Andre 3000 Pecahkan Rekor Lagu Terlama yang Masuk dalam 'Billboard Hot 100'

Febrian AdiFebrian Adi - Kamis, 30 November 2023
Andre 3000 Pecahkan Rekor Lagu Terlama yang Masuk dalam 'Billboard Hot 100'
Lagu di album baru Andre 300 cetak rekor Billboard. (Foto: Instagram/Andre3000)

ALBUM teranyar dari mantan kelompok Outkast Andre 3000 berhasil memecahkan rekor baru dengan mencetak lagu terpanjang yang pernah ada di tangga lagu ‘Billboard Hot 100’. Hal ini menyusul perilisan album ‘eksperimental flute’ barunya bertajuk New Blue Sun.

Lagu pembuka dari album tersebut yang berjudul I Swear, I Really Wanted to Make a ‘Rap’ Album but This is Literally the Way the Wind Blew Me This Time, masuk ke dalam ‘Billboard Hot 100’ di posisi ke-90. Lagu ini berdurasi 12 menit 20 detik, menjadikannya lagu terpanjang yang pernah masuk tangga lagu.

Baca juga:

Aktor Shang-Chi Simu Liu Lepas Debut EP

View this post on Instagram

A post shared by billboard (@billboard)

Dikutip dari Billboard, Rabu (29/11), rekor ini sebelumnya dipegang oleh band Tool yang merilis lagu Fear Inoculum berdurasi 10 menit 21 detik pada Agustus 2019 silam. lagu tersebut memulai debutnya di ‘Billboard Hot 100’ pada posisi ke-93. Lagu Fear Inoculum menggeser lagu terpanjang sebelumnya yaitu Blackstar dari David Bowie yang diketahui berdurasi hampir 10 menit.

Selain itu, lagu I Swear, I Really Wanted to Make a ‘Rap’ Album but This is Literally the Way the Wind Blew Me This Time juga menandai lagu pertama Andre 3000 yang mencapai ‘Billboard Hot 100’ sejak kolaborasinya dengan B.O.B pada 2012 silam dalam Play the Guitar.

Baca juga:

Karena 'Kecelakaan' We Are Neurotic Berhasil Rilis Album Debut

Album terbaru Andre 3000 New Blue Sun sendiri hadir setelah menunggu 17 tahun dari album terakhir Outkast berjudul Idlewild (2006). Sejak itu, Andre 3000 diketahui menjauhkan diri dari dunia musik. Namun, baru-baru melalui media NPR ia menjelaskan mengapa dia menjauh diri dari musik rap.

"Kadang-kadang saya merasa tidak otentik untuk nge-rap, karena saya tidak punya sesuatu untuk dibicarakan dengan cara itu. Saya sudah berusia 48 tahun. Namun bukan berarti usia adalah sesuatu yang menentukan apa yang ingin kamu bicarakan di musik rap, tapi di satu sisi memang demikian,” ucap Andre seperti dikutip dari NPR.

Andre melanjutkan, "Bahkan sekarang orang-orang berpikir, oh, bung, dia hanya beristirahat dari rap, atau dia hanya menahan rap-rap ini. Saya tidak akan melakukan rap yang seperti itu." (far)

Baca juga:

Fazerdaze Bawakan Lagu 'Shoulder' dalam Bahasa Indonesia di Joyland Festival 2023 Hari Pertama

#Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan