8 Jenis Cinta Menurut Kepercayaan Yunani, Termasuk yang Mana Kamu dan Pasangan? 8 jenis cinta yang berasal dari kepercayaan Yunani (foto: pixabay/Pexels)

HUBUNGAN cinta ternyata memiliki berbagai jenisnya lo kalau dilihat dari kepercayaan Yunani Kuno. Menurut pakar hubungan, Carol Morgan, kunci utama dalam hubungan yang sehat adalah memahami berbagai jenis cinta. Karena setiap orang pada dasarnya memberi dan menerima cinta secara berbeda-beda. Menurut kepercayaan orang Yunani Kuno ada delapan jenis cinta yang berbeda, itu mungkin bisa kamu temukan bersama pasanganmu saat ini.

1. Philautia, berarti mencintai diri sendiri

8 Jenis Cinta Menurut Kepercayaan Yunani, Termasuk yang Mana Kamu dan Pasangan?
Philautia meningkatkan kepercayaan diri (foto: pexels/Hassan OUAJBIR)


Sebelum bisa mencintai orang lain, yang pertama harus dilakukan adalah mencintai diri sendiri. Di satu sisi, mencintai diri sendiri bisa memberikan efek positif, namun di sisi lain malah memberikan dampak negatif.

Terlalu mencintai diri sendiri bisa disebut sebagai kesombongan, narsis, dan egois. Sebaliknya, dilansir dari psychologytoday, dengan mencintai diri sendiri kepercayaan diri kita akan meningkat dan kita akan belajar untuk menerima diri serta menghargai diri kita sendiri.

2. Philia, berarti cinta kasih sayang

8 Jenis Cinta Menurut Kepercayaan Yunani, Termasuk yang Mana Kamu dan Pasangan?
Philia berarti kasih sayang dengan teman dan sahabat (foto: pixabay/Pexels)


Philia dalam bahasa Yunani jika diartikan bisa berarti cinta dalam persaudaraan. Philia merupakan salah satu dari empat kata-kata dalam bahasa Yunani yang diasosiasikan dengan cinta.

Menurut Aristotle, philia biasanya diartikan sebagai hubungan pertemanan. Jadi philia merupakan jenis cinta yang kamu rasakan dengan teman-temanmu.

3. Storge, cinta terhadap keluarga

8 Jenis Cinta Menurut Kepercayaan Yunani, Termasuk yang Mana Kamu dan Pasangan?
Storge jenis cinta antara orangtua dan anak (foto: pixabay/TheVirtualDenise)


Hampir mirip dengan philia, storge menawarkan cinta murni dan kasih sayang yang dirasakan di dalam keluarga. Storge lebih mengarah pada cinta antara orangtua dan anak.

Baca Juga:

Sebelum Jatuh Cinta, 3 Hal ini Mesti Kamu Perhatikan

Ini 7 Tanda Kamu Sedang Jatuh Cinta, Nomor 6 Paling Penting!

Sama seperti cinta philia, jenis cinta ini tidak ada ketertarikan fisik atau seksual. Sebaliknya ada ikatan kuat, kekeluargaan, dan keakraban di antara masing-masing anggota keluarga.

4. Eros, cinta yang bergairah

8 Jenis Cinta Menurut Kepercayaan Yunani, Termasuk yang Mana Kamu dan Pasangan?
Eros, cinta yang bergairah dan bersemangat (foto: pixabay/geralt)


Dalam mitologi Yunani, Eros dikenal sebagai dewa cinta dan kesuburan. Dilansir dari psychologytoday, eros dikenal sebagai cinta secara seksual dan bergairah. Masyarakat Yunani percaya ini adalah bentuk kegilaan yang dibawa dari panahnya Cupid.

Cupid biasanya menembakkan panahnya dan membuat orang-orang jatuh cinta. Eros erat kaitannya dengan cinta yang romantis, bersemangat, dan sentuhan fisik.



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH