Kesehatan Mental

Cintai Diri Sendiri, Lakukanlah 5 Hal Ini

Dwi AstariniDwi Astarini - Sabtu, 18 April 2020
Cintai Diri Sendiri, Lakukanlah 5 Hal Ini
Mencintai diri amatlah penting untuk kehidupan sosialmu. (foto: pexels/Hassan Quajbir)

KEBIASAAN selalu fokus pada kekurangan diri bisa membuatmu tak mencintai diri. Hal itu bisa menyusahkan dirimu dan merugikan bila sampai berlarut-larut. Banyak orang yang merasa kurang karena banyaknya gambar atau foto-foto 'sempurna' yang ada di media sosial.

Mencintai diri sendiri bisa dikatakan sebagai langkah pertama untuk menjalani kehidupan positif dan bisa membuat orang lain di sekitar nyaman berteman denganmu. Cintailah diri sendiri terlebih dahulu sebelum mencintai orang lain. Demikian kata pepatah. Mencintai dan mensyukuri apa yang ada di dirimu menjadi awal baik untuk mencintai orang lain.

BACA JUGA: Bahagia, Kunci Jitu Jauhi Flu

Memang mencintai diri sendiri bukanlah tugas mudah, terutama ketika media sosial dipenuhi orang yang memamerkan kehidupan yang mungkin saja bisa membuat orang lain merasa iri. Meskipun demikian, kamu tetap harus berusaha untuk jadi orang yang mencintai diri sendiri. Berikut 5 cara untuk lebih mencintai diri sendiri, seperti dilansir Positivelypresent.com.


1. Stop membandingkan

love
Bersyukur jadi kuncinya. (foto: pexels/burst)

Jangan terlalu banyak membandingkan dirimu dengan orang lain. Selain membuat kamu tertekan, jika dilakukan terus-menerus, hal itu ini bisa membuatmu tidak bisa mensyukuri apa yang ada dalam dirimu. Fokuslah kepada dirimu dan apa yang kamu miliki sehingga kamu bisa hidup lebih bahagia. Cara ini akan menghindarkan kamu dari rasa iri dan dengki terhadap orang lain disekitarmu. Bersyukur ialah kunci.

2. Lihat diri dari sudut pandang berbeda

self-love
Lihat kelebihan diri. (foto: pexels/engin_akyurt)


Jika kamu melihat dirimu dari pandangan yang sama, kamu tetap akan merasa ada yang kurang dan perlu diperbaiki. Cobalah untuk melihat dari sisi lain dirimu yang memungkinkan kamu untuk melihat kelebihan diri agar tidak terus-menerus merasa kurang dan tidak baik. Bila kamu tidak bisa olahraga, cobalah lihat dari sisi lain, semisal mungkin kamu hebat dalam bermain musik atau bernyanyi. Ketika kamu menyadari itu, hidup akan terasa lebih mudah.

3. Fokus pada pencapaian

self-love
Targetkan sesuatu dalam hidupmu. (foto: pexels/hasan_albari)


Targetkan sesuatu dalam hidup. Kecil atau besar tak masalah asal kamu termotivasi untuk mencapainya. Mulailah dari hal kecil sederhana seperti mulai makan sehat tiga kali seminggu atau olahraga rutin seminggu beberapa kali. Ketika berhasil mencapainya, kamu jadi merasa lebih senang dan tidak melulu merasa dirimu gagal dan tidak dapat menyelesaikan sesuatu. Imbangi dengan motivasi dan keinginan agar pencapaianmu bisa segera terealisasikan.

BACA JUGA: Kreatif, 5 Zodiak Ini Sering Mendatangkan Ide-Ide Brilian

4. Buat daftfar tentang dirimu

self-love
Catat pencapaianmu. (foto: pexels/suzy hazelwood)


Jika kamu terus merasa kurang dan gagal, cobalah cara ini. Buat daftar yang berisikan pencapaian yang mungkin kamu berhasil kerjakan atau hal-hal yang membuat orang lain terpukau. Bukan narsisistik, melainkan ini menjadi salah satu cara mudah untukmu merasa bersyukur karena berhasil menyelesaikan beberapa hal dengan sangat baik. Kamu bisa menambahkan beberapa daftar keinginan agar kamu termotivasi untuk menyelesaikannya dan memenuhi daftar yang belum tercapai.

5. Berkacalah

self-love
Berkaca dan katakan pada dirimu sendiri bahwa kamu berharga. (Foto: pexels_Andrea Piacquadio)


Pikirkan hal baik mengenai dirimu, seperti kamu memiliki mata yang indah atau hidung yang selalu dipuji orang lain, atau senyummu yang menawan. Itu merupakan hal mudah dilakukan untuk bersyukur. Fokuslah pada banyak pujian orang lain dan tidak terlalu menghiraukan komentar negatif dari orang lain. Kamu bisa juga membayangkan di depan kaca akan jadi seperti apa kamu di 5 tahun yang akan datang. Buatlah komitmen kepada dirimu sendiri di depan kaca dengan serius dan jalani harimu dengan penuh rasa bersyukur.

Dalam hidup ini tentu ada kompetisi antar tiap individu, tapi jangan sampai kompetisi itu membuat dirimu kehilangan arah dan jadi tidak bersyukur atas apa yang kamu miliki. Jangan lupa bersyukur atas apa yang sudah kamu dapati dan jangan sampai kamu menyia-siakan hidup dan waktu untuk tidak menikmati hidup dan menjalaninya seperti biasa.(lio)

BACA JUGA: Fakta yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui Tentang Anjing

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan