Mandi Air Hangat Menyembuhkan Pilek, Benarkah? Pilek disebabkan virus, alergi, dan iritasi (Foto: Pexels/Pixabay)

PILEK memang sangat mengganggu. Penyakit ini mengganggu saluran pernapasan bagian atas. Sehingga membuat hidung jadi tersumbat. Kamu pun jadi sulit bernapas. Tidur juga jadi enggak nyaman karena adanya gangguan lubang hidung yang tersumbat.

Penyebab pilek karena adanya sebuah virus. Tapi bisa juga disebabkan oleh iritasi, hingga alergi terhadap sesuatu. Semisal asap rokok dan debu. Biasanya pilek juga disertai dengan batuk, hingga sakit tenggorokan. Tubuh pun terasa lemas saat kamu mengidap pilek.

Ada mitos yang beredar untuk menyembuhkan pilek. Caranya dengan mandi dengan air hangat. Apakah cara ini benar-benar ampuh menyembuhkan pilek? Menurut laman Alodokter, mandi air hangat enggak menyembuhkan pilek. Tapi hanya sebatas meringankan gejala pilek.

Air hangat hanya meredakan pilek, bukan menyembuhkan (Foto: Pexels/Pixabay)

Air hangat dapat menghilangkan gejala hidung tersumbat. Karena uap pada air hangat dapat mencairkan lendir yang ada pada hidung. Sehingga lendir mudah dikeluarkan dari hidung. Selain itu, air hangat dapat membuat penderita pilek merasa nyaman. Sebab suhu air yang hangat membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Baca juga:

Benar Enggak Sih Kamu Bisa Masuk Angin? Ini Penjelasannya Secara Medis

Sup ayam membantu mengatasi pilek (Foto: Pexels/Cook Eat)

Saat tubuh rileks, maka kualitas tidur kamu pun akan bagus. Kamu bisa terlelap dengan mudah. Apalagi cairan lendir pada hidung sudah kamu keluarkan setelah mandi air hangat.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi pilek. Meskipun dalam dua minggu pilek bisa sembuh dengan sendirinya. Pertama, perbanyaklah istirahat dan tidur yang cukup. Sehingga tubuh pun menjadi bugar. Sehingga dapat melawan virus pilek.

Lalu, kamu juga bisa mengonsumsi sup ayam hangat untuk meredakan keluhan pilek. Ditambah, teh hangat dan campuran madu atau jahe bisa memberikan efek yang sama untuk meredakan pilek. Jauhkan juga hidung kamu dari paparan polusi, minyak wangi, dan debu.

Bagaimana sahabat Merah Putih, mudah kan untuk mengatasi pilek? (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo