Bahasa 'G', Kode Rahasia Tongkrongan Pelajar Generasi 90-an Negeri Aing Bahasa 'G', bahasa yang fenomenal karena menjadi 'rahasia' tongkrongan pada masanya. (Foto: merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

DALAM percakapan sehari-hari pelajar, tentu tak bisa lepas dari bahasa slang yang membuat suasana percakapan makin santai.

Biasanya, bahasa slang menjadi tren dan identik dengan para pelajar atau anak-anak muda. Jenis-jenis bahasa slang pun cukup beragam.

Baca Juga:

Kelakuan Tongkrongan Pelajar Negeri Aing Ketika Nugas di Kafe

Dari masa ke masa bahasa slang terus bermunculan di tongkrongan. Seperti halnya pada tongkrongan anak-anak generasi 90-an. Kala itu, ada bahasa yang terbilang sangat khusus dan pernah hits pada zamannya.

Salah satu bahasa yang cukup populer bagi anak nongkrong generasi 90-an adalah bahasa 'G'. Buat para anak-anak yang lahir di tahun 2000-an mungkin terdengar asing, tapi bagi generasi 90-an bahasa ini tentunya sangat memorable.

Bahasa 'G' menjadi kode rahasia anak tongkrongan generasi 90-an. (Foto: merahputih.com/Aji Wandi)

Bahasa 'G' bak sebuah kata sandi atau kode rahasia. Karena orang lain di luar tongkrongan tidak mengetahui bahasa tersebut.

Bahasa 'G' kerap digunakan saat 'Gosipin' seseorang dengan teman tongkronganmu, tanpa diketahui isi percakapannya oleh orang lain.

Bagi seseorang yang belum pernah sama sekali mendengar bahasa 'G', mungkin hanya bisa terdiam dan kebingungan sambil memikirkan maksud ucapan yang didengarnya.

Namun, pada kenyataannya, bahasa 'G' cukup mudah dipraktikan. Kamu hanya perlu menyisipkan huruf 'G' pada setiap kata yang akan kamu ucapkan.

Contohnya seperti 'Mugukaga Lugu Jegelegek Kagayaga Mogonyeget' yang artinya 'muka lu jelek kayay monyet'. Contoh lainnya 'Agakugu Sugukaga Kagamugu' yang artinya 'Aku Suka Kamu'.

Baca Juga:

Nongkrong Kudu Ada Tempat Duduknya di Negeri Aing

Rumus mudahnya bahasa 'G', pertama penggal kata berdasarkan pengucapannya. Kedua, Sisipkan huruf 'G' di setiap penggalan kata, kemudian tambahkan huruf vokal suku kata tersebut, lalu gabungkan.

Bila kamu menggunakan bahasa 'G' untuk 'gibahin' orang di zaman sekarang di depan umum, mungkin tidak ada seorang pun yang mengetahuinya. Tapi awas, bila ada anak generasi 90-an di dekatmu, mereka akan bisa mengetahui bahasa tersebut.

Namun, bahasa 'G' perlahan mulai terkikis oleh waktu. Saat ini, bahasa dibalik lah yang tengah naik daun dan digandrungi oleh para anak muda.

Seperti halnya 'kuy', kata ini berasal dari kata 'yuk' yang biasa digunakan di awal atau akhir kalimat, sebagai bentuk ajakan pada lawan bicaranya.

Kemudian bahasa dibalik lainnya yang kerap digunakan oleh anak muda masa kini yakni 'Takis'. Kata 'Takis' berasal dari kata 'sikat' yang dibalik. Biasanya, bahasa tersebut digunakan bila kamu tengah naksir seseorang dan temanmu memberi saran buat 'takis', atau dengan kata lain 'buruan disikat sebelum didahului oleh orang lain'.

Bahasa serba dibalik menjadi tren di anak muda masa kini. (foto: istimewa)

Kata 'Takis' juga kerap digunakan ketika seorang teman bertanya soal apakah makanan dan minuman di meja boleh diminum, contohnya 'takis aja jon emang gue sengaja beli minuman buat lu itu'.

Kemudian bahasa dibalik yang populer digunakan lainnya yakni 'Sabi' yang berasal dari kata 'bisa'. Kata ini biasanya digunakan sebagai ucapan 'setuju' ketika diajak nongkrong.

Salah satu kata dari bahasa dibalik selanjutnya yang biasa digunakan anak muda masa kini yaitu 'Hacep'. 'Hacep' berasal dari kata 'Pecah', yang digunakan untuk menjelaskan suasana yang keren abis. Biasanya kata tersebut digunakan oleh para anak-anak dugem atau anak muda yang suka nonton konser.

Selain itu masih banyak kata-kata bahasa dibalik yang kerap digunakan, seperti 'Woles' yang berasal dari kata 'selow', 'Kane' yang berasal dari kata 'enak', hingga 'Naracap' yang berasal dari kata 'Pacaran'. (ryn)

Baca Juga:

Gegayaan Khas SPG Ponsel di Negeri Aing

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kantor Google Jadi Tempat Vaksin COVID-19
Fun
Kantor Google Jadi Tempat Vaksin COVID-19

Beberapa kantor Google di AS siap dijadikan tempat vaksin.

Jadi Panutan, RM BTS Bantu Idola Lainnya Lepas dari Masa Sulit
ShowBiz
Jadi Panutan, RM BTS Bantu Idola Lainnya Lepas dari Masa Sulit

Memperlihatkan kebijaksanaannya di depan bintang K-Pop generasi berikutnya.

News Anchor Bertenaga AI Pertama di Korea Selatan Tampak Sangat Realistis
Fun
News Anchor Bertenaga AI Pertama di Korea Selatan Tampak Sangat Realistis

News Anchor bertenaga Augmented Reality pertama di Korea Selatan jadi sorotan di media sosial

Rumor Pemeran Spider-Man 3 Ramai, Kevin Feige Angkat Bicara
ShowBiz
Cara Membedakan Helm Cargloss Palsu dan Asli
Fashion
Cara Membedakan Helm Cargloss Palsu dan Asli

Banyak produsen nakal yang menawarkan helm cargloss palsu dengan stiker yang mudah dilepas.

Desainer Pemudi Negeri Aing Diundang ke Paris Fashion Week
Fun
Desainer Pemudi Negeri Aing Diundang ke Paris Fashion Week

Rancangannya mencuri perhatian pencinta fesyen dunia.

Bakar Lemak Perut dengan Sit Up Ternyata Mitos
Fun
'LALISA' Tampilkan Nuansa Khas Thailand
ShowBiz
'LALISA' Tampilkan Nuansa Khas Thailand

VIdeo musiknya sudah ditunggu-tunggu penggemar.

Elon Musk: Pemerintahan Biden Tolak Tawaran Bayar Pajak Karbon
Fun
Elon Musk: Pemerintahan Biden Tolak Tawaran Bayar Pajak Karbon

Musk punya gagasan yang kuat terkait pajak karbon.

Mengenal Google Doodle Hari ini, Pelopor Batik Indonesia KRT Hardjonagoro
Indonesiaku
Mengenal Google Doodle Hari ini, Pelopor Batik Indonesia KRT Hardjonagoro

Ia merupakan putra sulung dari keluarga Tionghoa di Kota Solo.