Bangkitkan Kekuatan Memori dengan Metode Mnemonik

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 22 Juni 2022
Bangkitkan Kekuatan Memori dengan Metode Mnemonik
Meningkatkan kemampuan otak dengan metode Mnemonik. (Foto: Unsplash/robina weermeijer)

DI tahun 1995 adalah film berjudul 'Johnny Mnemoni' yang diperankan oleh Keanu Reeves. Berkisah tentang karakter Johnny yang menjadi pembawa file-file besar di otaknya. Sepertinya dia memiliki kekuatan super. Namun di kehidupan nyata ada orang-orang yang memiliki kemampuan mengingat dan menghafal deretan angka dan kata yang super panjang dalam waktu singkat?

Sebuah studi yang dimuat di jurnal ilmiah Neuron tahun 2017 yang dilansir laman BGR, bahwa bukan mustahil orang dapat memiliki kemampuan otak melebihi orang lain.

Baca Juga:

Hidup Lebih Tenang, Jinakkan Dulu Otak Reptilmu

otak
Membuat otak menjadi super. (Foto: Pixabay/geralt )

Trik mengingat yang disebut metode loci atau lokus dapat membuat kamu memiliki kemampuan mengingat yang luar biasa. Tak hanya itu, pada dasarnya, metode loci merupakan cara peningkatan memori yang menggunakan visualisasi untuk mengatur dan mengingat informasi.

Metode loci memanfaatkan kemampuan otak, khususnya bagian hippocampus untuk daya ingatan dengan konteks spesial. Dengan kata lain, metode ini kita bisa menautkan hal-hal yang ingin kita ingat dengan gambaran satu ataupun lebih tempat dan lokasi yang sudah kita kenal dengan baik.

Kamu dapat menjadi seperti itu dengan meningkatkan kemampuan otak dengan teknik mnemonik. Teknik ini sudah dipakai sejak zaman Yunani kuno untuk memperkuat memori. Tertarik untuk belajar? Beberapa teknik mnemonic berikut bisa jadi pilihanmu.

Baca Juga:

Pengaruh Media Terhadap Otak dan Perilaku Manusia

otak
Meningkatkan daya ingat pada otak. (Foto: Pexels/MART PRODUCTION)

Akronim

Teknik mnemonik ini mengolah informasi dengan menggunakan bantuan akronim atau singkatan dari suatu tulisan. Akronim disusun dengan menggabungkan huruf ataupun suku kata yang dapat dilafalkan sebagai kata yang wajar. Tak hanya itu, fungsi dari adanya teknik akronim paling tepat digunakan untuk kamu yang ingin mengingat kata-kata spesifik ataupun informasi tertentu.

Akrostik

Teknik mnemonik ini dikenal dengan istilah metode kalimat. Teknik akrostik dipraktekkan dengan cara menggabung beberapa huruf pertama dari kata yang akan ingin diingat.

Perumpamaan visual

Perumpamaan visual dipercaya sebagai teknik yang paling efektif jika dibandingkan dengan beberapa metode sebelumnya. Selain itu dengan menggunakan teknik mnemonik visual, kamu akan mendorong citra objek yang akan dihafal jauh ke dalam pikiran. Tak hanya itu, ternyata paling efektif jika dipakai untuk mengingat informasi deskriptif yang memiliki hubungan satu sama lain. (Mrf)

Baca Juga:

Konsumsi 4 Makanan ini Setiap Hari Untuk Mempertajam dan Meningkatkan Kesehatan Otak

#Kesehatan #Otak
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan