Ancol Wajibkan Anak Usia di Atas Enam Tahun Sudah Divaksin COVID-19

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 22 Februari 2022
Ancol Wajibkan Anak Usia di Atas Enam Tahun Sudah Divaksin COVID-19
Direktur Utama Taman Impian Jaya Ancol Budi Aryanto saat ditemui ANTARA di Ecovention Hall, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Selasa (22/2/2022). ANTARA/ Abdu Faisal

MerahPutih.com - Manajemen Taman Impian Jaya Ancol melakukan penyesuaian aturan terhadap para pengunjung di masa Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level tiga di DKI Jakarta.

Salah satunya yang mesti diingat, manajemen Taman Impian Jaya Ancol mewajibkan pengunjung anak berusia di atas enam tahun minimal sudah vaksin dosis pertama.

Direktur Utama Taman Impian Jaya Ancol Budi Aryanto di Jakarta, Selasa (22/2), menjelaskan, kewajiban vaksinasi bagi pengunjung anak tersebut untuk menyesuaikan dengan aturan berwisata dari pemerintah.

Baca Juga:

FEO Tinjau Pembangunan Sirkuit Formula E di Ancol

"Terkait dengan PPKM ini, kami menyesuaikan dengan aturan yang ada. Kemudian tambahan yang baru, paling anak harus sudah divaksin minimal satu kali," kata Budi, dikutip Antara.

Budi menambahkan, pengunjung anak yang berusia di bawah enam tahun, walau belum divaksin tetap dibolehkan masuk asal didampingi orang tua yang sudah divaksinasi minimal dua kali.

Sedangkan pengunjung dewasa tetap diwajibkan vaksin dua kali untuk masuk area rekreasi Taman Impian Jaya Ancol.

Saat memasuki Pintu Gerbang Ancol, petugas akan mewajibkan pengunjung dewasa untuk memindai kode batang pada lokasi yang disediakan dengan aplikasi PeduliLindungi.

"Dengan aplikasi PeduliLindungi, hanya pengunjung dewasa dengan status kategori warna hijau atau telah mendapatkan dua dosis vaksin COVID-19 yang diperbolehkan masuk ke kawasan Ancol," kata Budi.

Baca Juga:

Anies dan PSI Saling Sindir soal Kunjungan Giring ke Sirkuit Ancol

Selain itu, kata Budi, untuk PPKM level tiga kali ini, kuota pengunjung Ancol bertambah menjadi maksimal 50 persen. Sebelumnya pembatasan yang diterapkan adalah 25 persen dari kapasitas maksimal.

Namun selama penerapan PPKM level tiga ini, Ancol tetap menjual tiket kepada pengunjung hanya secara daring (online).

Dengan tidak diperbolehkannya pembelian tiket secara luring (offline), ini tentu membuat pengunjung wajib melakukan reservasi tiket sebelum tanggal kedatangannya dan mencegah kunjungan di Ancol melebihi kuota 50 persen yang ditetapkan.

Pada periode ini, peraturan ganjil genap kendaraan bermotor di kawasan wisata termasuk kawasan wisata Ancol juga ditiadakan sesuai dengan aturan yang tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor 80 tahun 2022.

Maka pada akhir pekan ini sudah tidak ada lagi pembatasan nomor polisi kendaraan bermotor yang akan berkunjung ke Ancol.

Pengunjung tetap diwajibkan menjalankan prokes sesuai dengan ketentuan yaitu menggunakan masker yang sesuai dengan rekomendasi pemerintah, menjaga jarak serta mencegah terjadinya kerumunan serta rajin mencuci tangan dengan sabun atau cairan pembersih tangan (hand sanitizer).

Ancol telah membuat marka atau batas agar pengunjung dapat menjaga jarak pada titik-titik yang berpotensi menyebabkan kerumunan, antara lain di area piknik di pinggir pantai, toilet, serta antrean wahana yang terdapat di unit-unit rekreasi. (*)

Baca Juga:

Kolaborasi IMI dan Ancol Beach City Gairahkan Wisata Otomotif

#Taman Impian Jaya Ancol #COVID-19 #Vaksinasi Anak #Vaksinasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan