Kesehatan Mental

Apa pun Masalahnya, Jangan Benci Diri Sendiri

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Sabtu, 04 Februari 2023
Apa pun Masalahnya, Jangan Benci Diri Sendiri
Belajar menyayangi diri sendiri. (Foto: Unsplash/Giulia Bertelli)

KETIKA terjebak dalam masalah, beberapa orang seringkali menyalahkan dirinya sendiri yang tentu berbahaya bagi psikis mereka. Membenci diri sendiri atau self-hatred bisa disebabkan banyak hal. Seperti sifat perfeksionis, tidak percaya diri, atau self-esteem yang rendah.

Orang yang memiliki sifat membenci diri sendiri, mungkin pernah mengalami peristiwa traumatis, seperti pelecehan fisik, seksual, atau emosional. Jika berlarut-larut dan sulit diubah menjadi pikiran yang positif, rasa membenci diri sendiri bisa berbahaya dan menjadi toxic.

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa seseorang memiliki perasaaan benci terhadap diri sendiri. Seperti terlalu fokus pada hal yang negatif atau pesimistis. Sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain, sulit menerima pujian dari orang lain, selalu merasa seperti orang asing, hingga rasa cemburu terhadap orang lain.

Baca juga:

Cintai Diri Sendiri, Lakukanlah 5 Hal Ini

Ingat, Jangan Membenci Diri Sendiri
Salah satu faktornya ialah memiliki jiwa perfeksionis. (Foto: Unsplash/Vinicius Wiesehofer)

Bahwa membenci diri sendiri yang berlebihan bisa membuat seseorang sulit berkembang. Hal itu disebabkan emosi negatif yang terus terpendam. Bisa jadi seseorang juga mungkin sulit menjalin hubungan dengan orang lain, baik itu teman, pasangan, atau rekan kerja.

Supaya terhindar dari bahaya membenci diri sendiri, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Hal pertama yang kamu harus lawan ialah pola pikir negatif. Rasa benci pada diri sendiri akan terus muncul ketika kamu selalu menggunakan pola pikir negatif. Saat pikiran-pikiran negatif muncul, cobalah untuk tidak mengikutinya karena hal tersebut belum tentu benar.

Baca juga:

Cintai Dulu Diri Sendiri, Baru Orang Lain

Ingat, Jangan Membenci Diri Sendiri
Bergaul dengan orang-orang disekitarmu. (Foto: Unsplash/Duy Pham)

Daripada terus menyalahkan diri sendiri. Cobalah untuk berpikir dan mencari solusi agar penyebab munculnya perasaan tersebut bisa teratasi.

Setiap kamu melakukan kesalahan atau sedang dalam masalah. Pahami bahwa kesalahan yang terjadi bukan tanda bahwa kamu gagal. Setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasukkamu. Perasaan benci diri sendiri yang dibiarkan bisa membuatmu sulit utuk berkembang.

Daripada mengandalkan orang yang tidak bisa menumbuhkan hal positif di hidupmu. Cobalah untuk mencari lingkungan dan bergaul dengan orang-orang yang bisa menghargai satu sama lain.

Berhubungan dengan orang-orang positif akan membantu kamu untuk merasa lebih baik. Kemudian rasa membenci diri sendiri lambat laun bisa menghilang. (and)

Baca juga:

Ini Dia 4 Kampanye 'Body Positivity' untuk Semakin Mencintai Diri Sendiri

#Februari Main Hati #Kesehatan Mental
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan