Ban Tetap Awet, Berumur Panjang Pakailah ban sesuai rekomendasi pabrik (Foto: Pixabay/MikesPhotos)

BAN adalah bagian terpenting dari mobil, tanpanya mustahil untuk berjalan. Adanya ban maka kendaraan bermotor bisa berjalan di berbagai kondisi jalan dan dengan kecepatan yang di inginkan pengemudinya. Untuk saat ini dikenal dua jenis ban yang populer di masyarakat, tubeless dan tube type.

Ban merupakan salah satu komponen paling penting di kendaraan bermotor. Adanya ban, motor dan mobil bisa berjalan di berbagai kondisi jalan dan dengan kecepatan yang di inginkan pengemudinya.

Baca Juga:

Kaca, Bagian yang Kerap Bermasalah

mobil
Selalu cek tekanan angin. (Foto: Pexels/Gerd Altmann)

Bagaimana agar menjadi awet dan juga bertahan lama? Zulpata Zainal selaku On Vehicle Test (OVT) PT Gajah Tunggal Tbk yang ditulis oleh laman KabarOto, mengatakan jarang sekali publik mengetahui cara merawat ban dengan baik. memberi informasi cara merawat ban yang baik dan tidak pernah diketahui oleh pengguna motor.

Zainal mengatakan bahwa prinsipnya sama untuk perawatan ban motor dan mobil. Yang paling utama adalah sesuaikan ban yang akan dipakai dengan kendaraan yang dipakai. Jangan gunakan ban yang bukan dengan ukurannya. Sebab ukuran yang kebesaran atau kekecilan akan mempengaruhi laju kendaraan dan tidak akan maksimal.

Pastikan untuk ukuran dan kemampuan ban sesuai dengan yang direkomendasikan dari pabrikan kendaraan, misalnya ban motor untuk harian, untuk balapan, untuk off road. Kalau ban mobil juga disesuaikan kemampuannya, misal buat penumpang, buat angkut barang atau komersial, untuk jalan jelek dan lainnya.

Kemudian harus selalu memastikan tekanan angin ban, sesuaikan dengan rekomendasi dari pabrikan kendaraan. Selalu menyesuaikan dengan muatannya. Lalu cek secara berkala juga tekanan angin dengan alat tekanan angin yang akurat. (*)

Baca juga:

Pecah Ban Saat Kecepatan Tinggi, Jangan Panik!

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH