Apakah Durasi Normal Seks Harus Mencapai Setengah Jam? Durasi seks yang normal tergantung individu masing-masing (Foto: Pixabay/Free-Photos)

BERBICARA mengenai durasi seks. Selalu menjadi masalah setiap pasangan. Terutama bagi pria. Banyak pasangan yang merasa durasi seks mereka sebentar. Bahkan ada yang baru mencapai 30 detik tapi si pria sudah mencapai ejakulasi.

Apakah hal ini normal?

Melansir Health, sebuah survei dilakukan untuk membuktikan berapa durasi seks yang normal. Survei tersebut dilakukan oleh perusahaan kondom SKYN Condom terhadap 2.000 orang dewasa. Menurut hasil survei itu, rata-rata durasi seks setiap orang mencapai 28 menit. Ini berarti enggak sampai setengah jam juga.

Pasti kamu kaget bukan mendengar hasil survei tersebut? Tentu 28 menit rasanya terlalu lama untuk mencapai ejakulasi. Namun, kamu bisa bernafas lega. Sebab menurut Holly Richmond, PhD, seorang terapis seks bersertifikat, durasi tersebut memang terlalu lama.

Kata Richmond, lebih akuratnya durasi seks seseorang mencapai 9-12 menit. Waktu tersebut sudah rata-rata terjadi terhadap kebanyakan pasangan. Lebih lanjut Richmond juga menjelaskan mengapa survei yang dilakukan SKYN Condom menyebutkan durasi seks seseorang bisa mencapai 28 menit.

Rata-rata durasi seks yang normal 9-12 menit (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Richmond mengatakan setiap orang memiliki anggapan berbeda mengenai durasi seks. Ada yang menganggap durasi seks meliputi sesi foreplay dan sesi penetrasi. Ada juga yang menganggap durasi seks hanya saat sesi penetrasi saja.

Baca juga:

3 Ciri Pria Sejati Di Atas Ranjang yang Perlu Dimiliki Setiap Pria

Akan tetapi, perwakilan dari SKYN Condom mengatakan survei tersebut memang fokus pada proses penetrasi. Tapi jangan putus asa dulu. Bisa jadi juga pria bisa mencapai durasi seks 28 menit karena menggunakan kondom saat penetrasi. Kondom dapat mengurangi sensitivitas Mr.P.

Kemungkinan lainnya, durasi seks yang lama itu. Karena dihitung keseluruhan waktu permainan. Padahal bisa saja di tengah-tengah sesi penetrasi. Si pria beristirahat beberapa menit karena sudah merasa ingin ejakulasi. Jadi kamu enggak perlu panik dulu kalau enggak bisa mencapai durasi tersebut.

Di sisi lain, survey serupa juga dilakukan perusahaan sex toy bernama Lovehoney. Survei itu dilakukan terhadap 4.400 orang pelanggan mereka. Hasilnya, rata-rata durasi seks mereka bisa mencapai 19 menit. Tenang, rupanya durasi tersebut dibagi menjadi 10 menit sesi foreplay dan 9 menit sesi penetrasi.

Durasi enggak menjadi masalah besar, yang penting kamu dan dia merasa senang (Foto: Pixabay/SnapwireSnaps)

Sebenarnya seberapa lama durasi seks kamu dan pasangan. Bukan menjadi masalah besar. Karena setiap pasangan memiliki gaya seks mereka sendiri. Entah itu lama atau sebentar maupun quickie sekalipun. "Seksualitas sangat beragam, dan setiap individu berbeda," tegas Richmond.

Lalu, jangan pernah samakan kehidupan seks sebenarnya dengan seks yang ada di dalam film dewasa. Mungkin si artis pria terlihat perkasa di ranjang karena dapat bertahan begitu lama. Tapi ingat, itu hanya film. Setiap adegan sudah diatur.

Selama kamu dan pasangan merasa puas setelah aktivitas seks selesai. Entah itu hanya beberapa menit. Maka kamu dan dia enggak memiliki masalah dalam kehidupan seks. Kesenangan kamu dan pasangan dalam bercinta ialah yang terpenting. Bukan durasi. (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH