Anak Muda di Kawasan Urban Perlu Ruang Bereksplorasi Dengan Teknologi Digital

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 25 Februari 2022
Anak Muda di Kawasan Urban Perlu Ruang Bereksplorasi Dengan Teknologi Digital
Gubernur Anies Baswedan. (Foto: Pemprov DKI)

MerahPutih.com - Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat terpilih menjadi tuan rumah dalam rangkaian forum Internasional Presidensi G20 Indonesia tahun 2022.

Jakarta akan menjadi tuan rumah Urban 20 (U20) Mayors Summit 2022 yang dihadiri para pemimpin kota dunia untuk membahas solusi dan upaya pemulihan kota pascapandemi.

Baca Juga:

BUMN Berkolaborasi Sukseskan Presidensi Indonesia di G20

Gubernur Anies Baswedan mengatakan, momentum Urban 20 Mayors Summit dan Presidensi G20 menjadi amat penting karena kota-kota dunia memegang implementasi program yang dicanangkan Pemerintah Pusat.

Maka dari itu, lanjut Anies, narasi-narasi dari tingkat kota dapat menjadi masukan untuk dibahas lebih lanjut pada forum G20 ke depan.

"Peran pemerintah kota menjadi sangat penting karena menjadi aktor kunci dalam melakukan implementasi dari program-program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat," ucap Anies.

Hal ini, kata Anies, dikarenakan pemerintah kota memahami betul kondisi lapangan di wilayahnya, sehingga mampu mencari cara terbaik dalam melakukan implementasi aksi atau program pembangunan yang telah direncanakan.

Ia memberikan pandangan terkait sumbangsih anak muda di era digital. Bahwa anak muda, khususnya yang tinggal kawasan urban, perlu diberikan ruang lebih agar dapat bereksplorasi dengan teknologi digital untuk mengembangkan ide gagasan dan menghasilkan trobosan.

Rangkaian Presidensi G20. (Foto: Pemprov DKI)
Rangkaian Presidensi G20. (Foto: Pemprov DKI)

"Salah satu contohnya kami memiliki Jakarta Smart City yang kebanyakan beranggotakan anak muda, hasilnya dapat dilihat dari salah satu aplikasi JAKI yang memenangkan medali emas di ajang ASEAN ICT Awards 2021 untuk kategori Public Sector pada Januari 2022 lalu,” terangnya.

Selain itu, tegas ia, stimulus untuk meningkatkan keterlibatan anak muda juga dilakukan dengan menciptakan ruang ketiga.

"Ruang tersebut digunakan untuk interaksi, yang kemudian didukung oleh teknologi untuk membuat mereka lebih kreatif dan produktif," ungkapnya.

Pemprov DKI, klaim Anies, terus memperluas jaringan layanan internet gratis untuk semua, melalui JakWifi. (Asp)

Baca Juga:

G20 Siapkan Hukum Multilateral Baru Paksa Perusahaan Global Bayar Pajak

#G20 #KTT G20 #Anies Baswedan #Ekonomi Digital #Digital
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan