Awas, Kutu Kasur Mengintai saat Berlibur Gigitan kutu kasur bisa amat menjengkelkan. (foto: Webmd)

APA pun bisa terjadi saat berlibur. Dari petualangan seru, kenangan indah, hingga hal-hal tak menyenangkan. Digigit serangga merupakan hal yang kerap terjadi saat liburan. Remeh memang, tapi cukup mengganggu.

Namun, selain serangga, kamu juga perlu mewaspadai gigitan hama kecil bernama kutu kasur. Meskipun gejalanya mirip dengan gigitan nyamuk, gigitan kutu kasur akan bikin kamu enggak nyaman di malam hari sehingga amat mungkin kamu akan kekurangan tidur.

BACA JUGA: Berliburlah, Baik untuk Daya Tahan Tubuh

Namanya memang kutu kasur, tapi hama ini enggak cuma berdiam di kasur loh. Kutu kasur juga bisa bersembunyi di karpet, gorden, sofa, atau furnitur lainnya. Nah, saat berlibur, bukan tak mungkin ada kutu kasur yang bersembunyi di kamar hotel kamu.

hotel
Kutu kasur bisa bikin kulit kemerahan dan gatal. (foto: Pixabay/davidlee770924)

Jenis kutu ini memang lebih sering bersembunyi di sela-sela kasur yang lembap akibat tumpukan keringat atau debu. Begitu malam tiba, kutu kasur akan bergerak aktif dan mulai menggigit kulit kamu saat tidur hingga menjelang pagi.

Tak seperti digigit nyamuk, kamu sering kali tidak menyadari saat terkena gigitan kutu kasur. Pasalnya, gejala yang ditimbulkan dari gigitan si kutu kasur ini memang tidak langsung membuat kulit kamu meradang saat itu juga.

Seperti dilansir Healthline, kutu kasur akan mengeluarkan sedikit zat anastesi ke dalam tubuh kamu sebelum mengigit. Itulah kenapa kulit kamu baru akan bereaksi terhadap gigitan kutu kasur dan merasa gatal beberapa hari setelahnya.

sleeping
Tidurmu jadi tak nyenyak karena gigitan kutu kasur. (foto: pixabay/smengelsurd)

Meski gigitan nyamuk dan kutu kasur sama-sama bikin gatal, berikut gejala khas kulit terkena gigitan kutu kasur.

- Kulit kemerahan dan bengkak, biasanya di bagian wajah, leher, pundak, tangan, dan kaki. Adapun tanda gigitan nyamuk lebih sering muncul di tumit dan tangan.

- Peradangan kulit membentuk garis atau bentol-bentol yang berkelompok. Sedangkan tanda gigitan nyamuk umumnya berupa bentol kemerahan yang terpisah.

- Ada bercak darah kecil yang mengering di seprai kasur atau baju yang dipakai saat tidur.

Jika kamu mengalami gejala demikian, waspadalah akan reaksi alergi yang mungkin timbul. Beberapa orang dapat mengalami reaksi alergi yang berlebihan akibat gigitan kutu kasur. Kondisi itu disebut dengan shock anafilaktik. Gejalanya bisa berupa demam, sesak napas, kulit melepuh, rasa mual, lidah membengkak, higga detak jantung tak beraturan.

Meskipun demikian, kamu enggak perlu panik. Gigitan kutu kasur tidak akan menularkan penyakit berbahaya lainnya. Segera konsultasi ke dokter jika reaksi alergi yang muncul cenderung berlebihan dan mengganggu tidur kamu setiap malam.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH