahan T66 Turbo atau NOS Kit. Biasanya penyuka mobil ini menambahkan lampu pendar di bawah dek mobil. Sayangnya di beberapa negara bagian Amerika penambahan lampu pendar sangat dilarang. (psr)

Baca Juga:

Biar Ban Sepeda Motor Awet, Rawat dengan Cara Sederhana Ini

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH