Angkasa Pura I Angkut 2 Juta Penumpang selama Mudik Lebaran 2023

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 26 April 2023
Angkasa Pura I Angkut 2 Juta Penumpang selama Mudik Lebaran 2023
GM Bandara Sepinggan Ahmad S Shahab memberikan bingkisan pada penumpang terpilih jelang Idul Fitri 1444 Hijriyah lalu. (ANTARA/HO-AP1)

MerahPutih.com - Sebanyak dua juta penumpang dilayani 15 bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I selama masa mudik Lebaran pada 14-24 April 2023.

"Kami memonitor secara khusus di pos angkutan Lebaran yang ada di setiap bandara. Pada 14-24 April 2023 tercatat kami mengangkut 2.160.694 penumpang," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi di Bandara Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Barat, Selasa (25/4).

Baca Juga

Polda Metro Minta Pemudik Kembali ke Jakarta Tanggal 26-30 April

Kata Faik, jika dibandingkan pada tahun 2022 terjadi peningkatan 30 persen. Tapi kalau dibandingkan pada 2019 atau sebelum COVID-19, jumlah itu masih kurang 12 persen.

"Itu karena jumlah pesawat yang dioperasikan maskapai tidak sebanyak tahun 2019. Saat itu ada 650 pesawat untuk melayani rute domestik. Pada periode Lebaran 2023 penumpang hanya dilayani 420 pesawat," katanya.

Penumpang dari Balikpapan atau Bandara Sepinggan mencapai jumlah keempat terbanyak setelah penumpang yang terlayani di Bandara Ngurah Rai Denpasar, Bali, Juanda Surabaya, dan Sultan Hasanuddin Makassar.

Baca Juga

Gelombang Arus Balik Pemudik Pejalan Kaki Mulai Padati Bakauheni

Faik Fahmi dalam kunjungan kerja melihat langsung pelayanan penumpang di Bandara Sepinggan untuk memastikan seluruh bandara yang dikelola AP I bisa melaksanakan layanan selama libur Lebaran 2023 dengan baik saat arus mudik maupun arus balik.

Sebelumnya, Faik Fahmi menggelar pertemuan dengan General Manager Bandara Sepinggan Ahmad Syaugi Shahab dan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Dispora) Balikpapan Cokorda Ida Ratih Kusuma.

Faik mengungkapkan hasil peninjauan di Bandara Sepinggan memperlihatkan semua berjalan dengan baik dan sesuai rencana.

"Saya mengapresiasi secara khusus kepada seluruh pemegang wewenang di Bandara Sepinggan Balikpapan sehingga tugas kita melayani masyarakat dapat berjalan dengan baik dan lancar," tuturnya.

Demikian pula halnya dengan di 15 bandara lain yang dikelola AP I.

Bandara lain yang dikelola AP I di Kalimantan adalah Bandara Syamsuddin Noor di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Seluruh bandara di Jawa Tengah, yaitu Ahmad Yani di Semarang, Adi Sumarmo Solo, termasuk Adisucipto dan Bandara Internasional Kulon Progo, DI. Yogyakarta.

Di Indonesia bagian timur, AP I mengelola Bandara Internasional Lombok Praya di Lombok, Nusa Tenggara Barat, El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur, Bandara Pattimura Ambon, Maluku; Bandara Sentani Jayapura, Papua, dan Bandara Frans Kaisiepo Pulau Biak, Papua. Di Sulawesi, AP I mengelola bandara di Manado, Sulawesi Utara, yaitu Bandara Internasional Sam Ratulangie. (*)

Baca Juga

12.209 Kendaraan Kekurangan Saldo e-Toll saat Arus Mudik

#PT Angkasa Pura I #Mudik Lebaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan