Begini Caranya Menyimpan Buah

P Suryo RP Suryo R - Sabtu, 26 Desember 2020
Begini Caranya Menyimpan Buah
Menyimpan buah ada beberapa tips yang harus diketahui. (Foto: Pexels/Pixabay)

SENANG rasanya kalau mendapatkan buah-buahan yang bagus dari toko atau supermarket. Bila sudah sampai di rumah kita letakan begitu saja. Entah dalam sebauh wadah di meja makan atau di masukan ke kulkas.

Untuk beberapa buah-buah penyimpanan seperti itu tidak ada masalah namun tidak berlaku pada beberapa buah-buahan. Dari laman Askmen dituliskan beberapa tips menyimpan buah.

Baca Juga:

Yuk Simak, 5 Manfaat Buah Sitrus Bagi Tubuh Kita!


Apel

buah
Disimpan dalam suhu 4°C. (Foto: Pixabay/kdzwonek)


Sebaiknya apel disimpan pada suhu 4°C atau dengan suhu di bawah itu untuk mendapatkan kesegaran yang maksimal, begitu menurut blogger Ariana Palmieri yang menulis buku How to Reduce Food Waste. Hal yang sama juga berlaku untuk buah ceri.


Avokad

buah
Bila buah avokadnya sudah terpotong sebaiknya disimpan dalam kulkas. (Foto: Pixabay/FoodieFactor)


Buah kesenangan semua orang ini sebaiknya disimpan dalam suhu ruangan sampai agak lunak untuk dikonsumsi. Bila buah avokadnya sudah terpotong sebaiknya disimpan dalam kulkas, demikian menurut Pol Bishop dari Fantastic Gardeners.

Memilih avokad yang baik menurut eksekutif chef Brad Brunin dari Flower Child, kalau ingin dikonsumsi langsung maka buah itu bila dipencet seperti bola tenis. Namun kalau ingin dimakan kemudian hari maka permukaannya bila ditekan seperti bola baseball.


Pisang

buah
Pisang sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk. (Foto: Unsplash/Rodrigo dos Reis)


Buah berwarna kuning ini punya kandungan kalsium yang tinggi. Bishop menyarankan bila ingin disimpan sebaiknya di tempat yang sejuk bukan di kulkas. Kalau dimasukan ke kulkas hanya menyebabkan pisang cepat membusuk. Bila pisang terlalu cepat berwarna cokelat sebaiknya masukan ke dalam freezer. Bishop mengatrakan, kupas kulitnya, masukan pisang ke dalam plastik letakan di freezer.


Buah citrus (jeruk, anggur, lemon, lime)
Buah citrus sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk. Memasukan ke kulkas adalah pilihan terakhir. Namun anggur dapat disimpan di kulkas. Jika disimpan dengan baik anggur akan bertahan lebih dari seminggu.

Baca Juga:

Enak Sih, Tapi 4 Buah Ini Enggak Dianjurkan untuk Dikonsumsi Berlebihan


Melon dan semangka

buah
Bila sudah dipotong sebaiknya dimasukan ke dalam kulkas. (Foto: Pexels/mike)


Kedua buah ini disimpan dalam suhu ruangan bila belum dipotong. Bila sudah terpotong-potong baru dimasukan ke dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya.


Tomat

buah
Tomat yang baik berwarna merah gelap. (Foto: Pexels/rawpixelcom)


Menurut Brunin sebaiknya tomat disimpan dalam suhu ruangan. Dia menyarankan meletakan tomat dengan ujung menghadap ke atas akan membuat gula tersebar ke seluruh buah. Menurutnya memilih buah tomat permukaannya harus yang tahan ketika dipencet oleh jari. (psr)

Baca Juga:

Meski Segar, 6 Buah ini Sebaiknya tak Diolah Jadi Jus

#Kesehatan #Buah
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan