Beda Bahan, Beda Pula Cara Membersihkan Sepatumu

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 23 September 2020
Beda Bahan, Beda Pula Cara Membersihkan Sepatumu
Sepatu memiliki bahan yang berbeda jadi jangan salah cara membersihkannya ya. (Foto: Unsplash/Edgar Chaparro)

PENTING mungkin sangat penting untuk mengetahui bahan sepatu. Ini berhubungan dengan cara membersihkannya. Memilih sepatu sama saja dengan memilih pasangan hidup, kalau kamu ingin memiliki hubungan yang awet dan nyaman kamu harus bisa merawatnya hubungan itu.

Misalnya sneakers pilihanmu, tidak bisa kamu perlakukan asal saja. Beberapa sneakers memiliki bahan yang berbeda meskipun memiliki fungsi yang sama.

Baca Juga:

3 Sepatu Lari Terbaik, Ada yang Pecahkan Rekor Maraton

1. Kanvas

sepatu
Sepatu kanvas identik dengan sepatu anak muda oleh karena itu jangan salah merawatnya ya. (Foto: Unsplash/Alin Surdu)

Buat kamu yang suka dengan sepatu berbahan kanvas, kamu enggak perlu khawatir karena sepatu berbahan ini sangat awet dan tahan lama. Sayangnya sepatu kanvas cenderung cepat kotor karena noda mudah menempel. Oleh karena itu perlu teknik khusus untuk membersihkannya. Step pertama kamu harus menyediakan sikat gigi dan pasta pembersih yang terbuat dari soda kue dan air hangat. Step kedua gunakan pembersih tersebut menggunakan sikat yang kamu celupkan kebahan pembersih, lalu kamu gosok sepatunya sampai bersih.

Step ketiga setelah kamu sikat, kamu harus menunggu sampai cairan itu mengering dengan sendirinya. Setelah bersih kamu baru boleh melapnya menggunakan kain lembab biar makin kinclong sepatu kamu. Selain membersihkan bahan kanvas menggunakan tangan kamu juga bisa membersihkannya dengan mesin cuci yang dikasih sedikit deterjen tapi mesin cuci kamu harus berada dalam siklus putaran yang paling halus, agar sepatu tidak hancur. Tapi lebih baik kamu menggunakan sikat pembersih sih agar tetap menjaga integritas sneakers kesayangan kamu.

2. Mesh

sepatu
Sepatu berbahan mesh harus kamu bersihkan dengan teliti dan benar. (Foto: Unsplash/Martin Katler)

Bahan mesh merupakan bahan sneakers yang berupa jejaring. Mengapa dibuat dengan bentuk jaring? Jawabannya sangat sederhana, karena memberikan ruang udara untuk pengguna. Selain itu menampilkan motif yang keren agar terlihat menarik. Karena bentuknya yang unik, sneakers berbahan mesh cukup sulit untuk dibersihkan. Untuk itu kamu harus lebih ekstra merawatnya, gunakanlah 2 cairan berbeda yaitu baking soda dan cuka pada bagian khusus yang berbeda.

Cara membersihkannya, gosok sneakers perlahan selama satu sampai dua menit. Lalu bersihkan dengan lap basah yang lembut. Setelah itu tunggu sampai sepatu mengering. Selain menggunakan sikat kamu juga bisa menggunakan kuas untuk membersihkan sneakers berbahan mesh ini. Semakin halus kuas maka kotoran yang menempel dapat dengan mudah dibersihkan.

Baca Juga:

Salah Pakai Sepatu Bisa Sebabkan Kaki Sakit

3. Kulit sintetis

sepatu
Sepatu sintetis terlihat mengkilap dan terbuat dari bahan kimia. (Foto: Unsplash/rupixen.com)

Sepatu kulit sintetis berasal dari campuran bahan-bahan kimia yang diolah di pabrik. Bentuknya menyerupai kulit dan mempunyai tekstur yang mengkilat, tapi tidak ada unsur kulit dalam sepatu tersebut. Untuk membersihkannya hanya perlu menggunakan lap yang direndam air panas. Jangan lupa tuangkan sedikit deterjen dan kamu bisa menggosok bagian kotornya selama satu sampai dua menit. Sepatu dengan bahan sintetis sangat mudah dibersihkan, karena tidak mudah terpapar noda yang menempel.

4. Rajutan

sepatu
Sepatu rajut harus dibersikan secara pelan agar tidak hancur dan mengelupas. (Foto: Unsplash/Erandy Ramirez)

Nah sepatu berbahan rajut bisa hancur kalau membersihkannya kuat-kuat. Sayang kan kalau beli sepatu mahal tapi kamu malah asal-asalan bersihinnya. Sepatu ini sangat sensitif kalau kamu mau membersihkannya gunakan sedikit cairan sabun mandi yang dicampur air dingin. Lalu kamu bersihkan menggunakan lap atau kain. Jangan gunakan deterjen berlebihan karena dapat merusak bahan dari rajutan sepatu tersebut. (joe)

Baca Juga:

Suede? Harus Ada Pada Koleksi Kamu!

#Sepatu #Sepatu Kulit #Sepatu Kasual #Merawat Sepatu
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan