Bahasa 'G', Kode Rahasia Tongkrongan Pelajar Generasi 90-an Negeri Aing Bahasa 'G', bahasa yang fenomenal karena menjadi 'rahasia' tongkrongan pada masanya. (Foto: merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

DALAM percakapan sehari-hari pelajar, tentu tak bisa lepas dari bahasa slang yang membuat suasana percakapan makin santai.

Biasanya, bahasa slang menjadi tren dan identik dengan para pelajar atau anak-anak muda. Jenis-jenis bahasa slang pun cukup beragam.

Baca Juga:

Kelakuan Tongkrongan Pelajar Negeri Aing Ketika Nugas di Kafe

Dari masa ke masa bahasa slang terus bermunculan di tongkrongan. Seperti halnya pada tongkrongan anak-anak generasi 90-an. Kala itu, ada bahasa yang terbilang sangat khusus dan pernah hits pada zamannya.

Salah satu bahasa yang cukup populer bagi anak nongkrong generasi 90-an adalah bahasa 'G'. Buat para anak-anak yang lahir di tahun 2000-an mungkin terdengar asing, tapi bagi generasi 90-an bahasa ini tentunya sangat memorable.

Bahasa 'G' menjadi kode rahasia anak tongkrongan generasi 90-an. (Foto: merahputih.com/Aji Wandi)

Bahasa 'G' bak sebuah kata sandi atau kode rahasia. Karena orang lain di luar tongkrongan tidak mengetahui bahasa tersebut.

Bahasa 'G' kerap digunakan saat 'Gosipin' seseorang dengan teman tongkronganmu, tanpa diketahui isi percakapannya oleh orang lain.

Bagi seseorang yang belum pernah sama sekali mendengar bahasa 'G', mungkin hanya bisa terdiam dan kebingungan sambil memikirkan maksud ucapan yang didengarnya.

Namun, pada kenyataannya, bahasa 'G' cukup mudah dipraktikan. Kamu hanya perlu menyisipkan huruf 'G' pada setiap kata yang akan kamu ucapkan.

Contohnya seperti 'Mugukaga Lugu Jegelegek Kagayaga Mogonyeget' yang artinya 'muka lu jelek kayay monyet'. Contoh lainnya 'Agakugu Sugukaga Kagamugu' yang artinya 'Aku Suka Kamu'.

Baca Juga:

Nongkrong Kudu Ada Tempat Duduknya di Negeri Aing

Rumus mudahnya bahasa 'G', pertama penggal kata berdasarkan pengucapannya. Kedua, Sisipkan huruf 'G' di setiap penggalan kata, kemudian tambahkan huruf vokal suku kata tersebut, lalu gabungkan.

Bila kamu menggunakan bahasa 'G' untuk 'gibahin' orang di zaman sekarang di depan umum, mungkin tidak ada seorang pun yang mengetahuinya. Tapi awas, bila ada anak generasi 90-an di dekatmu, mereka akan bisa mengetahui bahasa tersebut.

Namun, bahasa 'G' perlahan mulai terkikis oleh waktu. Saat ini, bahasa dibalik lah yang tengah naik daun dan digandrungi oleh para anak muda.

Seperti halnya 'kuy', kata ini berasal dari kata 'yuk' yang biasa digunakan di awal atau akhir kalimat, sebagai bentuk ajakan pada lawan bicaranya.

Kemudian bahasa dibalik lainnya yang kerap digunakan oleh anak muda masa kini yakni 'Takis'. Kata 'Takis' berasal dari kata 'sikat' yang dibalik. Biasanya, bahasa tersebut digunakan bila kamu tengah naksir seseorang dan temanmu memberi saran buat 'takis', atau dengan kata lain 'buruan disikat sebelum didahului oleh orang lain'.

Bahasa serba dibalik menjadi tren di anak muda masa kini. (foto: istimewa)

Kata 'Takis' juga kerap digunakan ketika seorang teman bertanya soal apakah makanan dan minuman di meja boleh diminum, contohnya 'takis aja jon emang gue sengaja beli minuman buat lu itu'.

Kemudian bahasa dibalik yang populer digunakan lainnya yakni 'Sabi' yang berasal dari kata 'bisa'. Kata ini biasanya digunakan sebagai ucapan 'setuju' ketika diajak nongkrong.

Salah satu kata dari bahasa dibalik selanjutnya yang biasa digunakan anak muda masa kini yaitu 'Hacep'. 'Hacep' berasal dari kata 'Pecah', yang digunakan untuk menjelaskan suasana yang keren abis. Biasanya kata tersebut digunakan oleh para anak-anak dugem atau anak muda yang suka nonton konser.

Selain itu masih banyak kata-kata bahasa dibalik yang kerap digunakan, seperti 'Woles' yang berasal dari kata 'selow', 'Kane' yang berasal dari kata 'enak', hingga 'Naracap' yang berasal dari kata 'Pacaran'. (ryn)

Baca Juga:

Gegayaan Khas SPG Ponsel di Negeri Aing

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Aww! Ariana Grande Pamer Pacar Baru di Video Klip 'Stuck With U!'
ShowBiz
Aww! Ariana Grande Pamer Pacar Baru di Video Klip 'Stuck With U!'

Ada juga Demi Lovato, Chance the Rapper, Kendall dan Kylie Jenner dalam MV ini.

Selfie Station, Museum Instagramable di Iowa
Fun
Selfie Station, Museum Instagramable di Iowa

Instalasi penuh warna menerangi ponsel di Des Moines.

Burger 'Perangsang Persalinan' Jadi Incaran Para Bumil
Fun
Burger 'Perangsang Persalinan' Jadi Incaran Para Bumil

Ibu hamil dilaporkan berbondong-bondong pergi ke sebuah restoran yang terletak di Excelsior, Minnesota.

10 Ribu Langkah per Hari tidak Bantu Turunkan Berat Badan
Hiburan & Gaya Hidup
10 Ribu Langkah per Hari tidak Bantu Turunkan Berat Badan

Semakin banyak langkah yang kamu lakukan, semakin banyak manfaat kesehatan yang kamu dapatkan.

Netflix Segera Normalkan Kualitas Streaming
Fun
Netflix Segera Normalkan Kualitas Streaming

Kualitas streaming di Netflix sempat diturunkan untuk mencegah internet jebol.

Para Artis Sempat Mengalami Mental Breakdown Selama Pandemi
ShowBiz
Para Artis Sempat Mengalami Mental Breakdown Selama Pandemi

Pandemi memberikan tantangan tersendiri bagi para artis.

Mimpi yang Nyata dan Intens Banyak Dialami Orang pada Masa Karantina
Fun
Mimpi yang Nyata dan Intens Banyak Dialami Orang pada Masa Karantina

Seorang ahli menganalisa dan mendapatkan jawaban tentang mimpi karaninta

Suara Merdu Raisa untuk OST ‘Raya and the Last Dragon’
ShowBiz
Suara Merdu Raisa untuk OST ‘Raya and the Last Dragon’

Selalu ada tempat di hati Raisa untuk Disney.

Kolaborasi di Sektor Pendidikan Menerapkan Pembelajaran Secara Digital
Fun
Kolaborasi di Sektor Pendidikan Menerapkan Pembelajaran Secara Digital

Penggunaan teknologi secara maksimal mendukung proses pembelajaran daring.