bank sampah
Atasi Membludaknya Sampah, Nadine Alexandra dan Otsuka Giatkan Bank Sampah Nadine Alexandra gaungkan kebiasaan membuang sampah dengan benar (Foto: Istimewa)

DUNIA sedang tidak baik-baik saja. Pencemaran lingkungan menjadi faktornya. Dengan meningkatnya populasi manusia dan mobilitas tinggi, sampah menjadi hal yang tidak terelakkan. Apalagi di masa pandemi, gerakan mengurangi sampah plastik cenderung dikesampingkan. Masyarakat ketakutan bahwa virus dapat bertahan di benda-benda tertentu selama beberapa waktu.

Kecenderungan menggunakan benda sekali pakai juga meningkat drastis, terutama yang terbuat dari plastik. Data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi merilis bahwa produksi sampah di Kota Sukabumi sendiri mengalami peningkatan selama masa pandemi dan PPKM Level 4. Pada saat ini terjadi peningkatan 1,4 ton perhari dibandingkan sebelumnya (Agustus, 2021).

Namun pemerintah lokal tetap bekerja dengan sebaik-baiknya untuk menanggulangi permasalahan ini salah satunya dari Gerakan Sukabumi Bestari, dan bekerja sama dengan sektor privat yang berada di Sukabumi, seperti Otsuka, agar penanganan sampah dapat lebih efektif lagi.

Baca juga:

Uniknya Gaun Pernikahan Jessica Iskandar

Perusahaan minuman dan makanan, PT Amerta Indah Otsuka atau Otsuka sebagai entitas bagian dari masyarakat Sukabumi berkomitmen untuk sepenuhnya membantu lingkungan dan program pemerintah lokal dalam menanggulangi sampah. Menyadari bahwa saat ini dunia sedang berada di masa kritis, Otsuka dan pemerintah setempat menjalankan program yang berkaitan dengan peduli lingkungan. Salah satunya meluncurkan Otsuka Ecovillage.

Di Otsuka Ecovillage sampah organik akan dikelola dengan teknik lubang biopori sehingga menjadi kompos yang dipakai untuk tanah sekitar. Otsuka telah melakukan sesi pelatihan biopori untuk masyarakat sejak tahun lalu. Untuk sampah non-organik akan dilakukan pemilahan sampah berdasarkan kategori di bank sampah Otsuka Ecovillage agar kemudian dapat didaur ulang.

“Otsuka menyadari bahwa masih banyak yang bisa dilakukan untuk keberlangsungan lingkungan hidup. Otsuka ingin menjadi bagian dari solusi dengan meluncurkan Otsuka Ecovillage yang bukan hanya menfasilitasi pengelolaan sampah, tapi dapat menjadi pusat edukasi untuk masyarakat sekitar bagaimana membina dan membentuk kebiasaan baik dalam memilah dan mengelola sampah dengan mandiri. Otsuka bekerjasama dengan pemerintah lokal berharap bahwa Otsuka Ecovillage akan berkesinambungan untuk memberi kontribusi signifikan kepada lingkungan sekitar seiring waktu,” ujar Roy Sparringa, Presiden Komisaris PT Amerta Indah Otsuka.

BANK SAMPAH
Pembukaan bank sampah, Otsuka Ecovillage (Foto: Istimewa)

“Pemerintah lokal menghargai inisiatif Otsuka melalui Otsuka Ecovillage ini dan berusaha berkontribusi nyata terhadap penanggulangan sampah di Sukabumi khususnya kecamatan Cicurug. Dengan banyaknya kolaborasi seperti ini kami percaya lama-kelamaan kebiasaan baik akan terbentuk dan sampah yang berakhir di pembuangan sampah akan berkurang dengan signifikan” demikian sambutan H.Tana Indra Permana, S.Kep, NERS., MM, Kepala Dinas LH Kabupaten Sukabumi.

“Kecamatan Cicurug dan Otsuka selalu memiliki hubungan yang baik selama ini. Otsuka Ecovillage adalah salah satu program yang kami harapkan menjadi bagian dari solusi sampah di area ini. Masyarakat yang bebas sampah pastinya lebih aman, nyaman, dan bersih sehingga menghindarkan dari penularan penyakit yang ringan atau berbahaya. Kami sama-sama saling mendukung dan saling mengingatkan agar masyarakat bisa terus melihat manfaat hadirnya Otsuka Ecovillage di lingkungan ini” tutur Camat Cicurug, Wawan Gowdawan.

Baca juga:

Body Butter dengan Bahan Alami untuk Menjaga Kelembapan Kulit

Nadine Alexandra
Nadine Alexandra, Roy Sparringa, H. Tana Indra Permana (Foto: Istimewa)

Nadine Alexandra, Pemerhati lingkungan yang juga Puteri Indonesia 2010, turut menyatakan dukungannya terhadap program Otsuka Ecovillage ini, Dirinya cukup aktif menyuarakan pelestarian lingkungan dan mengajak masyarakat untuk memperbaiki kebiasaan membuang sampah karena berpikir Isu sampah sudah menjadi isu yang memprihatikan sejak lama. "Satu orang merubah kebiasaan saja akan sangat berarti bayangkan kalau satu perusahaan seperti yang dilakukan oleh Otsuka dengan Otsuka Ecovillage," ucapnya.

"Saya sangat mengapresiasi usaha-usaha perusahaan besar seperti Otsuka ini dalam menfasilitasi dan mengedukasi masyarakat untuk memiliki kebiasaan baik dalam pengelolaan sampah. Bank sampah merupakan langkah yang sangat tepat namun tetap harus diikuti dengan pembinaan,” tukasnya. (Avia)

Baca juga:

Persahabatan Aing Tak akan Hancur karena Pria Sepertimu

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Festival Film Indonesia Berupaya Bangun Ekosistem Film
ShowBiz
Festival Film Indonesia Berupaya Bangun Ekosistem Film

Festival Film Indonesia 2021 diikuti 54 Juri Nominasi.

Demi Selamatkan Planet, Robert Downey Jr. Rilis Perusahaan Investasi
ShowBiz
Demi Selamatkan Planet, Robert Downey Jr. Rilis Perusahaan Investasi

Misinya berinvestasi sekaligus mengatasi masalah lingkungan.

Gegayaan Malu-Malu Anak Magang
Fashion
Gegayaan Malu-Malu Anak Magang

Anak magang biasanya malu-malu saat di kantor.

Menilik Fitur Keren di 'God of War' Versi PC
Fun
Menilik Fitur Keren di 'God of War' Versi PC

God of War merupakan salah satu game terbaik dari PlayStation.

Belajar Mengatur Waktu Saat Ngilmu di Negeri Aing Belum Tatap Muka
Hiburan & Gaya Hidup
Belajar Mengatur Waktu Saat Ngilmu di Negeri Aing Belum Tatap Muka

Mungkin bila pelajar dan mahasiswa ditambah tugas, dan orang kantoran ditambah kerja.

8 Motivasi Kunci Seseorang Berselingkuh
Fun
8 Motivasi Kunci Seseorang Berselingkuh

Hanya setengah dari para pelaku selingkuh yang melaporkan melakukan hubungan seksual.

Teman Dekat Oprah Winfrey cuma 3
ShowBiz
Teman Dekat Oprah Winfrey cuma 3

Ada 'hubungan spiritual' di antara mereka sejak pertama bertemu.

Mengenal Fakta-Fakta Menarik Tentang Film Black Widow yang Jarang Diketahui
ShowBiz
Mengenal Fakta-Fakta Menarik Tentang Film Black Widow yang Jarang Diketahui

Ada beberapa fakta menarik dibalik film Black Widow

Christina Applegate Ungkap Menderita Multiple Sclerosis
ShowBiz
Christina Applegate Ungkap Menderita Multiple Sclerosis

Multiple sclerosis merupakan penyakit yang memengaruhi sistem saraf pusat dan dianggap sebagai penyakit autoimun

Pangeran William Kritik Wisata Angkasa Luar para Miliarder
ShowBiz
Pangeran William Kritik Wisata Angkasa Luar para Miliarder

Masalah sebenarnya ialah menyelamatkan Bumi.