Teknologi

iPhone 15 Pro Dikabarkan akan Hadirkan Tombol Volume Solid-State

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 31 Oktober 2022
iPhone 15 Pro Dikabarkan akan Hadirkan Tombol Volume Solid-State
Ilustrasi iPhone 15. (Foto: Apple)

SETELAH jajaran iPhone 14 diperkenalkan dan sudah bisa kamu beli, rumor tentang iPhone 15 mulai bermunculan di web. Analis Apple yang prediksinya sering akurat, Kuo Ming-chi menyebut iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan menghadirkan tombol daya dan volume solid-state.

Tombol solid-state sebenarnya bukan teknologi baru karena sudah digunakan menjadi tombol Home di iPhone 7, iPhone 8, iPhone SE 2, dan iPhone SE 3. Seperti dikabarkan Mashable, solid-state memiliki arti tidak ada bagian yang bergerak dari tombol-tombol tersebut. Dalam sebuah Tweet, Kuo menjelaskan Apple akan menambahkan Taptic Engine di sisi kiri dan kanan dari dua model iPhone 15 kelas atas untuk memberikan umpan balik agar pengguna merasa seperti menekan tombol fisik.

Apple juga menggunakan metode serupa untuk trackpad di Mac. Trackpad tidak bergerak secara fisik saat ditekan dan hanya meniru sensasi ditekan berkat getaran kecil. Kuo mengatakan desain tombol itu hanya tersedia untuk iPhone high-end keluaran 2023.

Baca juga:

Jelang Perilisan, Samsung Sindir iPhone 14

Rumor iPhone 15 Pro akan Hadirkan Tombol Volume Solid-State
Varian warna terbaru iPhone 14 Pro. (Foto: Apple)

Saat ini, iPhone memiliki satu Taptic Engine yang memberikan umpan balik ketika mengetuk layar. Namun, sayangnya belum ada kabar apakah tombol-tombol tersebut akan berbeda dari saat ini atau tidak. Kuo juga mengatakan bahwa ponsel Android kelas atas nantinya akan mengikuti desain Apple dan mengadopsi tombol solid-state.

Selain tombol solid-state, Kuo menyampaikan bahwa peralihan ke USB-C dan tombol baru merupakan dua pembaruan utama untuk iPhone 15. Sesuai laporan sebelumnya, Apple telah mematuhi Undang-Undang UE yang mewajibkan produsen ponsel menggunakan port USB-C. Hal ini berpotensi bahwa iPhone 15 akan membuang port lightning demi koneksi terbaru.

Baca juga:

Apple Hilangkan Notch di iPhone 14

Rumor iPhone 15 Pro akan Hadirkan Tombol Volume Solid-State
iPhone 15 akan memberikan beberapa pembaruan. (Foto: Apple)

Rumor yang tidak kalah menarik adalah soal iPhone 15 model Pro akan mendapatkan chip baru A17 Bionic, kamera telefoto yang diperbarui, hingga memori RAM hingga 8GB.

Di sisi lain, harga berlangganan untuk sejumlah layanan milik Apple, seperti Apple Music, Apple TV+, dan bundle Apple One, dipastikan akan mengalami peningkatan. Peningkatkan harga ini dilakukan karena meningkatkanya lisensi konten.

Pre-order iPhone 14 Series juga sudah dibuka sejak 28 Oktober 2022 dan akan tersedia di pasar Indonesia mulai 4 November 2022. (and)

Baca juga:

Mengintip 'Bocoran' Fitur iPhone 14

#Teknologi #IPhone
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan