Bendungan Kuwil Kawangkoan Cegah Banjir Bandang di Minahasa Utara

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 19 Januari 2023
Bendungan Kuwil Kawangkoan Cegah Banjir Bandang di Minahasa Utara
Presiden Joko Widodo. (Foto: Tangkapan Layar)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo akan melakukan sejumlah agenda kerja dalam kunjungannya ke Provinsi Sulawesi Utara pada Kamis, 19 Januari 2023.

Presiden datang Kabupaten Minahasa Utara untuk membagikan bantuan sosial bagi para pedagang di Pasar Airmadidi. Selanjutnya, Kepala Negara meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan.

Baca Juga:

Jokowi Harap Bendungan Beringin Sila Bisa Tingkatkan Produktivitas Pertanian di NTB

Presiden RI Joko Widodo berharap, keberadaan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Mihanasa Utara, Sulawesi Utara, bisa turut mencegah banjir bandang yang pernah terjadi tahun 2014 di Manado.

"Karena ini berada di atas Manado, sehingga kalau tidak dihentikan di sini airnya bisa lari dan bisa menyebabkan Manado banjir seperti saya ingat pernah 2014 di Manado banjir bandang,” kata Presiden dalam sambutannya pada peresmian bendungan di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis, sebagaimana dipantau dalam tayangan langsung Youtube Sekretariat Presiden dari Jakarta.

Presiden menyampaikan, Bendungan Kowil Kawangkoan dibangun sejak 2016 dengan anggaran Rp 1,9 triliun, dan memiliki kapasitas tampung 26 juta meter kubik dengan luas genangan 157 hektar.

"Nanti bisa untuk pembangkit listrik kemudian mengurangi banjir yang ada, utamanya di Manado dan juga untuk pertanian," kata Jokowi.

Ia mengatakan, bendungan bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga mikro hidro yang menghasilkan tenaga listrik dua kali 0,70 Megawatt.

"Meskipun kecil tapi bisa jadi pembangkit listrik tenaga mikro hidro," tegasnya.

Baca Juga:

Jokowi Harap Bendungan Sadawarna Naikkan Produksi Beras Indramayu

#Bencana Alam #Rawan Bencana
Bagikan
Bagikan