Jokowi Harap Bendungan Beringin Sila Bisa Tingkatkan Produktivitas Pertanian di NTB

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 29 Desember 2022
Jokowi Harap Bendungan Beringin Sila Bisa Tingkatkan Produktivitas Pertanian di NTB
Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Beringin Sila di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Kamis (29/12). ANTARA/Rangga Jingga

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Beringin Sila di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Bendungan Sila adalah bendungan ke-35 yang diresmikan pemerintah sejak 8 tahun yang lalu.

Kepala Negara menyampaikan, pembangunan Bendungan Beringin Sila menghabiskan anggaran sebesar Rp 1,7 triliun. Dengan luas genangan mencapai 126 hektare dan bisa mengairi sawah kurang lebih lebih seluas 3.500 Hektare, Jokowi berharap bendungan ini bisa meningkatkan produktivitas pertanian.

Baca Juga

Kata Jokowi usai Resmikan Huntap Korban Bencana Siklon Tropis Seroja di NTB

"Kita harapkan di Kabupaten Sumbawa, khususnya yang dulunya mungkin bisa panen sekali, nanti para petani bisa panen dua kali atau tiga kali. Harapan kita, produktivitas pertanian di Provinsi Nusa Tenggara bisa meningkat secara drastis," kata Jokowi di Sumbawa, Kamis (29/12).

Selain itu, lanjut Jokowi, sudah ada tiga bendungan yang diresmikan di NTB. Sisanya, masih ada dua lagi yang akan diselesaikan pada tahun depan.

"Sebanyak dua lagi yang akan kita selesaikan Insya Allah tahun depan," katanya.

Sebelumnya, Jokowi menyerahkan bantuan modal kerja (BMK) kepada para pedagang kaki lima (PKL) dan bantuan tunai langsung (BTL) kepada para pedagang Pasar Sila.

Baca Juga

Presiden Jokowi Kunjungan Kerja di NTB

Salah satu pedagang pasar, Nurinayah menyampaikan pesan Presiden Jokowi kepadanya untuk mempergunakan bantuan tersebut sebagai tambahan modal usaha.

“Katanya (Presiden), Rp 1.200.000 pergunakan sebaik mungkin untuk tambahan modal usaha,” ujarnya.

Nurinayah pun mengaku senang dan mengucapkan terima kasih atas bantuan modal usaha yang telah diberikan oleh pemerintah. Ia juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di kampung halamannya.

“Terima kasih Bapak Jokowi sudah kasih ini (bantuan) dan sudah mau datang ke kampung kami ke Bima. Semoga Pak Jokowi sehat selalu beserta keluarga,” lanjut Nurinayah.

Senada, warga Bima yang berkesempatan berswafoto bersama presiden, Lisa, juga turut menyampaikan rasa senang bertemu dengan Presiden. Lisa juga menyampaikan harapannya bagi kemajuan Bima.

“Terima kasih Pak Jokowi, terima kasih sudah datang ke Bima. Semoga lebih baik lagi rakyat Bima sama lingkungan semuanya,” kata Lisa.

Sementara itu, warga Bima lain yang hadir ke Pasar Sila, Leni berharap Presiden dapat kembali mengunjungi Bima. Selain itu, Leni juga berharap pemerintah dapat memperhatikan masalah pertanian yang ada di Bima.

“Harapan sebagai rakyat Bima agar Bima bisa dilihat sama Pak Jokowi. Masyarakat Bima butuh masalah jagung, naikkan harga jagung. Harga di petaninya harus dinaikkan,” ucapnya. (*)

Baca Juga

Rangkaian Kunjungan Kerja Jokowi di Bima dan Sumbawa

#Presiden Jokowi #Presiden Joko Widodo #Nusa Tenggara Barat (NTB)
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan