Suede? Harus Ada Pada Koleksi Kamu! Suede banyak digemari oleh para skaters. (Foto: Pexels/Gustav Lundborg)

ADA pro dan kontra antara suede dan kulit. Padahal keduanya sama-sama berasal dari sumber yang sama sapi. Hanya saja memang kedunya berbeda posisi pada sapi. Kalau kulit jelas berasal dari bagian luar dengan finishing yang dihaluskan. Sedangkan suede berasal dari bagian dalam yang terasa seperti beludru.

Sepatu suede sepertinya jarang dilirik oleh orang, karena harus dirawat dengan baik. Padahal suede lebih lembut dan nyaman dipakai. Memang yang perlu ekstra hati-hati adalah menjaganya tetap bersih dan merawatnya dengan baik. Jangan lupa lapisi sepatu sude dengan semprotan anti air.

Memilih sneakers suede tak sulit. Kamu harus memilih warna yang sederhana saja, minimal detilnya dan awet. Laman fashionbeans menyarankan paling tidak ada satu koleksi sneakers suede di rak sepatu kamu.

Adidas

suede
Gazelle termasuk produk Adidas berbahan suede. (Foto: amazon)

Produsen sepatu asal Jerman ini mengeluarkan kategori suede lumayan banyak, seperti Samba, Gazelle, Campus atau Trimm Trab. Para penggemar sneakers tahu betul bahwa Adidas membuat sneakers suede sebagai bagian dari tradisi mereka. Sejak tahun 1949, produsen ini sudah membuat suede yang lembut dipadupadankan dengan tigas garis warna putih ciri khas Adidas.


Puma

suede
Sneakers suede Puma menjadi ikon. (Foto: fashionbeans)


Seperti saudaranya, Puma juga dianggap mengerti dan menjadi suede sebagai salah satu andalannya. Malahan sneaker suede buatan Puma menjadi salah satu ikon sepatu suede dalam budaya pop. Suede Classic adalah kategori yang Puma keluarkan dan melekat di kaki. Harus diakui berbicara suede yang ada di kepala adalah nama Puma.


Nike

suede
Nike Air max menggunakan material suede. (Foto: fightclub)


Budaya pop tak akan bisa melepaskan Nike sebagai produsen sepatu paling populer sejagat ini. Nike selalu berhasil membuat sneakers yang kemudian disukai orang. Desain dan teknologinya selalu dikedepankan oleh produsen sepatu ini. Dari gaya retro sampai model seperti Blazer atau Bruin. Kalau kamu berkenaan coba tengok versi premium Air Max yang kerap memberikan fitur suede pada konstruksinya.


Vans

suede
Sepatu favoritnya para skaters. (Foto: vans)


Produsen sneakers ini paling tahu bagaimana mengonstruksikan suede ke dalam produk-produknya. Suede menjadi salah satu ciri khas dari Vans. Bahan ini memberikan pada para skatebooarder daya tahan yang baik di sepatu dan cengkraman kuat ketika melakukan trik. Coba saja lihat pada Sk8 Hi atau Old Skool yang merupakan bukti produsen sneakers asal California ini tahu membuat sneakers suede.


Converse

suede
One Star produk suede milik Converse. (Foto: converse)


Converse memang selalu dihubungkan dengan sepatu kanvas, namun bukan berarti tidak memiliki produk suede. Tahun 1960an, produsen sepatu ini merilis produk dengan menggunakan bahan suede. Maka hadirlah One Star, suede simple dengan desain sepatu rendah. Alhasil pasar melahap produk tersebut. Produk ini termasuk favorit pemain basket dan skater. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH