Atasi Pegal setelah Berolahraga dengan Buah Buah-buahan bisa membantu meredakan pegal setelah berolahraga. (foto: pixabay/hevoli)

KAMU mungkin termasuk orang yang jarang berolahraga atau baru saja memutuskan untuk kembali ke gym setelah lama tak berolahraga. Biasanya, setelah sesi pertama olahraga, kamu mungkin saja merasakan pegal di seluruh tubuh.

Jangan berhenti. Rasa pegal yang timbul pertanda otot dan tubuhmu bekerja selama sesi olahraga. Sebagai penawar rasa pegal, kamu bisa mengatur asupan makanan setelah berolahraga.

BACA JUGA: Makanan-Makanan Ini Punya Asal-Usulnya


Fitness.com menyarankan kamu untuk tidak makan sembarangan setelah berolahraga. Buah dan sayur ialah pilihan terbaik. Alasannya, buah dan sayur punya gula sederhana yang mudah dicerna sehingga tidak membebani sistem pencernaan. Selain itu, beberapa jenis buah punya efek antiinflamasi untuk meredakan rasa pegal. Berikut jenis buah yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga.


1. Pisang

banana
Kalorinya rendah sehingga baik buat diet. (foto: pixabay/joseph monter)

Pisang merupakan buah yang paling terkenal baik dimakan setelah olahraga. Setelah berolahraga, tubuh butuh karbohidrat untuk energi. Buah ini terkenal sebagai sumber karbohidrat yang paling baik. Kalorinya rendah sehingga membuat kamu kenyang tanpa menambah berat badan. Dengan begitu, sesi aerobikmu tidak akan sia-sia.

2. Berry

berrys
Polifenolnya melindungi sel tubuh dari kerusakan. (foto: pixabay/coleur)

Segala jenis buah berry mulai dari blueberry, stroberi, hingga blackberry mengandung polifenol yang baik untuk sel tubuh. Polifenol melindungi sel tubuh dari kerusakan. Zat itu juga membantu mengurangi nyeri otot akibat olahraga yang hebat.

Menurut ahli gizi kebugaran, makin gelap buah beri, seperti blueberry atau blackberry, makin banyak pula kandugan antioksidan di dalamnya.

3. Cherry

cherry
Punya sifat antiinflamasi. (foto: pixabay/wolfblur)

Tak jarang setelah olahraga, sekujur tubuh terasa sakit. Buah cherry bisa membantumu memulihkannya. Buah merah kecil ini memperbaiki jaringan otot yang aus selama berolahraga.

Selain itu, cherry juga memainkan peran penting dalam mengurangi nyeri otot karena punya sifat antiinflamasi.

4. Apel

apple
Memenuhi 14% asupan vitamin C harian. (foto: pixabay/publicdomainpictures)

Jumlah kalori yang rendah dan gizi yang sangat tinggi menjadi alasan apel merupakan buah yang paling bagus dimakan setelah berolahraga.

Sebuah apel berukuran sedang menyumbang 25 gram karbohidrat. Selain itu, apel ukuran standar juga mengandung sekitar 14% asupan vitamin C harian.

Pastikan saja kamu memilih apel organik agar terhindar dari bahaya pestisida.

5. Nanas

pineapple
Bromelain mempercepat pemulihan otot. (foto: pixabay/erbs55)

Kandungan bromelain yang tinggi pada nanas mempercepat pemulihan otot dan sel yang terkuras karena olahraga. Selain itu, secangkir potongan nanas mengandung sekitar 22 gram karbohidrat yang semuanya merupakan gula sederhana sehingga tubuh akan kembali berenergi setelah olaharaga. Kandungan nanas juga tinggi, mencapai 86% sehingga menghindarkan kamu dari dehidrasi.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH