Benar Enggak Sih Kamu Bisa Masuk Angin? Ini Penjelasannya Secara Medis Masuk angin bukan suatu penyakit (Foto: Pexels/Pixabay)

BISA karena musim hujan. Ditambah lagi jika kamu sering naik sepeda motor tapi memakai jaket yang tipis. Tiba-tiba badan kamu enggak terasa enak. Badan terasa pegal dan ngilu. Perut juga terasa kembung.

Karena memiliki keluhan-keluhan tadi. Kamu pun langsung memvonis diri kamu terkena masuk angin. Penyebabnya karena ada angin yang masuk atau cuaca dingin karena musim hujan. Tapi ini kata kamu bukan kata dokter ya.

Pertanyaannya sekarang apa benar kamu bisa masuk angin? Apa mungkin angin benar-benar bisa masuk ke dalam tubuh kamu, dan membuat kamu sakit. Mengutip Alodokter, sebenarnya enggak ada yang namanya penyakit masuk angin. Ini hanya istilah yang dipakai kebanyakan orang.

Penyebab 'masuk angin' pun bermacam-macam. Karena ada berbagai macam penyakit yang bisa menimbulkan keluhan-keluhan tadi. Keluhan-keluhan yang kamu rasakan muncul karena adanya penurunan sistem daya tahan kamu. Sehingga tubuh kamu jadi rentan terinfeksi virus maupun bakteri.

1. Wajar terjadi saat musim hujan

Kurangnya paparan sinar matahari pada musim hujan, membuat daya tahan tubuh kamu menurun (Foto: Pexels/Markus Spiske temporausch.com)

Musim hujan memang ada kaitannya dengan 'masuk angin'. Tapi bukan berarti cuaca yang dingin langsung menyebabkan kamu sakit. Penjelasannya seperti ini. Saat musim hujan kamu akan kurang terpapar sinar matahari. Sedangkan sinar matahari dapat memproduksi vitamin D, nutrisi yang berperan membentuk sistem daya tahan tubuh kamu.

Karena sistem daya tahan kamu menurun. Akhirnya kamu mudah terkena berbagai macam penyakit. Gejala-gejala yang bisa kamu rasakan meliputi menggigil, demam, batuk, pilek, sakit kepala, nyeri, hingga merasa lemas.

Baca juga:

Tubuh Berkeringat Enggak Boleh Mandi, Nanti Masuk Angin

2. Penyakit-penyakit yang sering disebut dengan istilah masuk angin

Masuk angin bisa jadi pertanda penyakit serius (Foto: Pixaba/Derneumann)

Ya, masuk angin bukan suatu penyakit. Melainkan sekumpulan gejala dari suatu kondisi medis. Adapun penyakit yang sering disebut masuk angin bisa jadi ialah infeksi saluran napas. Gejalanya bisa demam, pilek, dan batuk.

Selain itu, jika kamu merasa 'masuk angin'. Ada juga kemungkinan kamu mengalami gangguan pencernaan. Demam berdarah dan malaria juga bisa menjadi penyakit yang kamu kira ialah masuk angin. Lebih buruknya lagi ialah penyakit jantung, yang keluhannya bisa berupa nyeri ulu hati atau dada.

Jadi memang ada kemungkinan 'masuk angin' yang kamu rasakan ialah penyakit serius. Sehingga kalau sudah tiga hari tubuh kamu belum terasa sehat. Segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter.

3. Cara mengatasi dan mencegah 'masuk angin'

Perbanyak minum air putih saat 'masuk angin' (Foto: Pixabay/congerdesign)

Cara mengatasi 'masuk angin' cukup mudah. Kamu cukup mengonsumsi banyak air putih. Jika keluhan kamu ada pada saluran pernapasan. Minumlah air hangat yang dicampur madu atau jahe supaya tubuh kamu tetap hangat. Kamu juga bisa mengonsumsi obat seperti paracetamol, yang bisa menurunkan gejala demam dan menghilangkan nyeri.

Untuk mencegah masuk angin cukup kembali lagi ke gaya hidup yang sehat. Hindari merokok dan minuman beralkohol. Miliki waktu tidur malam yang cukup. Serta jangan lupa mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi agar sistem daya tahan tubuh kamu kuat.

Yuk sahabat Merah Putih, jaga tubuh kamu supaya tetap sehat! (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH