Teknologi

Apple akan Gunakan USB-C di iPhone 15

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Rabu, 23 November 2022
Apple akan Gunakan USB-C di iPhone 15
Kabar penggunaan USB-C ini disampaikan oleh pembocor informasi ternama. (Foto: Unsplash/Andreas Haslinger)

MESKIPUN kita belum mengetahui seperti apa bentuk iPhone generasi selanjutnya, satu hal yang pasti bahwa ponsel itu akan hadir dengan port USB tipe C. Sekarang, ada kabar terbaru yang mengatakan bahwa Apple mungkin akan menawarkan dua jenis port USB tipe C yang berbeda pada iPhone-nya nanti.

Mengutip XDA-Developers, Kamis (17/11), salah satu tipe port USB-C akan hadir di iPhone model standar dan model Plus, dan satu tipe lainnya akan digunakan dalam varian Pro.

Baca juga:

iOS 16.1 Tambahkan Persentase Baterai ke 4 Model iPhone

Apple akan Gunakan USB-C di iPhone 15
Ada dua tipe USB-C yang akan digunakan di iPhone terbaru. (Foto: Pixabay/iorange)

Menurut analis Ming-Chi Kuo yang dikenal dalam memberikan bocoran informasi terbaru, Apple pasti akan menyingkirkan konektor Lightning pada iPhone 15-nya, dan akhirnya beralih ke USB-C. Yang menarik adalah Kuo melaporkan bahwa Apple akan menggunakan dua port USB-C berbeda di iPhone yang akan hadir tahun depan.

iPhone 15 dan iPhone 15 Plus dilaporkan akan memiliki port USB-C standar, dengan kecepatan transfer kabel yang setara dengan konektor Lightning saat ini. Sementara iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan memiliki kecepatan transfer yang jauh lebih baik. Seperti dilansir XDA-Developers Kuo menyatakan bahwa ponsel akan mendukung setidaknya kecepatan seperti USB 3.2 atau Thunderbolt 3.

Baca juga:

Pengguna iPhone dan Android harus Waspadai Aplikasi Pencuri Data

Apple akan Gunakan USB-C di iPhone 15
Port Lighting telah dikeluhkan pengguna akibat kecepatan trasfernya. (Foto: Unsplash/Mika Baumeister)

Ini berita yang cukup banyak diperbincangkan, mengingat pengguna iphone sudah cukup lama mengeluhkan kecepatan transfer yang terdapat di iPhone. Konektor Lightning dari Apple awalnya memulai debutnya pada 2012, menggantikan konektor dock 30-pin yang dipopulerkan oleh perangkat pemutar musik dari Apple, yakni iPod.

Konektor Lightning yang memiliki bentuk compact dan yang terbaik, dapat dimasukkan ke port pengisian daya di kedua arah. Ini adalah masalah yang cukup besar pada saat itu, mengingat ponsel lain menggunakan microUSB, dan USB-C baru muncul di berbagai ponsel pada 2015.

Meski telah satu dekade setelah peluncuran konektor Lightning, dan sebagian besar produk dipasaran beralih untuk menggunakan USB-C, Apple masih berhasil menggunakan konektor Lightning, meskipun memiliki kekurangan.

Entah apakah Apple dipaksa untuk menggunakan USB-C atau melakukannya dengan sendirinya, namun iPhone 15 yang akan menggunakan USB-C akan menjadi sesuatu besar, dan akan datang pada tahun 2023. (kna)

Baca juga:

iPhone 15 Pro Dikabarkan akan Hadirkan Tombol Volume Solid-State

#IPhone #Smartphone #Teknologi #Apple
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan