Apakah Anjing Bisa Menjadi Vegan? Pemilik dalam kelompok vegan melaporkan tingkat obesitas yang lebih rendah. (Foto: freepik/freepik)

ANJING merupakan karnivora yang terkenal, tetapi bila binatang peliharaan ini mengikuti pola makan vegan, mereka mungkin sedikit lebih sehat. Demikian menurut survei baru dalam studi yang dipublikasikan di jurnal PLOS ONE (13/4).

Peneliti Inggris dan Australia menemukan bahwa anjing dengan pola makan vegan (tanpa produk hewani dan produk sampingannya) cenderung memiliki lebih sedikit masalah kesehatan, berdasarkan laporan pemilik mereka, dibandingkan mereka yang makan produk berbasis daging 'konvensional'.

Pemilik dalam kelompok vegan melaporkan tingkat obesitas yang lebih rendah, masalah pencernaan, radang sendi dan masalah dengan kesehatan mata dan telinga. Secara keseluruhan, 70 persen menilai teman anjing vegan mereka sebagai "sehat," dibandingkan 55 persen pemilik yang anjingnya makan makanan anjing konvensional.

Angka-angka itu, bagaimanapun, tidak membuktikan pola makan vegan lebih sehat untuk anjing, menurut ahli gizi hewan yang meninjau temuan tersebut. "Ini benar-benar sebuah studi tentang persepsi pemilik," kata Dr Julie Churchill, seorang profesor nutrisi hewan di University of Minnesota College of Veterinary Medicine, AS.

Sangat mungkin, kata Churchill, bahwa 'orangtua' hewan peliharaan yang memberi anjing mereka pola makan vegan adalah diri mereka sendiri juga vegan. Itu memperumit hasil survei karena sejumlah alasan.

Karena orang-orang itu percaya veganisme adalah pilihan diet paling sehat, mereka mungkin melihat anjing mereka lebih sehat. Di luar itu, kata Churchill, orang vegan mungkin memiliki gaya hidup yang umumnya lebih sehat, termasuk lebih banyak aktivitas fisik untuk diri mereka sendiri dan anjing mereka.

Baca juga:

Alasan Anjing Dapat Membantumu Hidup Lebih Lama

Belum cukup bukti

Apakah Anjing Bisa Menjadi Vegan?
Pemilik hewan peliharaan yang memberi anjing mereka pola makan vegan adalah diri mereka sendiri juga vegan. (Foto: Unsplash/Per Lööv)

Secara umum, masih belum ada bukti yang cukup bahwa makanan anjing vegan benar-benar membantu binatang peliharaan hidup lebih lama, hidup lebih sehat, kata Dr. Joseph Wakshlag, seorang profesor di Cornell University College of Veterinary Medicine.

Seperti Churchill, dia mengatakan temuan saat ini mungkin mencerminkan persepsi dan gaya hidup manusia yang disurvei, bukan efek dari makanan anjing mereka.

Kedua dokter hewan itu mengatakan bahwa anjing mungkin mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan dengan pola makan vegan. Yang penting, kata mereka, adalah anjing memakan produk komersial berkualitas tinggi yang diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

Anjing memang membutuhkan banyak protein, kata Churchill, dan itu lebih mudah dicapai dengan sumber daging. Pola makan vegan perlu dibuat dengan lebih hati-hati untuk memenuhi tujuan itu. Jika Anda ingin menggunakan produk komersial vegan, dia menyarankan untuk berbicara dengan dokter hewan tentang kebutuhan nutrisi anjingmu, dan produk mana yang akan memenuhinya.

Tentu saja, kata Churchill, selalu bijaksana untuk berkonsultasi dengan dokter hewan tentang produk makanan anjing, vegan atau berbasis daging karena meskipun banyak pilihan, tidak semua sama kualitasnya.

Baca juga:

Studi Baru, Kasih Sayang dari Seekor Anjing dapat Mengobatimu

Produk makanan berkualitas

Apakah Anjing Bisa Menjadi Vegan?
Berkonsultasilah dengan dokter hewan tentang produk makanan anjing, baik vegan atau yang berbasis daging. (Foto: Freepik/gpointstudio)

Studi saat ini, yang didanai oleh organisasi kesadaran makanan ProVeg International, melibatkan lebih dari 2.500 pemilik anjing. Sebagian besar, 54 persen, mengatakan mereka memberi makan anjing mereka makanan berbasis daging konvensional. Sepertiga dilaporkan menggunakan pola makan daging mentah, dan 13 persen pola makan vegan.

Responden umumnya menggunakan makanan hewan peliharaan komersial, bukan buatan sendiri, menurut pemimpin peneliti Andrew Knight, seorang profesor veteriner kesejahteraan hewan di University of Winchester Center for Animal Welfare di Inggris.

Secara keseluruhan, setengah dari responden dalam kelompok diet konvensional mengatakan anjing mereka memiliki beberapa jenis masalah kesehatan, dibandingkan 43 persen dari mereka yang menggunakan daging mentah, dan 36 persen pada kelompok vegan.

Anjing yang makan daging mentah membuat lebih sedikit kunjungan ke dokter hewan. Namun, itu tidak berarti mereka lebih sehat, ketiga dokter hewan menekankan.

Dokter hewan umumnya memperingatkan agar tidak memberi anjing daging mentah, karena risiko kontaminasi patogen. Jadi orang-orang dalam kelompok daging mentah itu mungkin cenderung menghindari nasihat dokter hewan, kata para ahli.

Menurut Knight, semakin banyak perusahaan yang membuat produk makanan anjing vegan berkualitas tinggi. "Kami memiliki keyakinan yang cukup, secara ilmiah, bahwa anjing bisa sehat, dan memang berkembang, dengan pola makan vegan yang sehat secara nutrisi," katanya seperti diberitakan WebMD (14/4).

Namun, Churchill memperingatkan bahwa dia tidak akan merekomendasikan pola makan vegan untuk anak anjing yang masih tumbuh atau anjing hamil, yang kebutuhan nutrisinya lebih besar. Pola makan nabati, katanya, kurang mudah dicerna karena kandungan seratnya. (aru)

Baca juga:

Seberapa Sering Tempat Makan Anjing Harus Dibersihkan?

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
PKHAKI dan ICCA Hadir untuk Kenyamanan Pengguna Aset Kripto
Fun
PKHAKI dan ICCA Hadir untuk Kenyamanan Pengguna Aset Kripto

Pengguna aset kripto bisa bertransaksi dan menyimpan aset dengan aman.

Drama Rookies Rilis Poster dan Teaser Pertamanya
ShowBiz
Drama Rookies Rilis Poster dan Teaser Pertamanya

Drama ini menceritakan sekelompok siswa baru yang masuk akademi kepolisian.

Cerita Perwakilan Converse All Stars Indonesia di Paris TTC Talk
Fun
Cerita Perwakilan Converse All Stars Indonesia di Paris TTC Talk

Perwakilan Converse All Stars Indonesia menceritakan pengalamannya di Paris TTC Talk.

Nyeleneh, Microsoft Excel Jadi Turnamen Esports
Fun
Nyeleneh, Microsoft Excel Jadi Turnamen Esports

All-Star Battle Excel Esports bahkan ditayangkan di ESPN.

Australia Siap Sambut Pelancong Indonesia yang Sudah Divaksin
Fun
Australia Siap Sambut Pelancong Indonesia yang Sudah Divaksin

Negara kangguru sudah membuka kembali perbatasannya.

Salip Jeff Bezos, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Dunia
ShowBiz
Salip Jeff Bezos, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Dunia

Elon Musk dinobatkan menjadi orang terkaya di dunia versi Forbes

Annyeong! Yuk Berwisata Mengunjungi Lokasi Syuting Ikonik K-Drama
Hiburan & Gaya Hidup
Annyeong! Yuk Berwisata Mengunjungi Lokasi Syuting Ikonik K-Drama

Warga Indonesia merupakan salah satu penyumbang penggemar K-Drama dan K-Pop terbanyak

Gandeng Ed Sheeran, Camila Cabello Segera Rilis Single 'Bam Bam'
ShowBiz
Gandeng Ed Sheeran, Camila Cabello Segera Rilis Single 'Bam Bam'

Lagu Bam Bam akan termasuk dalam album mendatang Camila Cabello.

Berliburlah untuk Kelangsungan Hidup
Fun
Berliburlah untuk Kelangsungan Hidup

Ternyata mengambil waktu liburan sangat penting untuk kelangsungan hidup.

Hari Perhubungan Darat Nasional, Menilik Angkutan Umum di Jakarta yang Sudah Punah
Fun
Hari Perhubungan Darat Nasional, Menilik Angkutan Umum di Jakarta yang Sudah Punah

Angkutan umum pernah menjadi tulang punggung warga Ibukota sebelum perannya digoyang oleh kendaraan bermotor pribadi.