Inspiratif
Berani, Kiki Aulia Munculkan Format Baru Synchronize Fest kala Pandemi Kiki Aulia, sosok di balik kesuksesan Synchronize Fest. (Foto: instagram@kikiauliaucup)

AJANG Synchronize Fest sudah jadi agenda tetap para party-goers Indonesia. Tidak mengherankan jika festival musik ini digadang sebagai yang terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

Di balik kesuksesan dan nama besar Synchronize Fest, ada nama Kiki Aulia. Pria yang akrab disapa Ucup ini sukses mewujudkan ide berani baru dan jeli dalam melihat peluang dari apa yang dibutuhkan dalam sebuah festival musik.

BACA JUGA:

Hidup untuk Musik, Ide Berani Beda Wendi Putranto Lahirkan M Bloc Space

Namun, perjalanan sukses Ucup tak pendek. Jauh sebelum menjadi program director untuk Synchronize Fest, Ucup mengawali perjalanannya di label musik independen DeMajors di 2008. Dari sanalah karier Ucup di industri musik dimulai. Bukan sebagai musisi, melainkan seorang manajer dan event manager.

“Awalnya karena mulai kerja di DeMajors. Itu yang membuka gue masuk ke pintu industri sebagai talent coordinator, terus event manager, dan sampai jadi band manager,” ucap Kiki Aulia kepada Merahputih.com, Jumat (27/11).

kiki aulia
Kiki Aulia mengawali karier di DeMajors. (Instagram@kikiauliaucup)

Label musik Independen DeMajors memang telah membuka jalannya di jalur industri musik. Di 2008, ia mulai menjadi talent coordinator kemudian event manager hingga akhirnya ditunjuk sebagai manajer untuk Adhitia Sofyan. Penyanyi solo pria itu merupakan artis pertama yang ia pegang sejak 2010.

"Pertama kali jadi band manager Adhitia Sofyan, berikutnya ada Morfem, Supeglad dan segala macam, sampai manajer Barasuara. Di luar DeMajors itu ya, abis itu 2015 jadi manajer Danilla dan 2019 jadi manajer Andhika. Kurang lebih perjalanan di dunia manajer seperti itu ya," kisahnya.

Pria yang mengambil kuliah jurusan akutansi di Universitas Trisakti ini lalu memantapkan diri untuk berkarier di industri musik. Keputusan itu ia ambil berkat seorang teman bernama Guntur Aditya. Guntur lah yang membantunya masuk ke DeMajors. Bersama pendiri label DeMajors, David Karto, Ucup diberi kepercayaan untuk menjalankan Synchronize Fest.

Kiki Aulia
Menjadi event manajer hingga manajer band. (Instagram@kikiauliaucup)

Terlibat di sebuah festival musik nyatanya bukan hal baru untuk Ucup. Sebelumnya, ia juga tergabung dalam tim kurator untuk Soundrenaline 2018. Ia juga banyak sekali terlibat dalam acara festival musik lokal maupun nasional.

Pengalaman panjang terlibat dalam berbagai festival musik itu menempa talenta Ucup. Lewat Synchronize Fest, ia menghadirkan konsep acara yang menyediakan berbagai jenis musik tanpa batasan genre. Pemikiran organik seorang Ucup membuat nama Synchronize Fest semakin melejit.

Kesuksesan ajang musik itu sejak awal pergelaran membuat Ucup terus memberikan kejutan menarik setiap tahunnya. Mulai dari Synchronize Fest 2017 yang menampilkan musik lintas genre, kemudian Synchronize Fest 2018 yang menampilkan musik lintas generasi, hingga Synchronize Fest 2020 yang hadir di televisi. "Manusia memiliki bakat utama untuk bertahan dan mencari solusi. Gue selalu menikmati proses tersebut dan gue selalu mencari cara untuk tetap produktif," kata pria pencinta Liverpool FC ini.

Ketika pandemi melanda di 2020, tidak ada yang tahu kapan krisis akan berakhir. Industri musik, khususnya pergelaran musik harus berhenti. Konser virtual jadi substitusinya. Meski begitu, Ucup memilih jalan berbeda. Ia membawa Synchronize Festival 2020 ke format acara siaran televisi.

synchronize fest
Dengan tema 'Selebrasi Bersama Televisi', Synchronize Fest 2020 tampil di layar televisi. (Instagram@kikiauliaucup)

Menurutnya, siaran televisi akan lebih mudah dijangkau banyak orang ketimbang memindahkan format menjadi konser virtual yang mengandalkan kuota internet. Inilah ide berani dan beda Kiki Aulia untuk solusi dalam penyelesaian tantangan yang hadir. "Selalu ada rencana buat Synchronize Fest di masa depan. Rencana tersebut selalu ingin menghadirkan sesuatu yang baru. Namun, sekarang masih belum bisa diumumkan,” jelasnya.

Di luar Synchronnize Fest, Ucup tak segan berbagi ilmu serta pengalaman, khususnya di bisnis industri musik. Ia akan senang mengajak anak-anak muda yang ingin mendalami profesi program director atau sekadar berbagi tips untuk menjadi manajer band. Ilmunya dibagi melalui forum diskusi, komunitas, bahkan media sosial. Ucup bahkan membuka diri untuk berkolaborasi.

Dengan ide berani beda dan kejelian melihat peluang, Kiki Aulia membuktikan bahwa proses tidak akan membohongi hasil yang telah dijalankannya selama ini. Ketika disinggung mengenai rencana di masa depan untuk Synchronize Fest, Ucup menjawab, "Selalu ada rencana baru buat Syncronize Festival di masa depan," tutupnya. (far)

Penulis : Febrian Adi Febrian Adi
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Chris Jericho Produseri Film Dokumenter Band Heavy Metal
ShowBiz
Chris Jericho Produseri Film Dokumenter Band Heavy Metal

Kali perdana mantan bintang WWE produseri sebuah film.

Among Us Hadir di Xbox
Fun
Among Us Hadir di Xbox

2021 kamu bisa memainkan game ini di Xbox.

Album ‘RAYA’ Maliq & D’Essentials Resmi Mengudara
ShowBiz
Album ‘RAYA’ Maliq & D’Essentials Resmi Mengudara

Album RAYA menjadi penutup rangkaian mini album RAYA Part I dan RAYA Part II.

Layaknya Aktor, Mobil di ‘Fast & Furious 9’ juga Perlu Diseleksi
Fun
Layaknya Aktor, Mobil di ‘Fast & Furious 9’ juga Perlu Diseleksi

Mobil yang digunakan dalam menjalankan misi tentunya.

Prince Harry dan Meghan Markle Akan Memiliki Anak Kedua
ShowBiz
Prince Harry dan Meghan Markle Akan Memiliki Anak Kedua

Kabar gembira ini mereka bagian lewat foto 'candid'.

Live-Action Powerpuff Girls Tengah Digarap CW
Fun
Live-Action Powerpuff Girls Tengah Digarap CW

Blossom, Bubbles, dan Buttercup akan hadir pada versi live-action.

Sophie Xeon Tutup Usia
ShowBiz
Sophie Xeon Tutup Usia

Harus pergi di usianya yang masih muda, yakni 34 tahun.

Pohon Ribuan Tahun Ini Jadi Wisata Favorit di Tiongkok
Fun
Pohon Ribuan Tahun Ini Jadi Wisata Favorit di Tiongkok

Keindahan Pohon Gingko Biloba berusia 1.400 tahun pikat wisatawan lokal dan internasional

Biar Enggak Cengeng, 3 Lagu Upbeat yang Baru Rilis ini Wajib Kamu Dengarin
ShowBiz
Bangunin Sahur ala Bocil Ganggu di Negeri Aing
Fun