Anjing Punya Navigasi Alami untuk Menemukan Jalan Pulang Kesetiaan anjing pada majikannya (Foto: Pixabay/jatocreate)

BEBERAPA waktu lalu dunia sempat dikejutkan oleh seekor anjing yang menempuh perjalanan sejauh 91 kilometer ke Missouri demi bertemu majikannya. Banyak orang yang heran bagaimana bisa seekor anjing melakukan hal itu?

Ternyata seekor anjing selalu menemukan cara untuk kembali ke rumahnya. Para ilmuwan dari Universitas Ilmu Kehidupan dan Teknologi Virginia Ceko melacak kemampuan navigasi 27 anjing pemburu yang mewakili 10 ras.

Baca juga:

Olahraga Makin Mewah, Louis Vuitton Jual Dumbbell Seharga Rp41 Juta

Anjing miliki sistem navigasi yang membuatnya bisa kembali pulang (Foto: AlešHáva)
Anjing miliki sistem navigasi yang membuatnya bisa kembali pulang (Foto: Pixabay/AlešHáva)

Anjing-anjing itu dilengkapi dengan GPS dan kamera kecil. Mereka diizinkan untuk bebas berkeliaran di daerah hutan. Setelah beberapa saat, anjing-anjing tersebut dipanggil kembali oleh pemiliknya yang tidak dapat mereka lihat dan harus mencari cara untuk menemukannya. Anjing-anjing tersebut berhasil menemukan jalan untuk pulang.

Hal yang mereka temukan adalah bahwa semua anak anjing memulai perjalanan kembali ke pemiliknya dengan mengikuti poros magnet utara-selatan Bumi. Para peneliti percaya hal ini menunjukkan bahwa anjing menggunakan kemampuan mereka untuk mendeteksi medan magnet untuk menavigasi lingkungan mereka.

Baca juga:

Malas Masak di Hari Idul Adha? Pesan Makanan Daring Saja

Anjing yang dilepas di hutan selalu bisa pulang ke rumah (Foto: Pixabay/Lepale)
Anjing yang dilepas di hutan selalu bisa pulang ke rumah (Foto: Pixabay/Lepale)

Sekitar 59 persen anjing menelusuri rute keluar mereka melalui aroma atau metode yang disebut "pelacakan" sementara 39 persen mengandalkan landmark atau informasi visual untuk memalsukan rute baru. Metode ini disebut "scouting". Sebanyak 8 persen menggunakan campuran metode ini.

"Temuan kami jelas menunjukkan pentingnya penelitian lebih lanjut tentang peran dan keterlibatan isyarat magnetik dalam navigasi anjing," papar seorang peneliti seperti dilansir Southern Living.

Penelitian ini menunjukkan bahwa medan magnet dapat memberi anjing kerangka referensi universal untuk navigasi jarak jauh dan komponen yang paling penting yakni perilaku dan kognisi anjing. (Avia)

Baca juga:


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH