ANOC World Beach Games 2023 Digelar di Empat Klaster Lokasi

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 02 Maret 2023
ANOC World Beach Games 2023 Digelar di Empat Klaster Lokasi
Ketua Umum NOC Indonesia Indonesia Raja Sapta Oktohari. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Indonesia menjadi tuan rumah edisi kedua ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 pada 5-12 Agustus 2023 di Bali.

Ajang itu akan mempertandingkan 14 cabang olahraga, yaitu aquathlon, bola tangan pantai, sepakbola pantai, tenis pantai, voli pantai 4x4, polo air pantai, gulat pantai, karate disiplin kata perorangan, selancar layang, serta renang perairan terbuka 5km, basket 3x3, beach sprint rowing, surfing, dan airbadminton.

Baca Juga:

NOC Indonesia Minta Dukungan Warga Bali Sukseskan ANOC World Beach Games 2023

AWBG merupakan ajang olahraga pantai multicabang terbesar yang diikuti kurang lebih 1.500 atlet dari lebih dari 130 negara.

Kompetisi itu juga bakal dihadiri perwakilan dari 205 Komite Olimpiade Nasional (NOC), 36 federasi cabang olahraga internasional dari berbagai negara, serta para petinggi organisasi internasional olahraga di antaranya pimpinan IOC, dan Badan Anti-Doping Dunia WADA.

Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) mengumumkan ANOC World Beach Games 2023 bakal digelar di empat klaster lokasi di Bali, yaitu di Nusa Dua, Jimbaran, Kuta, dan Canggu pada 5–12 Agustus 2023.

"Venue sudah final, dan pada 28 April kami akan mengadakan pertemuan. Kami terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan ANOC sebagai principal. Semoga berjalan lancar,” kata Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari pada sela-sela kegiatannya di Kuta, Badung, Rabu (1/3).

Ia menjelaskan, sebagian besar pertandingan bakal berlangsung di Klaster Nusa Dua, dan Klaster Jimbaran. Namun, ada beberapa pertandingan yang akan digelar di Klaster Kuta, dan Klaster Canggu.

Walaupun demikian, lokasi untuk upacara pembukaan ANOC World Beach Games 2023 belum dipastikan.

"Untuk opening-nya, kami akan cari alternatif, karena GWK sering dipakai. Jadi, saya minta masukan kepada Gubernur Bali (I Wayan Koster, red.) untuk lokasi mana yang memungkinkan menerima 1.600 kontingen," kata Raja Sapta.

Baca Juga:

Petinggi Olahraga Dunia Siap Hadir di 2nd ANOC World Beach Games Bali

#NOC Indonesia
Bagikan
Bagikan