Merawat Ingat

'Ada Apa dengan Cinta': Tonggak Kebangkitan Film Indonesia

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Selasa, 08 Februari 2022
'Ada Apa dengan Cinta': Tonggak Kebangkitan Film Indonesia
Ada Apa dengan Cinta yang sangat fenomenal. (Foto: Istimewa)

DI tengah lesunya perfilman tanah air di tahun 2000-an, Ada Apa dengan Cinta (AADC) yang dirilis pada 8 Februari 2002 membangkitkan dunia perfilman tanah air. Film besutan Rudi Soedjarwo itu sukses menyedot 2,5 juta penonton dengan pendapatan kotor sampai Rp 24 miliar.

Baca Juga:

Pecahkan Rekor MURI, Film 'Makmum 2' Dapat Apresiasi dari Menparekraf

AADC jilid satu ini memenangkan banyak sekali penghargaan mulai dari Lagu Terbaik dari Anugerah Musik Indonesia, Film Terpuji & Skenario Terpuji dari Festival Film Bandung, hingga Aktris Terbaik dan Sutradara Terbaik dari Festival Film Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, kesuksesan AADC juga hingga mancanegara setelah dirilis di Malaysia, Brunei, Filipina, dan Singapura.

CINTA
Cinta dan sahabat-sahabatnya (Foto: Istimewa)

Film yang bertemakan kisah cinta SMA ini mengisahkan Cinta (Dian Sastrowardoyo) dan Rangga (Nicholas Saputra) yang sama-sama suka sastra. Persaingan keduanya saat ikut lomba puisi berubah menjadi kebencian saat Rangga enggan diwawancarai oleh Cinta untuk mading sekolah. Kebencian memudar. Keduanya gencatan senjata saat menyukai buku yang sama. Lambat laun keduanya saling mencintai. Plot yang disajikan tidak hanya mengangkat percintaan saja melainkan persahabatan, keluarga, dan kehidupan masa SMA. AADC juga menampilkan akting memukau dan chemistry luar biasa antartokohnya. (avia)

Baca Juga:

'Fistful of Vengeance', Film Terbaru Iko Uwais Segera Tayang di Netflix

#Film #Merawat Ingat #Dian Sastrowardoyo #Nicholas Saputra #AADC
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan