Awas! 5 Jenis Benda Pembawa Radiasi yang Dekat dengan Kita Beberapa benda tanpa diduga menghasilkan radiasi. (Foto" Pixabay/StockSnap)

RADIASI adalah pancaran energi melalui suatu materi atau ruang dalam bentuk panas, partikel atau gelombang elektromagnetik / cahaya (foton) dari sumber radiasi. Tidak sedikit orang yang merasa tidak nyaman saat mendengar nama radiasi karena selalu dihubung-hubungkan dengan nuklir.

Namun tanpa disadari ternyata radiasi tidak semata-mata selalu disangkutpautkan dengan reaksi nuklir saja. Begitu banyak benda di sekitar kita yang ternyata mengandung radiasi. Perlu dicatat jika level dari radiasi sangat beragam dengan dampak yang berbeda pula. Berikut adalah beberapa benda yang berada sangat dekat yang mengandung radiasi, menurut Enviromental Protection Agency and Health.

BacaJuga:

Mencegah Paparan Radiasi Ponsel dengan Cara Sederhana Ini


Pesawat

pesawat pembawa radiasi
Kru pesawat secara rutin menyerap radiasi. (Foto: Unsplash/Arie Wubben)

Radiasi kosmik berasal dari luar angkasa dan menyumbang sekitar lima persen dari paparan radiasi background di Amerika Serikat menurut Health. Atmosfer bertugas menjaga kita dari jenis radiasi tersebut, maka sangat lumrah saat paparan akan menguat sewaktu melakukan penerbangan dan mendekati atmosfer.

Masyarakat awam merespon secara biasa atas radiasi yang berasal saat menumpang pesawat. Namun, Environmental Protection Agency berpendapat, kru pesawat secara rutin mampu menyerap radiasi sampai 200 mrem per tahun.

Produk Konsumer

produk konsumer pembawa radiasi
Gelombang radio yang dihasilkan telepon selular terasa hangat. (Foto; Unsplash/Andrew Mantarro)

Tanpa disadari, telepon seluler, jam tangan, televisi, komputer dan lainnya dapat memancarkan beberapa bentuk radiasi dengan level yang tergolong kecil tanpa berpengaruh pada kesehatan. Pancaran gelombang radio pada telepon seluler tidak sebesar sinar-X. Telepon selular menghasilkan gelombang radio akan terasa hangat. Namun gelombang ini berada pada frekuensi rendah tanpa merusak jaringan.

Televisi

televisi pembawa radiasi
Tabung sinar katoda menghasilkan radiasi sinar X. (Foto: Unsplash/Glenn Carstens-Peters)

Perangkat televisi dan monitor komputer terkandung tabung sinar katoda yang mampu menciptakan sinar-X tingkat rendah. Namun, televisi dan komputer layar datar tidak menghasilkan radiasi sinar-X karena sudah tidak lagi memakai tabung sinar katoda.

Baca Juga:

Apa Benar 'Earphone' Bluetooth Menyebabkan Kanker?

Rokok

rokok pembawa radiasi
Menghisap sejumlah kecil bahan radioaktif alami. (Foto: Pixel/pixabay)

Menurut Health, sekitar 20 persen orang Amerika kategori perokok berisiko yang lebih besar mengidap kanker paru-paru, penyakit jantung, dan stroke. Penyebab salah satunya adalah karena menghirup sejumlah kecil bahan radioaktif yang berasal dari sumber alami dan pupuk yang digunakan pada tanaman tembakau. Tar yang berasal dari asap tembakau memerangkap beberapa bahan radioaktif, seperti timah 210 dan polonium 210 di saluran paru-paru.

Tanah

tanah pembawa radiasi
Radioaktif berasal dari radiasi kosmik. (Foto: Unsplash/Austin D)

Partikel radioaktif atau radionuklida di dalam tanah berasal sisa dari kerak asli Bumi, yang bermula dari radiasi kosmik. Beberapa radionuklida akhirnya dilepaskan dari tanah sebagai gas yang kita hirup, sementara yang lain terbawa dalam air dan tanaman. Meskipun kadar radionuklida yang tinggi di tanah dapat mencemari makanan dan air. Namun Environmental Protection Agency dan beberapa lembaga lainnya menguji kadar radioaktivitas ini secara rutin. (lgi)

Baca Juga:

Kredit : leonard


Paksi Suryo Raharjo