Bawaslu DKI Bakal Panggil Gibran Buntut Bagi-Bagi Susu di CFD

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 07 Desember 2023
Bawaslu DKI Bakal Panggil Gibran Buntut Bagi-Bagi Susu di CFD
Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Kegiatan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka membagikan susu gratis kepada warga di area car free day (CFD) Sudirman-Thamrin pada Minggu (3/12) kemarin, berbuntut panjang.

Pasalnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta berencana akan memanggil Gibran dan pihak lain imbas dari dugaan pelanggaran kampanye bagi-bagi susu di CFD.

"Bawaslu Jakarta Pusat akan segera melakukan pemanggilan terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam pembagian susu di area CFD. Seluruh pihak akan diklarifikasi secara resmi," kata Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI Benny Sabdo di Jakarta, Rabu (6/12).

Baca Juga:

Pj Heru Tak Mau Dikaitkan dengan Gibran Bagi-Bagi Susu di CFD: Tugas Bawaslu Lah

Benny juga mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut tidak ada pemberitahuan kepada Bawaslu Jakarta Pusat.

Pemanggilan Wali Kota Solo itu, kata Benny, untuk mengklarifikasi dugaan pelanggaran Pasal 280 ayat (1) huruf j UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu.

"Pasal itu menegaskan, larangan kampanye yakni menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya kepada peserta kampanye," terangnya.

Baca Juga:

Ganjar Nilai Gibran Siap Debat Capres-Cawapres

Sementara itu, pelarangan kampanye di CFD tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Provinsi DKI Jakarta Nomor 12 Tahun 2016 tentang pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB). Pada Pasal 7 ayat 2 dimaksudkan bahwa HBKB tidak boleh dimanfaatkan untuk kepentingan Partai Politik dan SARA serta orasi ajakan yang bersifat menghasut.

"Dugaan pelanggaran Pasal 7 ayat (2) Pergub DKI Jakarta No 12 Tahun 2016 Tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor Jakarta Car Free Day tidak boleh dimanfaatkan untuk kepentingan partai politik, apalagi aktivitas kampanye," paparnya.

Diketahui, pada Minggu (3/12), cawapres Gibran Rakabuming Raka mengikuti kegiatan CFD di Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Di lokasi CFD, Gibran yang didampingi sang istri Selvi Ananda terlihat membagikan susu gratis kepada sejumlah warga. (Asp)

Baca Juga:

Gibran Bagi-Bagi Susu Gratis di CFD, Pj Heru: Saya Masih Tidur

#Gibran Rakabuming #Bawaslu #Pilpres 2024
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan