Teknologi

Asyik, iPhone Bisa Jadi Webcam untuk Perangkat Mac

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Kamis, 09 Juni 2022
Asyik, iPhone Bisa Jadi Webcam untuk Perangkat Mac
Apple meluncurkan macOS Ventura pada acara WWDC 2022. (Foto: Apple)

PADA acara Worldwide Developer Conference (WWDC) yang ditayangkan secara streaming di YouTube Apple pada Senin (6/6), Apple mengumumkan pembaruan macOS Ventura. Salah satu fitur baru yang ada pada OS tersebut yaitu memungkinkan pemilik perangkat Mac, meliputi MacBook dan iMac bisa menggunakan iPhone mereka sebagai webcam berkualitas tinggi.

Fitur baru yang dijuluki Continuity Camera ini akan aktif secara otomatis saat iPhone berada di dekat perangkat Mac. IPhone bahkan tidak harus aktif dan terhubung ke Mac secara nirkabel. Beberapa fitur keren juga bisa digunakan saat iPhone dijadikan webcam external pada perangkat Mac.

Baca Juga:

Memori iPhone Penuh? Ini Cara Mudah Mengatasinya

Misalnya, kamu dapat menggunakan Center Stage, fitur yang membuat pengguna tetap berada di tengah bingkai bahkan saat sedang bergerak sekalipun. Kamu juga dapat menggunakan fitur mode Potret untuk membuat bokeh, atau depth of field yang dangkal di sekitar kamu, sehingga latar belakang menjadi kabur.

MacOS Ventura dapat menjadikan iPhone sebagai Webcam pada perangkat Mac. (Foto: Apple)

Ada juga fitur Studio Light yang dapat menerangi wajah seseorang dan meredupkan latar belakang. Fitur ini sangat berguna saat penggunanya sedang berada di ruangan dengan pencahayaan yang buruk.

Lalu fitur baru yang cukup menarik perhatian yaitu Desk View. Fitur ini menggunakan kamera ultrawide iPhone untuk secara bersamaan menunjukkan wajah pengguna dan bidikan di atas meja mereka.

Apple mengatakan bahwa fitur ini sempurna untuk membuat video DIY atau memamerkan sketsa. Fitur ini juga bagus untuk membuat video unboxing karena kamu bisa menunjukkan bidikan dari atas kepala, meskipun tidak memiliki kamera terpisah yang dipasang di atas kepala.

Baca Juga:

iPhone Dapat 37 Emoji Baru di iOS 15.4

Namun Sebenarnya konsep menggunakan ponsel cerdas sebagai webcam bukanlah hal baru. Sebelumnya sudah ada aplikasi populer seperti DroidCam, Reincubate Camo, dan EpocCam yang bisa menjadikan ponsel pintar sebagai webcam.

Tampilan saat menggunakan fitur Desk View. (Foto: Apple)

Implementasi Apple dalam memanfaatkan perangkat lunak dan perangkat keras mereka ini, lebih kepada untuk memberikan solusi untuk mereka yang sudah berada di ekosistem Apple. Selain fitur Continuity Camera, Apple juga telah mengumumkan sejumlah pembaruan besar lainnya untuk masing-masing sistem operasi utamanya di samping MacBook Air baru dengan chip M2.

Perusahaan tersebut juga akhirnya memberikan perhatian lebih kepada industri game dengan menggembar-gemborkan Metal 3 API-nya yang memiliki teknologi upscaling mirip dengan DLSS milik Nvidia dan FidelityFX Supersampling (FSR) milik AMD. (ref)

Baca Juga:

iOS 15.2 Rilis, Bisa Tahu Komponen iPhone Asli atau Palsu

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan