Kecantikan
 Akankah Skin Diary Jadi Masa Depan Perawatan Kulit? Aplikasi ponsel dapat merekam kondisi kulitmu (Foto: neutrogena.com)

TIDAK seperti produk skincare, memantau rutinitas dan kondisi kulit hampir tidak memerlukan biaya. Dengan rutinitas baru itu kamu bisa menambah pengetahuan tentang kondisi kulit dan cara merawatnya.

Seperti namanya, skin diary merupakan sarana pencatatan penampilan dan rasa kulitmu, bersama dengan produk apa yang digunakan setiap hari. Itu adalah ide yang sederhana tapi brilian.

Baca juga:

Produk Kecantikan Terbaru dari Natasha Wilona

Jika kita menginvestasikan begitu banyak uang dan energi dalam rutinitas kecantikan kita, bukankah seharusnya kita meluangkan waktu untuk mengecek lagi mana yang berhasil dan tidak?

Dengan dimulainya tahun baru, tidak ada waktu yang lebih baik untuk memulai pembuatan skin diary. Kamu bisa membuat catatan di pagi hari atau sebelum tidur. Ini bisa menjadi cara kecil untuk berhenti sejenak dan merenung. Agar kamu tambah bersemangat, berikut adalah beberapa jurnal favorit yang bisa digunakan.

1. Skinstory

Buku catatan harian Skinstory (Foto: skinstory.love)

Buku harian 12 bulan ini merupakan cara menyeluruh untuk merekam segala sesuatu yang memengaruhi kulitmu. Ada halaman untuk melacak tidur dan olahraga, serta bagian untuk membuat sketsa di mana kamu mengalami masalah di wajah.

Jurnal ini juga menjadi bagian dari rutinitas kesehatan yang lebih besar yang tentunya akan berpengaruh pada kulit. Karena itulah ada pula bagian di mana kamu dapat menulis apa yang disyukuri setiap hari. Plus, ada stiker yang membuat segalanya lebih menarik dan mudah.

2. Cloe

Aplikasi Cloe (Foto: cloe.app)

Aplikasi ini memiliki semua hal penting yang dibutuhkan untuk membuat jurnal tanpa membuatnya jadi lebih rumit dari yang seharusnya. Dengan setiap entri, kamu dapat mencatatkan makanan, asupan air, jam tidur, tingkat stres, vitamin, produk makeup, dan tentu saja, produk perawatan kulit.

Aplikasi ini menyimpan juga produk yang digunakan. Jadi alih-alih mengetiknya setiap kali, kamu dapat memeriksanya dari daftar. Fitur favorit dalam aplikasi ini adalah kemampuan untuk mengambil dan menyimpan foto dalam aplikasi, membantu kamu melihat bagaimana semua faktor kecil tersebut berpengaruh pada penampilan kulit.

Baca juga:

Labu Siam, si Hijau Kaya Manfaat bagi Kesehatan dan Kecantikan

3. Neutrogena Skin360

Aplikasi dan alat scan kulit Neutrogena Skin360 (Foto: neutrogena.com)

Aplikasi perawatan kulit Neutrogena yang diperbarui membawa penjurnalan ke tingkat berikutnya dengan menawarkan evaluasi dan personal skin coach. Ambil foto selfie, dan aplikasi akan memberi skor di lima area berbeda berdasarkan database Neutrogena.

Asisten AI, NAIA, kemudian akan memberi aturan yang dipersonalisasi dengan rekomendasi produk dari Neutrogena. Kamu tetap dapat menyimpan produk lain yang sudah digunakan. Asisten itu juga akan mengingatkan untuk mencatat dan mengikuti beauty routine-mu. NAIA seperti memiliki dokter kulit di saku.

4. GlowinMe: Beauty Assistant

Aplikasi Personal Beauty Assistant GlowinMe (Foto: glowinme.com)

Kalau kamu beauty product junkie dengan banyak sekali botol dan krim di meja rias, aplikasi GlowinMe cocok digunakan. Selain melacak rutinitas, aplikasi ini memungkinkan kamu membuat contoh riasan serta koleksi sampel yang pernah coba dan produk yang ingin dibeli.

Aplikasi ini juga memberi tahu saat salah satu produkmu akan segera kedaluwarsa. Dengan kata lain, aplikasi ini membuat penyetokan ulang dan pembelian produk baru jauh lebih mudah.

5. Charm

Aplikasi Charm: Skincare Routine 360° (Foto: apple.com)

Charm lebih dari sekadar aplikasi lain di ponsel. Inilah kunci untuk komunitas beauty lovers yang sama-sama terobsesi. Aplikasi ini menggabungkan asisten perawatan kulit AI untuk rekomendasi pribadi dan konten seperti rutinitas selebriti, perawatan DIY, kiat-kiat, dan saran dari anggota dan pakar lain.

Kamu bahkan dapat mengatur pengingat untuk membersihkan kuas riasan atau menggunakan masker malam ini. Kita menjadwalkan segala hal lain dalam hidup, mengapa tidak memasukkan rutinitas kecantikan? (aru)

Baca juga:

Fenty Skin, Produk Skincare Terbaru dari Rihanna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Koreografer Profesional Ungkap Fakta di Balik Gerakan Tari Berbahaya Idola K-Pop
Fun
Pentingnya Mendampingi Orang dengan Diabetes di Masa Pandemi
Fun
Pentingnya Mendampingi Orang dengan Diabetes di Masa Pandemi

Orang-orang terdekat diabetesi harus mampu menjaga agar mereka tetap berpikir positif dan memotivasinya untuk hidup sehat.

Meski Merger, Tokopedia Tetap Melayani Berbagai Sistem Pembayaran
Fun
Meski Merger, Tokopedia Tetap Melayani Berbagai Sistem Pembayaran

Gabungan layanan tersebut akan tersedia pada platform GoTo.

Cara Ampuh Mengusir Semut
Fun
Cara Ampuh Mengusir Semut

Semut menjadi masalah ketika merubung makanan.

Sepatu Vans Putih Laris Manis Berkat ‘Squid Game’
Fashion
Sepatu Vans Putih Laris Manis Berkat ‘Squid Game’

Sepatu Vans putih yang dipakai para pemain Squid Game ternyata menarik perhatian penonton. Terbukti, sepatu slip-on putih polos ada lonjakan

Film Biopik Marilyn Monroe Segera Tayang di Netflix
ShowBiz
Film Biopik Marilyn Monroe Segera Tayang di Netflix

Film ini sempat direncanakan sejak 2010.

Kemenkumham Tegaskan PP untuk Kebutuhan Komersial
Fun
Kemenkumham Tegaskan PP untuk Kebutuhan Komersial

Akan dibayarkan kepada pencipta atau pemegang hak cipta lagu.

Spotify Patenkan Pencegah Plagiarisme Penulis Lagu
Hiburan & Gaya Hidup
Spotify Patenkan Pencegah Plagiarisme Penulis Lagu

Spotify dikabarkan telah patenkan alat canggih untuk mencegah plagiarisme

Pentingnya Edukasi dan Kesadaran Tentang Anak Penyintas Diabetes
Fun
Giring Ganesha & Family Rilis Lagu 'Tahan Dulu'
ShowBiz
Giring Ganesha & Family Rilis Lagu 'Tahan Dulu'

Menyambut bulan Ramadan, Giring Ganesha & Family rilis lagu 'Tahan Dulu' yang berkisah tentang menahan nafsu ketika berpuasa