Kabar Baik! Kini Kanker Bisa Sembuh Dalam Sekejap Pengobatan kanker hingga sembuh (Sumber: NFCR)

KANKER merupakan salah satu penyakit paling menakutkan dan mematikan. WHO menyebutkan kematian yang disebabkan oleh kanker mencapai angka 9,6 juta pada tahun 2018.

Meskipun berpotensi menyebabkan kematian, kanker juga berpotensi untuk disembuhkan apabila dideteksi sejak dini. "Makin cepat diketahui dan diobati maka kesintasan atau survivalnya makin panjang bahkan dapat sembuh total," ujar Pakar Hematologi Onkologi Medik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Dr. dr. Ikhwan Rinaldi Sp.PD-KHOM.

Baca juga:

Sering Dianggap Sama, Tumor dan Kanker Ternyata Berbeda

Ia menyebutkan kanker yang memiliki peluang kesembuhan tinggi antara lain kanker kelenjar getah bening (limfoma) terutama limfoma hodgkin, kanker padat pada anak, kanker testis, dan kanker paru jenis sel kecil.

Namun demikian, kanker yang masih awal dan mengalami kesembuhan masih berpeluang untuk kambuh dan menyebar ke organ lain. "Monitoring setelah pengobatan selesai sampai lima tahun ke depan perlu dilakukan agar kekambuhan dapat segera diketahui dan diobati," tutur dokter Ikhwan.

Beberapa jenis kanker memiliki peluang kesembuhan yang besar (Foto: Pexels/Miguel A. Padrinan)
Baca juga:

Dirinya mengisahkan, salah satu pasiennya telah menjalani radioterapi tetapi enggan melanjutkan pengobatan. Alih-alih dioperasi atau dikemoterapi, pasien tersebut lebih memilih prosedur dari pelayanan kesehatan lainnya. "Pasien tersebut akhirnya kembali ke rumah sakit dengan penyebaran di berbagai organ seperti hati, paru dan tulang," ungkapnya.

Ia berharap para pasien kanker tidak tergoda dengan iming-iming pengobatan alternatif yang menjanjikan kesembuhan secara kilat. "Kami harap pasien tidak terpengaruh omongan mulut ke mulut tentang pengobaan kanker non-medis yang tak terbukti secara ilmiah mengingat dampak bahaya yang berpotensi akan timbul," tutupnya.

Yuk sahabat Merah Putih, jaga kesehatan sekarang juga agar terhindar dari kanker. (avia)

Baca juga:
Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH