Film

'Avatar 2' Salip 'Jurassic World' di Jajaran Film Terlaris Sepanjang Masa

Andrew FrancoisAndrew Francois - Senin, 09 Januari 2023
'Avatar 2' Salip 'Jurassic World' di Jajaran Film Terlaris Sepanjang Masa
Penghasilannya mencapai Rp 26,5 triliun. (Foto: Disney)

SEKUEL film blockbuster karya James Cameron Avatar: The Way of Water telah meraup keuntungan hingga USD 1,7 miliar (Rp 26,5 triliun) secara global, menyalip Jurassic World yang hanya mencapai USD 1,67 (Rp 26 triliun) sebagi film terlaris ketujuh dalam sejarah box office.

Seperti diungkapkan laman Variety, Sabtu (8/1), hanya dalam empat pekan perilisannya, Avatar: The Way of Water telah menghasilkan sekitar USD 517 juta (Rp 8 triliun) di Amerika Utara dan USD 1,19 miliar (Rp 18,5 triliun) di luar negeri. Sementara, di box office internasional, film itu kini menjadi tertinggi kelima setelah Avatar (2009), Avengers: Endgame, Titanic, dan Avengers: Infinity War.

Berdasarkan penjualan tiketnya di seluruh dunia, Avatar: The Way of Water juga berdiri sebagai film berpenghasilan kotor tertinggi yang dirilis pada 2022, serta film terbesar kedua di era pandemi, setelah Spider-Man: No Way Home (2021) yang mencapai USD 1,91 miliar (Rp 29,8 triliun).

Baca juga:

Efek CGI Avatar 2 Dikritik

Bangsa Na'vi bawa Avatar: The Way of Water ke peringkat enam film terlaris. (Foto: Disney)

Namun, bangsa Na'vi nampaknya cukup percaya diri untuk mengalahkan Peter Parker dan teman-temannya, dengan petualangan terbaru mereka yang mampu membawa Avatar: The Way of Water menduduki peringkat keenam sebagai rilis global terlaris sepanjang masa.

Pada tingkat ini, Avatar 2 memiliki peluang nyata untuk melampaui USD 2 miliar (Rp 31,2 triliun) di seluruh dunia, tolok ukur yang hampir mustahil di masa COVID-19. Bahkan Spider-Man: No Way Home, sebuah film dengan sensasi box office yang tak terkendali, tidak mampu meraih pencapaian tersebut.

Sepertinya, salah satu penyebab kegagalan film Spider-Man: No Way Home, adalah karena tidak ditayangkan di Tiongkok, yang merupakan pasar utama untuk film-film Marvel. Bagaimanapun, raihan itu sudah cukup impresif, baik dengan maupun tanpa pandemi.

Baca juga:

James Cameron Ungkap Alasan Rilis Ulang 'Avatar' di Bioskop

Avatar: The Way of Water berpotensi masuk lima film terlaris sepanjang masa. (Foto: Disney)

Lima film dalam sejarah yang mampu melampaui angka USD 2 miliar (Rp 31,2 triliun) adalah Avatar (USD 2,9 miliar), Avengers: Endgame (USD 2,79 miliar), Titanic (USD 2,2 miliar), Star Wars: The Force Awakens (USD 2,069 miliar), dan Avengers: Infinity War (USD 2,04 miliar).

Cameron menjadi sosok sutradara di balik dua dari kelima film dengan penghasilan tertinggi sepanjang masa tersebut. Film pertama adalah tentunya Avatar yang rilis pada 2009 dan Titanic film buatan 25 tahun silam.

Sekuel Avatar ini sudah begitu lama ditunggu sejak 2009, dan masih tetap menarik untuk disaksikan di bioskop, terbukti dengan penghasilannya yang begitu impresif saat ini. Kabar baik bagi Disney yang telah menghabiskan sekitar USD 450 juta (Rp 7 triliun) untuk membuat dan memasarkan Avatar: The Way of Water. (waf)

Baca juga:

Film 'Avatar' Kembali ke Bioskop dengan Versi 4K High Dynamic Range

#Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan