Apakah Aman Mencuci Sayur dan Buah dengan Sabun? Masih banyak orang mencuci buah dan sayur dengan sabun (Foto: Pexels/Oleg Magni)

MANDI pakai sabun tentu bikin badan kamu bersih. Lalu apa harus juga kamu membersihkan sayur dan buah menggunakan sabun?

Beberapa orang masih sering melakukan ini. Alasannya karena sabun mampu membuat sayur dan buah bebas dari bakteri dan pestisida yang menempel.

Baca juga:

Cara Mudah Mengetahui Perbedaan Sayur Organik dan Non-organik

Apalagi di masa pandemi COVID-19 ini, semuanya harus serba bersih. Namun, apakah aman jika buah dan sayur dicuci menggunakan sabun?

Memang, sebelum diolah dan dikonsumsi, buah dan sayur harus dicuci dengan cara yang tepat. Sebab, pupuk organik yang digunakan sebagai penyubur tanaman bisa saja mengandung kuman dan bakteri yang kemudian menempel pada permukaan kulit.

Tidak boleh mencuci sayur dan buah menggunakan sabun. (Foto: Pexels/Burst)

Akan tetapi, mencuci buah dan sayur masih menjadi pro dan kontra di masyarakat. Ada yang beranggapan bahwa buah dan sayur perlu dicuci dengan sabun agar bakteri dan pestisida benar-benar hilang. Namun ada juga yang meyakini zat kimia pada sabun tidak baik bila terkena buah dan sayur.

Mengutip laman MSN, menurut Benjamin Chapman, seorang profesor dan spesialias keamanan di North California State University, ada masalah toksisitas tentang mengonsumsi sabun pencuci piring.

"Meminum sabun cuci piring atau memakannya dapat menyebabkan mual, dapat menyebabkan sakit perut," ujar Chapman.

Baca juga:

5 Makanan dan Minuman Sehari-hari yang Menjadi Penyebab Jerawat

Melansir laman Alodokter, mencuci dengan sabun hanya akan meninggalkan sisa sabun pada permukaan buah dan sayur. Itu semua akan berdampak buruk bagi tubuh.

Cukup cuci sayur menggunakan air dingin. (Foto: Pexels/Polina Tankilevitch)

Departemen Pertanian AS (USDA) juga menyarankan agar tidak mencuci buah dan sayur dengan sabun. "Produk-produk ini tidak disetujui atau dilabeli oleh Food and Drug Administration (FDA) untuk digunakan pada makanan," kata Chapman.

Di tengah pandemi COVID-19 ini, orang-orang mungkin akan lebih waspada dengan kebersihan makanan. Namun, jangan sampai kamu menyemprotkan buah dan sayur dengan alkohol atau cairan disinfektan, ya. Ini sama berbahayanya dengan sabun.

Lanjut Chapman, tidak perlu mengandalkan sabun untuk membersihkan buah dan sayur. Cukup menggunakan air dingin untuk membuat bahan dasar tersebut bebas dari kuman dan bakteri. Setelah itu, jangan lupa keringkan dengan tisu atau kain bersih. (and)

Baca juga:

Awas! Ini 5 Bahaya Makanan Siap Saji Bagi Tubuh Kamu


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH