Teknologi

Benarkah Samsung Palsukan Foto Bulan dengan Bantuan AI?

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 16 Maret 2023
Benarkah Samsung Palsukan Foto Bulan dengan Bantuan AI?
Gambar bulan hasil tangkapan kamera ponsel Samsung dianggap palsu. (Foto: Unsplash/Mike Petrucci)

PONSEL berkemampuan Space Zoom dari Samsung selama bertahun-tahun telah dikenal karena fiturnya untuk mengambil foto Bulan yang sangat mendetail. Namun, sebuah unggahan di Reddit baru-baru ini menunjukkan secara gamblang seberapa banyak pemrosesan komputasi yang dilakukan perusahaan teknologi asal Korea Selatan itu.

Bahkan, dengan pembuktian yang telah beredar itu, banyak orang yang akhirnya menganggap kalau gambar Bulan yang diambil dengan ponsel Samsung adalah palsu.

Pengujian kamera pada ponsel Samsung yang dilakukan oleh pengguna Reddit u/ibreakphotos dan diunggah pada subreddit r/Android itu, dilakukan dengan sengaja membuat foto Bulan yang buram, menampilkannya di layar komputer, lalu memotret gambar tersebut menggunakan ponsel terbaru andalan Samsung, S23 Ultra.

Baca juga:

Samsung Luncurkan Sensor kamera 200MP untuk Ponsel Flagship

Samsung Palsukan Foto Bulan dengan Bantuan AI?
Teknologi pada kamera ponsel Samsung mencoba untuk menambahkan banyak sekali koreksi. (Foto: Unsplash/Samer Khodeir)

Rupanya hasil gambar yang diambil menunjukan kalau teknologi pada kamera ponsel Samsung mencoba untuk menambahkan banyak sekali koreksi, termasuk dengan menambahkan tekstur bulan dengan kecerdasan artifisial (AI) pada gambar yang diambil.

Uji coba yang dilakukan oleh pengguna Reddit itu memicu perbincangan yang cukup besar hingga mendapatkan 13,7 ribu dukungan naik dari pengguna Reddit lainnya.

Para pembuat konten teknologi juga membahas hal ini salah satunya adalah Youtuber teknologi kenamaan Inggris, Arun Maini yang lebih dikenal dengan nama Mrwhosetheboss.

Mrwhosetheboss juga melakukan percobaan yang sama, bahkan lebih kompleks dari apa yang dilakukan oleh u/ibreakphotos, dan hasil yang didapatkan pun tak jauh berbeda.

Baca juga:

Desain iPhone 15 Tersebar, Tampilkan Kamera Lebih Besar dan Port USB-C

Mengutip The Verge, rupanya ini bukanlah kontroversi baru. Orang-orang telah mengajukan pertanyaan tentang fotografi Bulan Samsung sejak perusahaan meluncurkan fitur Space Zoom 100x di S20 Ultra pada 2020.

Beberapa orang menuduh, perusahaan hanya menyalin dan menempelkan tekstur yang telah disimpan sebelumnya ke gambar Bulan untuk menghasilkan fotonya. Tetapi Samsung mengatakan prosesnya lebih dari itu, tulis The Verge dalam laporannya.

Bagaimanapun juga, untuk saat ini, teknologi Samsung Moon imagery masih lebih menonjol dibanding apa yang dilakukan oleh perusahaan lain.

Sebagai permulaan, fotografi Bulan yang diambil dengan ponsel Samsung dapat diterima dengan baik secara visual. Pun jika tidak menginginkan foto bulan yang dianggap ‘palsu’ ini, pengguna bisa mematikan fitur Scene Optimizer yang tersedia di aplikasi kamera mereka. (dsh)

Baca juga:

Sony Rilis Lensa FE 50mm f1.4 GM dan Kamera Filmmaker Venice 2

#Teknologi #Samsung
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan