Albertchinno Wakili Sampoerna Academy ke Olimpiade Matematika SEAMO X 2020 di Gold Coast Australia Albertchinno Liguori Erling wakili Indonesia mengikuti olimpiade matematika di Australia (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Albertchinno Liguori Erling bersama empat siswa/i dari sekolah Sampoerna Academy, Pancoran, Jakarta Selatan akan membawa nama Indonesia dalam kejuaraan Southeast Asian Mathematical Olympiad (SEAMO) X 2020 di Gold Coast, Australia.

Olympiade bidang matematika ini diselenggaran di Negeri Kangguru pada tanggal 17 hingga 20 Januari 2020 mendatang.

Baca Juga:

Tim Olimpiade Matematika SMA Indonesia Raih Medali Emas di Rumania

Albertchinno yang hobi berolahraga Taekwondo ini berkeinginan dan akan berupaya keras untuk menyabet medali emas dalam kejuaraan matematika Asia Tenggara tahunan ini.

"Aku mudah-mudahan dapat gold medal," kata Albert sapaan Akrab Albertchinno di kawasan Kuningan Jakarta Selatan, pada Selasa (14/1).

Albert wakili Indonesia mengikuti Olimpiade Matematika di Australia
Albert berharap dirinya bisa meraih medali emas dalam olimpiade matematika yang berlangsung di Gold Coast, Australia mendatang (MP/Asropih)

Agar keinginan memboyong medali emas kejuaraan matematika itu tercapai, kata Albert, dirinya dalam beberapa minggu belakangan ini menambah pola belajar di rumah.

Bahkan orang tuanya turun tangan membantu mengajari agar cita-cita buah hatinya itu tercapai untuk mengharumkan nama sekolah dan Indonesia di Australia dengan meraih medali emas.

Albert mengungkapkan, dirinya bisa masuk menjadi peserta kejuaraan matematika atau SEAMO X tak mudah, banyak seleksi dan saingan sebelumnya.

Pada 28 September 2019 lalu Albert harus mengikuti tes bersama dengan teman-teman lainnya. Namun dengan kegigihan dan pengetahuan tentang matematika akhirnya dirinya lolos dan mendapatkan sertifikat serta medali.

SEAMO atau dikenal Olimpiade Matematika Asia Tenggara dikembangkan berdasarkan kurikulum Olimpiade Matematika Singapura dan 40 persen konten dimodifikasi untuk memenuhi standar internasional.

"Untuk kejuaraan SEAMO saya nanti bersama mama ke Australia, berangkat jam 2 dini hari Kamis lusa ke Gold Coast," papar Albert yang juga hobi bermain alat musik drum ini.

Selain Matematika, Albert juga senang dengan olahraga Taekwondo
Albertchinno yang hobi berolahraga Taekwondo ini berkeinginan dan akan berupaya keras untuk menyabet medali emas (MP/Dok Pribadi)

Tak hanya itu, anak seusianya patut iri dengan Albert, pasalnya dalam dua tahun terakhir ini meraih beberapa penghargaan dalam bidang matematika.

Di tahun 2018 saja Albert pernah meraih medali perunggu kelas 4 di bidang matematika, yakni; The 2018 World Mathematics Invitational finals. Medali itu diraih Albert pada 16 Juli 2018 di Seoul, Korea.

Baca Juga:

Jokowi di Pembukaan Olimpiade Sains dan Matematika 2016

Kemudian tahun 2019 Albert yang suka membaca buku ini kembali membanggakan orang tua. Di 27 April 2019 Albert mendapatkan penghargaan Asia Internasional Mathematics Olympiad Trail Round 2019 Indonesia Grade 5.

Selanjutnya pada 29 September 2029 Albert kembali meraih Indonesia Student Award 2019. Ia mendapatkan score paling tinggi untuk grade 6 untuk penghargaan english diamond.

Tak cukup sampai disitu Albert memang haus akan ilmu dan prestasi. Pada 21-24 Maret dirinya berencana akan terbang ke Zhuhai, China untuk mengikuti Big Bay Cup atau yang dikenal BBC.(Asp)

Baca Juga:

Siswa Indonesia Lemah Matematika, Pakar Matematika AS Sarankan Pakai Metode Ini

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH