Minta Maaf Laiknya Tom and Jerry Demi Show Off di Depan Orang Tua Sekadar formalitas saja. (Foto: Instagram/aewazis)

"DEK, maafin kakak kalau selama ini bikin salah ke kamu,”. Begitu kira-kira ucapan manis sang kakak ke adik, di depan orang tua mereka saat lebaran. Alih-alih minta maaf dengan tulus, begitu orang tua pergi malah bikin salah lagi. Kayak formalitas semata. Kakak kembali jail kepada adik, begitu pula adik membalas di kesempatan lain. Persis seperti Tom and Jerry.

Entah Tom atau Jerry, keduanya selalu berulah, jarang akur. Meski terkadang salah satu di antara mereka mengajak bermaafan, selang berapa detik kemudian pertikaian kembali pecah. Saling kejar, saling jail, saling berkompetisi. Enggak heran bila saudara sering muncul gesekan acap dicap Tom dan Jerry.

Sejatinya saudara kandung, pasti ada saja love-hate relationship, dari kecil seperti saling menyuruh membersihkan rumah, saling tuduh buang sampah sembarang, lupa mengunci gerbang, sampai hal besar selaik mengadukan perbuatan tercela kepada orang tua. Pada akhirnnya, tak jarang mereka terlibat adu mulut karena adanya rasa iri atau saling mengadu. Tentu, orang tua jadi pusing tujuh keliling

Saat lebaran kemarin, contohnya, saat digelar tradisi bermaafan di ruang tamu mengenakan baju baru lengkap dengan kebiasan bersimpuh di hadapan orang tua, justru adik-kakak nan memiliki riwayat love-hate relationship akan merasa canggung. Namun, daripada enggak dapat 'salam tempel', di hadapan orang tua mereka pastinya harus tampak saling bermaafan.

Baca juga:

Perlukah Orang Tua Meminta Maaf?

Minta Maaf ke Saudara Kandung Demi Show Off di Depan Orang Tua
Maaf-maafan dengan keluarga (Foto: Instagram/iinokto)

Di kesempatan tersebut, ada saja saudara kandung mungkin tidak meminta maaf dengan hanya sekadar mengucapkan kata maaf ketika di depan orang tua. Mereka juga show off dengan memberikan adiknya hadiah kecil biar bisa dianggap kakak teladan, seperti transfer uang ke rekening dan menunjukkan screenshotnya atau membelikan pizza dan boba secara online.

Jika kakak pendekatannya ada kelebihan finansial, lain lagi show off adik di hadapan orang tua. Adik enggak mungkin memamerkan kelebihan finansial, namun justru pamer kebaikan, seperti pernah membersihkan kamarnya, membantu mencuci sepeda motornya, atau pernah berkali-kali berbohong kepada kekasihnya agar tidak ketahuan saat mager diajak pergi.

Pada dasarnya, show off keduanya saat meminta maaf saja sudah menggambarkan tingkah Tom dan Jerry. Sedang maaf-maafan saja masih berkompetisi. Parahnya lagi, baru lima menit minta maaf, merek kembali bertikai lantaran hal sepele. Memang begitu Tom and Jerry di dunia nyata.

Namun, kenapa kakak-adik itu senang bertikai?

Baca juga:

Ampuhkah Unggahan Kemesraan Jadi Syarat Permintaan Maaf Akibat Micro Cheating?

Saudara kandung, mengutip laman Alodokter, bisa menjadi sahabat terdekat tapi bisa juga jadi musuh terbesar. Hubungan tersebut bisa dipengaruhi banyak faktor, baik peristiwa hidup, faktor genetik, perlakuan orang tua, atau pengalaman di luar lingkungan keluarga.

Pada dasarnya pula, pertengkaran yang terjadi sejak mereka kecil pun sangat wajar terjadi. Kompetensi sosial mereka belum berkembang optimal, sehingga belum mampu memahami kompromi, menghargai perasaan orang ain, atau mengalah.

Minta Maaf ke Saudara Kandung Demi Show Off di Depan Orang Tua
Kadang bisa akur. (Foto: Unsplas/ Allen Taylor)

Perlakuan orang tua tidak adil juga bisa memicu kecemburuan kakak beradik, hingga akhirnya mereka susah akur dan sering bertengkar. Misalnya, kakak atau adik merasa diperlakukan tidak adil jika orang tua hanya memberikan mainan kepada salah satunya. Anak lebih besar juga bisa marah jika tidak diperbolehkan pergi bermain ke rumah temannya karena harus menemani adiknya. Begitu pula sebaliknya.

Penyebab lainnya, perkembangan emosi anak masih labil, meski seiring berjalannya waktu akan membaik dengan sendirinya. Apalagi adik-kakak di rentang umur berdekatan, hanya berdua, dan punya intensitas interaksi cukup sering hampir pasti tumbuh love-hate relationship. Mereka merasa perlu berkompetisi di dalam rumah dan menjadikan orang tua sebagai pengadil.

Terus, kenapa kalau sudah meminta maaf malah berpotensi untuk bertengkar lagi?

Minta Maaf ke Saudara Kandung Demi Show Off di Depan Orang Tua
Faktor utamanya dari orang tua. (Foto: Unsplash/John-Mark Smith)

Saat memintan maaf, mengutip The Huffington Post, seseorang tampaknya membuat kesalahan, misalnya saja menambahhkan kata ‘tetapi’ di akhir permintaan maaf. Kata tersebut akan membuat semua ucapan menjadi tidak penting.

Meminta maaf itu intinya tulus mengakui kesalahan dan bukan mencari-cari alasan agar kesalahanmu bisa dimaklumi. Fatalnya lagi, sudah pakai kata tapi untuk mencari alasan, juga masih show off. Mana ada orang sedang terluka mau mendengarkan pencapaianmu.

“Agar orang lain pulih dari sakit hati mereka, atasi masalah dan akui tindakanmu tidak benar. Titiberatkan pada peranmu dalam kesalahan itu,” tutup Diane Gottsman, pakar etiket sekaligus pendiri Protocol School of Texas. (and)

Baca juga:

Santuy Aja, Hadapi Mulut Julid Kerabat saat Lebaran

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Seandainya Lionel Messi Karyawan Hari Terakhir Negeri Aing
Fun
Seandainya Lionel Messi Karyawan Hari Terakhir Negeri Aing

Kini, pemain berjuluk 'Si Kutu' (La Pulga) berstatus bebas transfer.

BTS Sukses Bawakan Lagu 'Fix You' Milik Coldplay
ShowBiz
BTS Sukses Bawakan Lagu 'Fix You' Milik Coldplay

Coldplay pernah mengatakan bahwa Fix You adalah salah satu lagu terpenting mereka

Aries, Ini 3 Zodiak yang Paling Mungkin Membuatmu Patah Hati
Fun
Haruki Murakami X Uniqlo Luncurkan Koleksi Spesial
Fashion
Haruki Murakami X Uniqlo Luncurkan Koleksi Spesial

Uniqlo baru saja meluncurkan koleksi Haruki Murakami x UT.

Surat Perpisahan dari 'Running Man' untuk Lee Kwang-soo
ShowBiz
Kompetitifnya Perang Bantal di Jepang
Travel
Kompetitifnya Perang Bantal di Jepang

Perang bantal telah menjadi gelar dalam status olahraga nasional.

PUBG Lite akan Tutup Layanan Akhir April 2021
Fun
PUBG Lite akan Tutup Layanan Akhir April 2021

Setelah dua tahun, PUBG Lite akan tutup layanannya.

'Star Wars Battlefront 2' Gratis di Epic Games Store
Fun
Album ‘30’ Adele Jadi Surat untuk Sang Anak
ShowBiz
Album ‘30’ Adele Jadi Surat untuk Sang Anak

Album 30 menjelaskan tentang perubahan hidup Adele.

Ponsel Gaming Infinix X Mobile Legends: Bang Bang Segera Diluncurkan
Fun
Ponsel Gaming Infinix X Mobile Legends: Bang Bang Segera Diluncurkan

Infinix kembali menggandeng salah satu game MOBA terpopuler di dunia, yakni Mobile Legends: Bang Bang