Begonia Polkadot, Tanaman Hias Unik dengan Perawatan yang Mudah Begonia Polkadot yang mudah merawatnya. (Foto: Plant My Home)

SECARA botani dikenal sebagai Begonia maculata, tanaman hias yang sangat cantik ini memiliki bintik-bintik perak yang unik pada daun hijau cerah dengan bagian bawah merah. Polkadot Begonia adalah salah satu tanaman paling populer karena variegasinya yang segar dan unik.

Begonia Polkadot adalah begonia tebu. Juga dikenal sebagai begonia "Angel Wing" karena batangnya seperti bambu dengan daun panjang yang menyerupai sayap. Begonia maculata cukup mudah tumbuh dibandingkan dengan Rex dan beberapa begonia tanpa batang mirip bambu lain.

Baca Juga:

Lima Tanaman yang Cocok untuk Kamar Bayi

tanaman
Selain memiliki dedaunan yang memukau, tanaman Begonia Polkadot ini menghasilkan kumpulan bunga. (Foto: myhomenature.com)

Selain memiliki dedaunan yang memukau, tanaman Begonia Polkadot ini menghasilkan kumpulan bunga berwarna putih dengan pusat berwarna kuning pada satu batang. Bunga biasanya muncul selama bulan-bulan.

Jika kamu berencana mengoleksi tanaman populer ini, berikut semua yang perlu diketahui tentang perawatan Begonia maculata, mulai dari seberapa besar mereka bisa tumbuh sampai cara mengembangbiakan tanaman. Perlu dicatat, Begonia Polkadot merupakan tanaman hias dalam ruangan yang ideal.

Kalau kamu baru memulai hobi berkebun, Begonia Polkadot merupakan tanaman pemula yang bagus. Berikut hal-hal yang dibutuhkan tanaman ini untuk berkembang seperti dirangkum dari realsimple.com (27/7):

Baca Juga:

Tanaman Karnivora yang Bisa Menjadi Teman Baru di Ruang Tamu

tanaman
Tanaman ini merupakan tanaman hias dalam ruangan. (Foto: Beards & Daisies)

1. Media tanam yang gembur dengan drainase yang baik.

2. Bagi mereka yang memiliki keterbatasan cahaya dalam rumah, kabar baik! Begonia Polkadot lebih suka tempat yang teduh. Terlalu banyak sinar matahari langsung akan menyebabkan ujung daunnya menjadi coklat dan warnanya memudar. Tanaman menyukai cahaya terang dan tidak langsung tetapi akan bertahan di lokasi yang kurang terang.

3. Menjaga tanah cukup lembab akan membuat tanaman ini senang. Namun, tanah yang basah tidak boleh digunakan. Seperti halnya tanaman hias lainnya, Begonia maculata akan mengalami busuk akar jika terlalu banyak air. Periksa tanah setiap beberapa hari untuk menentukan tingkat kelembabannya dengan memasukkan jari telunjuk ke dalam tanah sekitar satu inci atau lebih. Jika tanahnya kering saat disentuh, sirami sampai mengalir melalui dasar pot.

4. Tanaman tropis ini membutuhkan suhu yang sejuk dan kelembapan yang tinggi. Suhu antara 18-30 derajat Celsius ideal. Tingkat kelembapan lebih dari 45 persen akan membantu mencegah daun mengering.

5. Untuk mendapatkan dedaunan dan bunga yang tampak bagus, kamu harus memberi makan Begonia Polkadot dengan pupuk dasar tanaman hias ketika menyirami tanaman saat musim kemarau. Selama bulan-bulan hujan, kamu tidak perlu memupuk.

Baca Juga:

Langkah-langkah Menyiram Tanaman Hias yang Benar

tanaman
Begonia Polkadot lebih suka tempat yang teduh tanpa terkena cahaya matahari langsung. (Foto: realsimple.com)

Kamu dapat membuat tanaman ini tumbuh besar dengan memangkasnya. Pemangkasan bisa dilakukan jika tanaman mulai tumbuh lebih tinggi dari yang kamu inginkan atau terasa kurus karena menginginkan lebih banyak cahaya.

Namun, Begonia Polkadot bukan tanpa masalah. Ada beberapa masalah umum yang dialami sebagian besar tanaman hias. Misalnyam ujung daun berwarna coklat. Ini terjadi jika tanaman terlalu kering, udaranya terlalu kering, atau terlalu banyak pupuk. Selain itu, Begonia maculata juga akan menderita busuk akar jika terlalu banyak air.

Jika kamu berhasil merawatnya, tanaman ini juga bisa berkembang biak dengan mudah, jadi kamu bisa memperbanyak untuk meramaikan isi rumah. Caranya yaitu dengan menempatkan stek batang di dalam air.

Ambil potongan empat inci dari batang yang sehat, masukkan potongan ke dalam segelas air dan letakkan di ambang jendela atau area yang menerima cahaya terang tidak langsung. Isi air sesuai kebutuhan. Akar akan muncul dalam empat hingga enam minggu. Setelah stek berakar, pot stek di tanah dan biarkan tumbuh hingga tanaman kuat dan membesar. (aru)

Baca Juga:

5 Tanaman Hias Termahal Dunia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pertunjukan Cahaya di Tiongkok Berubah Bencana
Hiburan & Gaya Hidup
Pertunjukan Cahaya di Tiongkok Berubah Bencana

Penonton malah merasakan kepanikan saat menghindari drone-drone yang berjatuhan dari langit.

Seru, Belanja di Brightspot Virtual City
Fun
Seru, Belanja di Brightspot Virtual City

Brightspot Virtual City menawarkan experience yang menarik dan berbeda dari gelaran Brightspot tahun-tahun sebelumnya

Sejak Rilis, Akhirnya LINE Punya Tampilan Baru
Fun
Sejak Rilis, Akhirnya LINE Punya Tampilan Baru

Sejak pertama kali rilis hampir 10 tahun lalu, LINE memang tak pernah mengubah tampilannya.

Penduduk Berpolusi Suara, Kehilangan Tiga Tahun Hidupnya
Fun
Penduduk Berpolusi Suara, Kehilangan Tiga Tahun Hidupnya

Kehilangan pendengaran bukan satu-satunya efek samping dari suara keras.

Ms Marvel Dikabarkan akan Rilis di 2022
ShowBiz
Ms Marvel Dikabarkan akan Rilis di 2022

Tak akan lama lagi Ms. Marvel akan melanjutkan serial Marvel.

'Workaholic', Manjakan Diri Kamu dengan Staycation Seru Ini
Fun
'Workaholic', Manjakan Diri Kamu dengan Staycation Seru Ini

Ada baiknya kamu ambil waktu sejenak untuk berlibur.

Di Balon Udara, Cara Menikah Unik Ala Pandemi
Fun
Di Balon Udara, Cara Menikah Unik Ala Pandemi

Mengikat janji sehidup semati dapat kamu lakukan di langit menggunakan balon udara.

KLHK Rilis Film Pendek 'Bude Jo Belajar Kelola Sampah'
Fun
KLHK Rilis Film Pendek 'Bude Jo Belajar Kelola Sampah'

Film ini mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mengelola sampah.

5 Variabel Utama yang Membuat Dunia Kembali Normal
Fun
5 Variabel Utama yang Membuat Dunia Kembali Normal

Efektivitas vaksin menjadi variabel pertama.

Hai Pria, ini Cara Tepat Panjangkan Rambut
Fashion
Hai Pria, ini Cara Tepat Panjangkan Rambut

Potongan rambut gondrong atau agak gondong belum tentu membuat kamu terlihat tidak rapi.