Ayam Bakar Saus Kopi, Gimana Ya Rasanya? Kedai Ayam Baper menyajikan menu andalan ayam bakar kopi. (Foto: Pixabay/jonathanvalencia5)

BAGAIMANA rasa ayam ya bakar berbalur saus kopi? Para penyuka ayam dan kopi harus mencoba menu ayam bakar satu ini.

Ayam bakar kopi menjadi menu andalan di Kedai Ayam Baper yang berada di Jalan Kelapa Kopyor, Kelapa Gading, Jakarta.

Ada banyak jenis menu ayam bakar di kedai ini, dan semuanya berbumbu nusantara. Di antaranya ada ayam bakar bumbu rica-rica, bumbu bali, saus Sumatera, dan masih masih banyak lagi, yang semuanya berjumlah 9 varian.

1. Resep ayam bakar kopi setelah uji coba berbulan-bulan

Kopi untuk menu ayam bakar kopi menggunakan kopi Lampung. (Foto: Pixabay/Skitterphoto)
Kopi untuk menu ayam bakar kopi menggunakan kopi Lampung. (Foto: Pixabay/Skitterphoto)

Pembeli tinggal memilih paket ayam yang disukai, lengkap dengan nasi, tempe, tahu, kerupuk, lalap sambal, dan blondo kelapa yang kian terasa nikmat saat dicampur dengan sambal baper (sambal bawang). Semua paket itu disajikan menarik, bukan di piring seperti pada umumnya, tetapi di susunan kayu bertingkat. Sudah tentu wadahnya jadi objek foto yang instagramable.

Cita rasa di Kedai Ayam Baper memang tidak perlu lagi diragukan. Pemiliknya Marsugih Wirawan sudah melakukan uji coba.

“Untuk ayam bakar kopi misalnya, saya melakukan uji coba sekitar dua bulan. Berbagai jenis kopi dari berbagai daerah dicoba, dan akhirnya kami merasa cocok menggunakan kopi Lampung,” katanya, seperti dikutip Antara.

2. Bikin satu menu cukup memerlukan waktu

Pembuatan ayam bakar kopi memerlukan waktu cukup lama. (Foto: Pixabay/krzys16)
Pembuatan ayam bakar kopi memerlukan waktu cukup lama. (Foto: Pixabay/krzys16)

Untuk membuat ayam bakar kopi yang jadi andalan, diperlukan waktu cukup lama karena ayam diungkep terlebih dahulu dengan berbagai bumbu dan kopi. Setelah itu baru dibakar dengan olesan saus kopi.

Selain varian ayam bakar, ada juga menu mi instan yang sudah diolah dengan bumbu nusantara. Coba juga aneka camilan yang tersedia, di antaranya tahu dan singkong goreng. Silakan menikmati di kedai mungil yang cantik dengan dinding dihiasi tulisan dan mural instagramable. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Tak Cuma Makanan Indonesia, Pameran Ini Sajikan Kuliner Khas dari Negara-Negara Tetangga

Kredit : zulfikar zulfikar zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH