Astaga! Sebuah Pulau Diselimuti Jutaan Cangkang Kerang, Fenomena Apa Ini? Heboh, fenomena pulau yang diselimuti jutaan cangkang kerang (Foto: odditycentral)

BELUM lama ini tengah heboh soal pulau yang dipenuhi cangkang kerang. Hal yang dimaksud 'dipenuhi' bukan hanya dibibir pantainya saja. namun hampir seluruh permukaan pulau.

Pulau tersebut disinyalir berada di sebelah timur Anegada, pulau terbesar kedua di Kepulauan Virgin Britania Raya di Karibia.

Sontak saja pulau tersebut langsung menjadi viral dan menarik perhatian jutaan wisatawan lokal maupun internasional.

1. Penyebab Utama Cangkang Kerang yang Menyelimuti Pulau

Ternyata gundukan jutaan kerang itu ulah tangan manusia (Foto: instagram @laquintaliving)

Jutaan cangkang kerang yang menyelimuti sebuah pulau, memang satu hal yang cukup aneh. Hal itu rupanya bukan terjadi karena fenomena alam.

Seperti yang dilansir dari laman odditycentral. penyebabnya ialah cangkang keong yang sengaja dibuang oleh nelayan ditempat itu selama ribuan tahun.

Dahulu, para nelayan lokal menyelam di perairan dangkal di sisi Anegada itu, untuk mencari kerang laut yang bergerak lambat, dan bisa dikonsumsi. Saat itu juga , banyak dari nelayan yang melemparkan kerang besar ditempat yang sama, hingga terlahirlah gunung kerang.

Karena keunikannya, gundukan kerang di Pulau Conch yang dijuluki sebagai pulau kerang itu, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Betapa tidak, di pulau tersebut kamu bisa menyaksikan gunungan cangkang kerang ditengah laut biru yang sangat memesona.

2. Kerang Merupakan Makanan Pokok di Karibia

Kerang rupanya salah satu makanan pokok di Karibia (Foto: instagram @a_vanderful_life_at_sea)

Kerang merupakan salah satu makanan pokok di karibia. Selain dikonsumsi dagingnya, cangkang kerang pun banyak dimanfaatkan untuk dijual sebagai cinderamata ataupun perhiasan.

Hal itu pun sontak menuai pertanyaan. Karena dengan keberadaan pulau kerang itu, para penjual tetap membeli cangkang kerang dari nelayan. Padahal, di dekat wilayah tersebut, cangkang kerang melimpah di pulau kerang

Namun menurut beberapa orang warganet. Cangkang kerang di pulau itu tak secantik yang terlihat pada foto. Seorang warganet menilai banyak cangkang kerang yang cacat.

"Cangkang kerang itu tak sebagus seperti kelihatannya, kebanyakan dari mereka cacat, karena untuk mengeluarkan daging kerang, nelayan biasanya merusak cangkang kerang, dan mungkin kesulitan menjualnya" ucap Reddit Viking Mart, seorang warganet.

3. Para Ilmuwan Menduga Pulau Kerang Telah ada Ribuan Tahun Lalu

Sejumlah ilmuwan mengekstraksi bebeerapa cangkang dari dasar pulau conch atau pulau kerang itu, dan menggunakan penanggalan radiokarbon.

Setelah diselidiki, para ilmuwan bisa menentukan jika kerang-kerang itu berasal dari ribuan tahun yang lalu, sekitar 80 Masehi.

"Tempat pemakaman kerang ini, mendukung fakta bahwa penduduk asli Arawak hidup di Anegada ribuan tahun yang lalu" ucap para Ahli.

Nelayan modern juga telah memberikan kontribusi besar terhadap pulau kerang selama 200 tahun terakhir ini.

Tapi, disamping membuat pulau tersebut lebih menarik dan menjadi objek wisata populer. Para nelayan juga menyebabkan kerang laut dalam daftar spesies yang terancam punah. Mereka terlalu berlebihan sehingga keberadaan mereka terancam diseluruh Karibia. (Ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Viral! Pantai Misterus Ini Dipenuhi Butiran Kaca Warna-Warni, Indah Sih, Tapi....

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH